close

Contoh Peran Rangkuman Bahan Wacana Mengenal Teknologi Berita

PEMBAHASAN MATERI TENTANG :

1.    MENGERTI DEFINISI TEKNOLOGI INFORMASI

2.    TAHU PERANGKAT KOMUNIKAS :

–    TELEGRAF
–    TELEPON
–    RADIO
–    TELEVISI
–    JARINGAN

3.    TAHU SEJARAH PERKEMBANGAN TIK

4.    TAHU GENERASI KOMPUTER :

–    GENERASI I
–    GENERASI II
–    GENERASI III
–    GENERASI IV
–    GENERASI V 
A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Menurut para Ahli :
a. Haag dan Keen (Information Technology, Tomomorrow’s Advantage Today)
Teknologi isu yakni seperangkat alat yang membantu anda melakukan pekerjaan dengan berita dan melakukan tugas yang bekerjasama dengan pemrosesan gosip.

b. Martin (Managing Information Technology What Managers Need to Know)
Teknologi komunikasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software maupun hardware) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan info, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengantarkan berita.
c. Williams dan Sawyer (Using Information Technology a Practical Introduction to Computers and Communication)
Teknologi berita ialah teknologi yang menggabungkan komputtasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, bunyi dan video.
d. Information Technology Association of America (ITAA)
Segala hal yang bekerjasama dengan komputer berdasarkan sistem info, termasuk didalamnya yaitu perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Kesimpulan dari definisi diatas :
Teknologi isu tidak hanya sebatas pada penggunaan komputer sebagai alat pemroses gosip tetapi juga membutuhkan media kemunikasi untuk memberikan informasi yang telah diproses.

Teknologi gosip dan komunikasi adalah segala hal yang menyangkut pemprosesan informasi oleh komputer untuk disebarkan lewat media komunikasi.

Berikut perbedaan teknologi komputer dan teknologi komunikasi :

a. Teknologi komputer yakni segala hal yang menyangkut pengunaan komputer sebagai alat komputasi yang memproses data menjadi informasi. Teknologi komputer berhubungan erat dengan data.  Data yaitu bahan mentah yang berbentukangka, huruf, kata, suara, maupun gambar.
b. Teknologi komunikasi ialah segala hal yang bekerjasama dengan komunikasi. Hal yang menyangkut sistem maupun media yang digunakan untuk menyebarkan isu. Media yang dipakai mirip surat kabar, televisi radio, telepon, dan internet.

B.    PERANGKAT-PERANGKAT KOMUNIKASI

1.    Telegraf

Samuel F.B. Morse berbagi sebuah alat komunikasi yang dinamakan telegraf.  Alat ini melakukan pekerjaan dengan mempergunakan prinsip elektromagnet.

Untuk menyamoaikan info, untuk menjangkau area yang jauh dibentuk suatu jalur kabel listrik yang membentang melewati bukit maupun padang pasir.

  Pembatasan Makanan Nanas 3 Hari Untuk Turunkan Berat Badan Sampai 20 Kg

Cara kerjanya : 

Sebelum dikirim, isu mesti diubah dalam bentuk kode Morse. Saat informasi diterima oleh petugas telegraf, info tersebut mesti juga masih dalam bentuk isyarat morse, sehingga harus diterjemahkan terlebih dahulu kedalam bentuk alfabetis.

Penggunaan arahan Morse sebagai alat infotmasi mampu kita jumpai di komunikasi pelayaran, penebangan, dan beberapa hal yang biasanya bersifat darurat.

2.    Telepon

Adalah alat komunikasi dua arah yang memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim dan menerima info dalam waktu serempak.

 Bagian utamanya ada empat yaitu :

Transmiter : untuk mengubah suara menjadi sinyal-sinyal listrik.

 Receiver (speaker) : mengganti sinyal listrik menjadi bunyi.

 Dialer : kumpulan tombol yang mau menghasilkan sinyal tertentu dikala ditekan, digunakan untuk memasukan nomor telepon

 Ringer : bab yang berbunyi cukup nyaring saat ada panggilan masuk ke telepon kita.

Pada kala modern seperti zaman now teknologi telepon berkembang sungguh cepat alasannya selain menggunakan kabel telepon juga kini sudah memanfaatkan gelombang elektromagnet mirip mobilephone atau ponsel (HP).

Selain digunakan untuk melakukan percakapan, telepon juga dapat dipakai selaku mdia transfer data. Dengan mempergunakan akomodasi yang ditawarkan yaitu internet.

3.    Radio

Sebelum mendengarkan radio, suara yang ada pada stasiun pemancar (transmittter) harus diubah menjadi gelombang elektromagnetik dengan frekuensi dan amplitudo tertentu.

Gelombang tersebut di pancarkan secara luas oleh antena kemudian diterima oleh receiver atau radio untuk tuner untuk diubah menjadi bunyi atau bentuk gosip lainnya. Melalui radio tuner itulah, kita mampu mendengarkan radio.

4.    Televisi

Adalah media komunikasi satu arah yang pengunaannya sungguh kuat kepada kemajuan dunia. Televisi selain media untuk memberikan info, televisi juga dipakai sebagai media hiburan keluarga.
Keunggulan televisi dibandingkan dengan media telekomunikasi yang lain yakni tersedianya dua bentuk media komunikasi yaitu, gambar dan suara.

5.    Internet

Internet merupakan Jaringan komputer yang dibagi menjadi beberapa tipe, adalah : Personal Area Network, Local Area Network, Campus Area Network, Metropolitan Area Network, dan Wide Area Network.

Dengan adanya jaringan komputer tersebut seluruh info bida didapatkan dengan sungguh cepat.

C.    SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Untuk menerima berita sungguh dipengaruhi dengan adanya perkembangan teknologi info dan komunikasi.

  Do'a Saat Murka

Untuk mengetahui sejarah perkembangannya maka kita mesti menelusuri sejarah perkembangannya.

1.    Zaman Prasejarah

Hampir tidak didapatkan peralatan yang menunjang terjadinya komunikasi jarak jauh dizaman prasejarah. Komunikasi ternyata dilaksanakan secara alami dengan perlengkapan seadanya.

Bahasa yang dipakai juga sangat sederhana. Hanya dengan menggunakan bahasa instruksi untuk berkomunikasi karena masih belum ada standar penggunaan bahasa.

2.    Manusia Tradisional 

Pasca zaman prasejarah kini manusia mulai pengenal peradaban yang lebih baik dan maju. Sebelum ditemukan listrik, insan tentu saja masih kesulitan untuk menjalin komunikasi jarak jauh.

mereka menggunakan peralatan tradisional untuk menyampaikan gosip seperti komunikasi visual. Komunikasi visual adalah bentuk komunikasi yang dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penunggang kuda dan lebih bermutu daripada komunikasi bunyi ( kentongan dan bedug) contohnya dengan mempergunakan gumpalan asap atau aba-aba semaphore.

3.    Manusia Modern

Willian Sturgeon pada tahun 1823 pertama kali memperoleh elektromagnet, dikala itulah penemuan-penemuan gres mulai timbul. Telegraf (electrical telegraph) ialah salah satu penemuan yang bekerjasama dengan dunia telekomunikasi.

D.    MASA AWAL KOMPUTER

Seiring berkembangnya teknologi informasi maka akan berkaitan akrab dengan pertumbuhan komputer.

Sekarang kita mampu dengan mudah menjalankan tugas dengan komputer, main game, mendengarkan musik, menonton televisi, dan masih banyak lagi.

Pada awalnya komputer hanya dipakai selaku alat menjumlah saja. Komputer berasal dari kata to compute yang artinya untuk menghitung. Alat hitung yang pertama kali dipakai insan ialah abacus misalnya abacus yang berasal dari china yaitu sempoa.

Dari aneka macam perkembangan alat hitung maka kian banyak para ilmuwan yang melaksanakan eksperimen untuk menciptakan sebuah penemuan gres yang kini disebut dengan komputer.

1.    Komputer generasi pertama

Konrad Zuse tahun 1941 yakni seorang insinyur Jerman yang membangun sebuah komputer (Z3) untuk merancang pesawat melayang dan peluru kendali.

Howard H. Aiken yaitu seorang insinur Harvard yang bekerja untuk IBM berhasil menciptakan kalkulator elektrik untuk US Navy. Mesin tersebut dinamakan MARK I.

MARK I berskala panjang setengah lapangan bola dan rentang kabel 500 mil. Karya Aiken ialah awal mulanya dunia digital seperti yang kita rasakan kini.

Komputer yang lain timbul adalah ENIAC yang dibentuk oleh pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania yang dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly. ENIAC melakukan pekerjaan 1000 kali lebih singkat dari MARK I.

  Proses Terjadinya Kepailitan Perusahaan

John von Neuman pada pertengahan tahun 1945 mendesai EDVAC suatu memori yang bisa menampung program maupun data.

2.    Komputer generasi kedua

Dalam pembuatan komputer generasi kedua penggunaan transistor mulai dipraktekkan. Tabung vakum mulai diganti  menjadi transistor sehingga ukuran komputer kian kecil bersamaan dengan itu berkembang pula penggunaan memori inti-magnetik. Dengan memori tersebut komputer generasi kedua melakukan pekerjaan lebih cepat dan lebih irit energi.

Contoh komputer generasi kedua yaitu : Stretch (IBM), LARC (SpreryRand), dan IBM 1401 (IBM).

3.    Komputer Generasi ketiga

Transistor yang dipakai pada komputer generasi kedua mempunyai kendala dimana transistor menciptakan panas yang cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan mampu menghancurkan unsur yang lain.

Pada komputer generasi ketiga ini didapatkan chip yang ialah unsur-komponen kecil yang dipadatkan dan mulai dengan istilah sistem operasi yang mengontrol jalannya komputer.

4.    Komputer generasi keempat

Diawali dengan chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971, sebuah komputer dapat melakukan banyak pekerjaan dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan PC (Personal Computer) secara luas. PC yang dikeluarkan bersaing dengan Apple Macintosh yang dibuat oleh Apple.

Pada periode komputer generasi keempat juga diketahui dengan jaringan komputer yang menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain.

5.    Komputer generasi kelima

Komputer generasi kelima lebih banyak dipakai untuk riset. Komputer pada abad ini akan menjadi barang yang sangat mutakhir alasannya adalah dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Komputer ini akan mampu bertindak seperti manusia dalam mengenali kondisi sekitarnya dan akan mampu berguru dari pengalaman. Komputer juga mampu berubah bentuk dan mampu dilipat contohnya yang kini kita gunakan adalah laptop.

Dirangkum dari buku : 
Teknologi Informasi dan Komunikasi Oleh : Windra Swastika, Romy Budhi Widodo, dan Arlingga Agung. Halaman : 3-20.

Sumber gambar : republika.co.id

 Wallahu a’lam...