close

Coba 5 Cara Jitu Ini Supaya Keuanganmu Tetap Sehat Paska Lebaran

5 Cara jitu supaya keuangan paska Lebaran tetap sehat

Selain menciptakan uang, semestinya setiap orang memang memiliki wawasan yang cukup mengenai keuangan itu sendiri. Dengan begitu, keuangan bisa dikendalikan dan dikelola dengan sangat baik sesuai dengan keperluan hidup kita.

Hal ini mungkin tidak akan mudah, utamanya bila kita telah sudah biasa membiarkannya tanpa sebuah pengaturan yang jelas. Meski begitu, secara sedikit demi sedikit pengaturan keuangan mampu dilaksanakan dengan gampang oleh siapapun juga, asal ada kemauan tentunya.

1. Belajar dari konsultan keuangan

Dalam mengatur keuangan, jangan malu dan sungkan untuk meminta bantuan dari konsultan keuangan profesional. Selain bisa membantu kita dalam mendapatkan kesalahan di dalam keuangan, seorang konsultan juga mampu membantu kita menganalisis dan melihat dengan baik, mana saja pengeluaran yang sebetulnya tidak efektif di dalam keuangan kita.

Selain itu, kita bisa meminta mereka untuk memberi anjuran perihal keuangan kita di hari yang hendak datang. Saat ini ada banyak layanan konsultan keuangan yang mampu ditemukan secara online, bahkan gratis, dan kita mampu manfaatkan hal tersebut untuk perbaikan keuangan kita.

2. Pakai aplikasi keuangan
 
Mulailah pertimbangkan pandangan baru dan juga kebijakan yang hendak diterapkan di dalam keuangan, hal ini akan sungguh menyenangkan dan membuat kita mempertimbangkan berbagai rencana baru di dalam keuangan kita. Untuk membantu dan mempermudah Anda, tidak ada salahnya memakai aplikasi keuangan.

Ada banyak aplikasi keuangan bisa ditemukan secara online dan gratis. Hal ini akan membantu kita mengontrol dan mengawasi dengan baik semua pemasukan dan juga pengeluaran yang kita kerjakan setiap harinya.

  Acuan Tugas Prakarya Perihal Produk Pembersih
 
3. Lunasi utang
 
Saat berbicara perihal keuangan yang sehat yakni sebuah kondisi keuangan tanpa utang. Maka mulailah mengarah terhadap keadaan tersebut. kerjakan pelunasan terhadap utang, bila terlampau banyak untuk dibayar sekaligus, maka kita bisa melunasinya secara sedikit demi sedikit.

Jangan menangguhkan untuk melunasi utang, karena hal ini akan menunda kita untuk mampu menertibkan keuangan dengan baik. Kita bisa memulainya dengan cara melunasi utang yang memiliki sejumlah bunga yang terbesar dan menjadi beban di dalam keuangan.

Biasanya ini ialah utang kartu kredit atau cicilan keuangan yang lain. Semakin cepat kita melunasi utang, maka makin cepat pula kita melakukan perbaikan di dalam keuangan.

4. Pakai kartu kredit
Ada banyak bank yang menunjukkan layanan kartu kredit bagi kita, artinya kita mempunyai banyak pilihan yang mampu dijadikan selaku bahan pertimbangan. Pahami dan identifikasi kartu kredit dengan baik, sehingga kita bisa memilih satu yang terbaik untuk semua keperluan transaksi keuangan.

Gunakan hanya kartu kredit yang paling menguntungkan saja, di mana berbagai fitur serta penawaran yang mereka berikan sungguh-sungguh sesuai dengan keperluan kita. Bukan hanya nama bank penerbit saja yang menjadi pertimbangan, tetapi berbagai fasilitas dan layanan yang mereka berikan, mirip bunga, cash back, reward, dan banyak sekali akomodasi lainnya.

5. Hidup ekonomis
 
Ini mungkin hal yang terbilang cukup sulit untuk dikerjakan, khususnya jika kita telah terbiasa dengan kenyamanan tanpa perhitungan di dalam keuangan yang kita miliki. Ada banyak orang yang gagal di dalam keuangan hanya alasannya tidak bisa melakukan teladan hidup ekonomis di dalam dirinya, alasannya adalah irit bukanlah suatu hal yang mampu dengan gampang diterapkan, sebab hal ini merupakan bentuk kebiasaan yang sebaiknya sudah dimiliki oleh seseorang semenjak masih kecil.

  Dinosaurus Punah.. Kok Bisa ??

Hal tersebut pasti mungkin saja, tergantung pada kemauan dan juga motivasi di dalam diri kita sendiri. Jika susah menjalankannya dalam semua hal, maka kita bisa melakukannya pada beberapa hal yang mudah saja dahulu. Misalnya, kalau dulu kita sudah biasa menikmati secangkir kopi di kafe sebanyak 3 kali dalam seminggu, maka hal tersebut mampu dikurangi menjadi 2 kali saja, dengan begitu kita sudah berhemat sebanyak beberapa puluh ribu di dalam keuangan kita.

Semoga bermanfaat..
Sumber : 
Merdeka.com
Wallahu’alam..