Dampak Masyarakat Multikultural – Dampak Positif dan Negatif Masyarakat Multikultural

Posted on

Dampak Masyarakat Multikultural – Dampak Positif dan Negatif Masyarakat Multikultural

dampak masyarakat multikultural

Sumber Gambar: https://davidwoon-justathought.blogspot.com/2014/07/seeding-racial-harmony.html

Faktanya kebudayaan umat itu manusia sangat beragam sekali. Kenyataan ini bisa menimbulkan beberapa dampak positif dan negatif pada masyarakat. Baik perubahan kebudayaan dan kehidupan sehari-hari.

Dampak Masyarakat Multikultural – Dampak Positif Masyarakat Multikultural

yaitu diantaranya :

  • Keanekaragaman memberi ruang bagi warga dan masyarakat untuk secara terbuka menjalin hubungan sosial ataupun berbudaya.
  • Memberikan satu ikatan yang saling membutuhkan serta hubungan antar sesama.
  • Saling berbagi, saling bersahabat serta saling menghargai antar tiap budaya, tanpa adanya batasan-batasan yang disebabkan perbedaan-perbedaan.

Dampak Masyarakat Multikultural – Dampak Negatif Masyarakat Multikultural

Sayangnya masyarakat multikultural pun bisa memberi dampak dan pengaruh negatif, yaitu diantaranya :

  • Masyarakat menjadi rentan konflik. Perbedaan nilai-nilai budaya dan norma yang paling mendasar, sulit untuk disesuaikan apalagi perbedaan dalam masing-masing agama, akhirnya akan selalu bertentangan. Dan ini memicu munculnya konflik-konflik baru.
  • Munculnya ego etnosentrisme, yaitu sikap yang berpandangan bahwa kelompok masyarakat atau kebudayaannya lah yang terbaik. Biasanya sikap ini disertai pandangan meremehkan masyarakat dan kebudayaan lainnya.
  • Munculnya sikap fanatisme yang ekstrim. Fanatisme atau fanatik yaitu keyakinan yang kuat pada agama, kebudayaan, kelompok, dll. Ekstrim itu artinya sangat kuat, mereka solidaritas terhadap persamaan atau kelompoknya sendiri tapi keras pada yang lain.

Baca Juga: