close

Cara Menciptakan Usulan Class Meeting Semoga Dana Dari Sekolah Cepat Cair

Hai Sobat , telah menyiapkan tawaran untuk acara class meeting hari ini?

Ujian semester segera berlalu dan para siswa di sekolah umumnya sudah tidak sabar untuk mengikuti kegiatan pertemuan kelas. Apakah itu ihwal perlombaan, seni dan pertunjukan, atau acara yang lain tentu memerlukan budget dan penyusunan rencana yang masak.

Maka dari itulah pihak panitia acara seperti OSIS perlu mempelajari cara membuat tawaran yang bagus dan benar.

tema aktivitas class meeting yang menawan, menguraikan jenis-jenis acara alias mata lomba apa saja yang mau dilaksanakan, kapan waktu kegiatan, siapa saja penerima acara.

O ya, jangan lupa hidangkan pula susunan kepanitiaan dan prakiraan dana yang diharapkan. Nah, pada opsi estimasi ongkos acara ini mampu Sobat masukkan pada bab isi namun mampu pula disajikan sebagai lampiran.

Mau ditaruh di bab isi maupun di bab lampiran bekerjsama sama saja, hal ini dikembalikan lagi pada selera sekolah, atau mungkin pihak sekolah punya hukum tersendiri terkait dengan peletakannya.

Walau begitu, terkait dengan penulisan budget biaya, semestinya Sobat membaginya menjadi beberapa bagian. Jangan digabungkan antara tabel biaya konsumsi dengan biaya perlengkapan.

Sebaiknya tabel-tabel tersebut dipisah, baru lalu diakumulasikan.

Dan saran , seharusnya panitia kegiatan dan OSIS juga menganggarkan dana tak terduga, semoga nanti bisa menanggulangi masalah-masalah yang timbul di lapangan.

4. Halaman Penutup

Jika Sobat telah final menyusun halaman isi, maka kini Sobat mesti menulis halaman epilog proposal.

Adapun halaman epilog proposal acara class meeting isinya singkat saja. Sekitar 1-2 paragraf yang berkisar perihal keinginan panitia, dan seruan dukungan sekolah untuk menyukseskan program.

O ya, pada paragraf berikutnya jangan lupa cantumkan nama kota, tanggal-bulan-dan tahun penulisan proposal lalu diikuti kolom tanda tangan dengan susunan selaku berikut:

Nama Kota,     Juni 2022

Ketua Panitia  Bendahara

(TTD)                (TTD)

Pembina OSIS  Ketua OSIS

(TTD)                (TTD)

5. Menyusun Halaman Lampiran

Apa saja yang sebaiknya Sobat lampirkan dalam ajuan aktivitas class meeting? Agar lebih gampang di-acc, maka lampirannya juga mesti lengkap, dan biar lebih formal lagi, sebaiknya halaman lampiran diikuti dengan kop sekolah atau kop OSIS.

Susunan lampiran tawaran class meeting antara lain:

Versi 1:

  • Susunan Panitia
  • Rundown Kegiatan
  • Ketentuan Kegiatan
  • Brosur Kegiatan

Versi 2:

  • Rincian Anggaran
  • Susunan Panitia
  • Rundown Kegiatan
  • Ketentuan Kegiatan
  • Brosur Kegiatan

Jika Sobat telah menyusun rangkaian halaman anjuran class meeting sebagaimana yang suguhkan di atas, maka Sobat bisa memeriksanya kembali sebelum dijilid.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Proposal Class Meeting

Dalam membuat anjuran class meeting, ada hal-hal penting yang kiranya dilarang luput dari perhatian. Apa saja?

1. Format Penulisan dan Jenis Font Proposal

Dalam membuat tawaran aktivitas class meeting, dianjurkan semoga Sobat mengamati format penulisan, jenis font-nya. Biasanya usulan ditulis menggunakan font Times New Roman dengan ukuran tulisan 12. Posisi kalimat yakni rata kanan-kiri.

Format penulisan yang mirip ini akan menyebabkan performa anjuran Sobat lebih rapi dan enak dipandang.

2. Penggunaan Kop Sekolah atau Kop OSIS

Menulis usulan class meeting tidaklah sama seperti menulis surat langsung. Maka dari itu, bahasa tawaran juga mesti formal dan diusahakan tetap memakai kop sekolah utamanya pada bab bagian tawaran yang memerlukan tanda tangan.

3. Estimasi Anggaran Masih dalam Kadar “Wajar”

Nah, ini yang cukup krusial dan penting dalam pengajuan usulan. Meskipun acara class meeting yang pihak panitia persiapkan lumayan banyak dan memerlukan dana yang besar, usahakan pengajuan anggarannya juga masih dalam skala masuk akal dan menyesuaikan dengan kemampuan sekolah.

Sederhananya seperti ini; kalau Sobat ingin memasang spanduk 4×1 meter dengan ongkos orisinil Rp150.000-200.000, maka jangan Sobat anggarkan ongkos spanduk lebih dari Rp250.000.

4. EYD dan Saltik

Penting dan sering dianggap enteng, inilah yang sering mengakibatkan Kepala Sekolah bermuka masam saat menyaksikan usulan pengajuan kegiatan class meeting.Ya, penulisan dengan EYD yang amburadul dan banyaknya salah ketik mesti sebisa mungkin dikesampingkan.

Hal tersebut akan menjadi bukti bahwa Sobat bergotong-royong serius membuat anjuran pengajuan atau tidak.

***

Demikianlah tadi sajian terkait langkah-langkah membuat proposal class meeting supaya lebih mudah mendapat ACC dari pihak sekolah.

O ya, selain daripada ulasan di atas, semestinya Sobat membuat usulan dan mengajukannya ke pihak sekolah sejak jauh-jauh hari, alasannya adalah terkadang dana aktivitas tidak eksklusif cair dalam waktu dekat.

Adapun teladan tawaran class meeting yang sudah jadi dan bisa tinggal diedit, mampu Sobat download pada tautan berikut:

Semoga berguna ya
Salam.

  Rangkuman Teknik Korelasi Penduduk 2