Dampak Perubahan Sosial Budaya

Posted on
Ilustrasi manusia-manusia modern

Dampak perubahan sosial budaya bisa menyebabkan dampak baik positif dan negatif.

a. Dampak Perubahan Sosial Budaya yang Positif

1) Berkembang dan majunya ilmu pengetahuan

Dampak perubahan sosial budaya yang cukup positif salah satunya adalah teknologi dan ilmu pengetahuan. Kedua hal ini mempermudah kita untuk mencari informasi, berkomunikasi dan bepergian ke tempat-tempat jauh.

Bayangkan zaman dulu berkomunikasi dengan orang lain yang berjauhan itu begitu sulit, sekarang tinggal memencet tombol saja kita bisa tau keadaan orang tersebut.

2) Kebutuhan sandang dan pangan cukup mudah didapatkan

Kemajuan teknologi pertanian sesungguhnya telah berhasil mengurangi jumlah kemiskinan dan kelaparan di seluruh dunia. Sehingga kita tak sulit lagi mendapatkan sandang dan pangan.

Meski banyak yang mengkritik sistem kapitalisme, namun secara statistik banyak berdampak positif pada perubahan sosial budaya.

Dalam data statistik WHO, tingkat kelaparan dan kematian bayi terus turun tiap tahunnya.

Silahkan baca di sini: Statistik WHO 

3) Pola pikir maju

Kita hidup di abad post-modern. Tidak seperti zaman dulu dimana yang dipikirkan adalah cara mendapatkan makanan sehari-hari. Masyarakat modern memiliki pola pikir maju yang sangat komplek.

b. Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya

1) Memudarnya Nilai dan Moral yang dianut Masyarakat

Moral sesungguhnya adalah sebuah kontruksi sosial, di tengah keterbukaan serta globalisasi mau tidak mau nilai-nilai yang dianut masyarakat semakin lama memudar. Hal ditunjukkan dari perilaku masyarakatnya yang bertentangan norma yang secara tidak tertulis telah disepakati.

2) Berkembangnya Kriminalitas

Kriminalitas adalah tindakan melanggar hukum yang merugikan orang lain secara langsung. Contoh tindak kriminalitas seperti maling, korupsi, penodongan, pemerkosaan, dan pembunuhan.

Seiring dengan dampak perubahan sosial budaya, kriminalitas pun berkembang mengikuti zaman. Seperti penipuan online, penculikan online dan lain lain.

3) Aksi Pengerusakan oleh Oknum Atas Nama Demonstrasi

dampak perubahan sosial budaya

Demonstrasi merupakan gerakan unjuk pendapat dimuka umum. Biasanya berisi protes yang dilakukan sekumpulan orang.

Dalam negara demokrasi demonstrasi adalah hal biasa dan semua orang berhak melakukannya. Sayangnya dalam unjuk rasa terkadang ada oknum yang melakukan pengrusakan terhadap benda-benda milik publik.

4) Konsumerisme

Konsumerisme adalah satu pandangan yang disebabkan oleh dampak perubahan sosial budaya.

Yaitu tindakan berupa penggunaan barang dan jasa secara berlebihan. Kita digiring untuk selalu membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kita butuhkan yang sifatnya hanya tersier. Nah jika dilakukan secara berlebihan maka kita adalah korban konsumerisme.