close

Definisi Omnibus Law Menurut Pemerintah Indonesia

Pemerintahan Republik Indonesia sudah melahirkan Undang-undang sapu jagat atau undang-undang omnibus (bahasa Inggris: Omnibus bill atau omnibus law). UU omnibus law pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Lalu apa itu Undang-undang Cipta Kerja omnibus law?, Apa latar belakang dibentuk atau lahirnya Undang-undang omnibus law?, Apa tujuannya? Berikut pengertianartidefinisidari rangkum untuk Anda berdasarkan situs resmi indonesia.go.id

Pemerintahan Republik Indonesia telah melahirkan Undang DEFINISI OMNIBUS LAW MENURUT PEMERINTAH INDONESIA

Apa itu Undang-undang Cipta Kerja omnibus law?

Menurut Pemerintah Indonesia (indonesia.go.id), mengatakan bahwa Definisi Omnibus Law berasal dari kata omnibus dan law. Kata omnibus berasal dari bahasa Latin, omnis, yang memiliki arti “untuk seluruhnya” atau “banyak”. Bila digandeng dengan kata law, yang berarti hukum, maka Omnibus Law dapat didefinisikan sebagai hukum untuk semua.

Di dalam Black Law Dictionary Ninth Edition karya Bryan A Garner disebutkan: “omnibus: relating to or dealing with numerous object or item at once; inculding many thing or having varius purposes”, yang artinya berkaitan dengan atau memiliki masalah dengan banyak sekali objek atau item sekaligus; termasuk banyak hal atau memiliki banyak sekali tujuan. Secara singatnya, desain Omnibus Law merupakan aturan yang bersifat menyeluruh dan komprehensif, tidak terikat pada satu rezim pengaturan saja.

Apa latar belakang dibuat atau lahirnya Undang-undang omnibus law?

Sebagaimana dilansir dari laman indonesia.go.id (4/12/2020), lahirnya Undang-undang omnibus law berlatar dari tantangan kala masyarakat digital telah menghadang di depan mata. Dalam tulisan laman ini mengatakan bahwa Indonesia dihentikan berlama-lama terbelit oleh regulasi yang gemuk dan tumpang tindih. Sebuah terobosan kebijakan haruslah segera dilahirkan. Berpijak dari urgensi inilah, jalan satu-satunya menyederhanakan dan sekaligus menyeragamkan regulasi secara cepat yaitu lewat Omnibus Law.

Hal ini diperkuat dari Kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2018 memberikan, bahwa regulasi tumpang tindih dan ego sektoral institusi menjadi aspek penghambat paling besar lambatnya pertumbuhan ekonomi. Lebih jauh menurut Bappenas, penanganannya mesti secepatnya dikerjakan. Apabila tidak, maka agenda pembangunan ekonomi dipastikan pasti terus terhambat oleh regulasi.

Bermaksud menjawab dilema regulasi ini, pada 20 Oktober 2019 usai dilantik Presiden Jokowi memberikan gagasannya untuk mengeluarkan Omnibus Law. Menurut Presiden Jokowi, melalui skema Omnibus Law, akan dikerjakan penyederhanaan hambatan regulasi yang saat ini berbelit dan panjang. Sejumlah aturan yang dinilai menghalangi investasi akan dipangkas.

Apa maksudnya?

Sebagaimana dibilang oleh Presiden Jokowi, bahwa lewat bagan Omnibus Law, akan dilaksanakan penyederhanaan kendala regulasi yang saat ini berbelit dan panjang. Sejumlah hukum yang dinilai menghalangi investasi akan dipangkas.

Selain itu, tantangan periode ekosistem penduduk digital sudah menghadang di depan mata. Indonesia dihentikan berlama-usang terbelit oleh mekanisme formal. Sebuah terobosan kebijakan dalam proses penyusunan undang-undang haruslah segera dilahirkan. Berpijak dari urgensi inilah, maka jalan satu-satunya untuk menyederhanakan dan sekaligus menyeragamkan regulasi secara cepat ialah melalui skema Omnibus Law.

KESIMPULAN DEFINISI OMNIBUS LAW MENURUT PEMERINTAH INDONESIA

Dalam situs resmi Pemerintah Indonesia dalam goresan pena RUU OMNIBUS LAW Omnibus Law: Solusi dan Terobosan Hukum, mampu disimpulkan, bahwa Omnibus Law merupakan metode atau desain pembuatan peraturan yang memadukan beberapa aturan yang substansi pengaturannya berbeda, menjadi suatu peraturan besar yang berfungsi sebagai semacam—sebutlah itu—”undang-undang payung aturan” (umbrella act). Dan saat peraturan semacam payung aturan itu diundangkan maka konsekuensinya bakalan mencabut beberapa hukum tertentu di mana norma atau substansinya juga bukan mustahil bakalan dinyatakan tidak berlaku, baik sebagian maupun secara keseluruhan.

  Promes Matematika Kelas 4 K13 Tahun 2021/2022

Sumber : https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/omnibus-law-solusi-dan-terobosan-hukum

Demikianlah goresan pena Undang-undang sapu jagat atau undang-undang omnibus (bahasa Inggris: Omnibus bill atau omnibus law) di pengertianartidefinisidari.blogspot.com supaya UU ini sesuai dengan impian dan solusi sempurna bagi bangsa Indonesia sebagaimana disebutkan diatas!!!