close

Cara Mencegah Aspek Risiko Penyakit Jantung Koroner

Cara Mencegah Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner  Cara Mencegah Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

Anda mampu menangkal dan menertibkan banyak faktor risiko penyakit jantung koroner (PJK) dengan cara pergeseran gaya hidup sehat dan obat-obatan. Contoh faktor risiko yang mampu Anda kendalikan diantaranya kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, kelebihan berat tubuh dan obesitas. Hanya sejumlah aspek risiko – seperti usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga – tidak dapat dikendalikan.

Untuk mengurangi risiko PJK dan serangan jantung, cobalah menertibkan setiap aspek risiko yang Anda mampu. Kabar baiknya yaitu bahwa banyak perubahan pola hidup menolong mengatur beberapa faktor risiko PJK pada saat bersama-sama. Misalnya, acara fisik dapat menurunkan tekanan darah Anda, menolong menertibkan diabetes dan prediabetes, mengurangi stres, dan membantu mengontrol berat tubuh Anda.

Perubahan Gaya Hidup Jantung Sehat

Gaya hidup sehat jantung mampu menghalangi aspek risiko PJK. Jika Anda telah menderita PJK, gaya hidup sehat jantung mampu menghalangi penyakit tersebut bertambah parah. Perubahan gaya hidup sehat jantung meliputi:

Banyak kebiasaan pola hidup dimulai sejak usia kecil. Dengan demikian, orang tua dan keluarga mesti mendorong anak mereka untuk menciptakan opsi sehat jantung, seperti mengikuti teladan makan sehat dan aktif secara fisik. Jadikan mengikuti pola hidup sehat sebagai opsi tujuan keluarga. Membuat pergantian gaya hidup bisa jadi sulit. Tetapi bila Anda menciptakan pergeseran ini dalam sebuah keluarga, akan lebih gampang bagi semua orang untuk menangkal atau menertibkan aspek risiko PJK mereka. Untuk tips bagaimana membantu anak-anak Anda menerapkan kebiasaan sehat, baca pula: Cara Meningkatkan Aktivitas dan Nutrisi Anak.

Obat-obatan

  Pendistribusian Vaksin Covid19

Terkadang perubahan gaya hidup tidak cukup untuk menertibkan kadar kolesterol darah Anda. Misalnya, Anda mungkin memerlukan obat statin untuk mengendalikan atau menurunkan kolesterol Anda. Dengan menurunkan kadar kolesterol Anda, Anda mampu menghemat kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke. Dokter biasanya memberi resep statin untuk orang-orang yang mempunyai:

  • Penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, atau mengalami stroke sebelumnya
  • Diabetes
  • Kadar kolesterol LDL tinggi

Dokter dapat mendiskusikan pengobatan statin permulaan dengan mereka yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung atau mengalami stroke. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat lain untuk:

  • Menurunkan potensi Anda terkena serangan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah Anda.
  • Mencegah pembekuan darah, yang mampu menjadikan serangan jantung atau stroke.
  • Mencegah atau menunda kebutuhan akan prosedur atau operasi, seperti intervensi koroner perkutan atau pemotongan bypass arteri koroner.
  • Mengurangi beban kerja jantung Anda dan menghilangkan PJK.

Agar cara mencegah faktor risiko penyakit jantung koroner mampu memiliki dampak signifikan, konsumsi obat secara terorganisir, mirip yang diresepkan oleh dokter Anda. Jangan mengubah jumlah obat Anda atau melewatkan takaran kecuali bila dokter Anda menginformasikan Anda. Anda tetap mesti mengikuti teladan gaya hidup sehat, sekalipun Anda sementara mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati PJK Anda.