close

Cara Membuat Mind Mapping Di Canva Yang Inovatif Menggunakan Template Aesthetic

Sobat , apa sih bekerjsama perbedaan mind map dengan catatan biasa?

Bila kita cermati dengan seksama, pada umumnya mind mapping ialah teknis meringkas catatan dengan cara yang kreatif sehingga mudah dikenang.

Sebagaimana yang Sobat pahami, dikala kita mencatat, maka rata-rata bahan yang dihimpun ke dalam buku amatlah banyak dan tidak semua orang mampu memahaminya dengan cepat.

Sedangkan mind mapping atau yang lebih familiar dengan ungkapan “peta asumsi” menolong kita dalam meringkas materi-materi yang menumpuk tanpa meninggalkan esensi yang ada dalam materi tersebut.

Dengan menyaksikan materi yang tersaji pada mind map, seseorang biasanya mampu memetik garis hubung antara poin yang satu dengan poin yang lain.

Pada era digital seperti ketika sekarang ini, menciptakan mind mapping telah bisa ditempuh dengan beragam cara, salah satunya memakai Canva.

Sobat bisa membuat mind mapping di Canva dengan bermacam-macam ukuran, mampu men-download-nya dalam format PPT atau pun gambar.

Bagaimana caranya? Mari kita simak bersama:

Cara Buat Mind Mapping di Canva, Praktis dan Cepat

Cara Membuat Header Google Form di Canva

Berapa Ukuran Mind Map di Canva?

Pada dasarnya, berapa ukuran desain mind mapping bergantung terhadap mirip apa keperluan Sobat.

Bila Sobat ingin melakukan penyajian secara online maupun offline, maka ukuran mind mapping yang dianjurkan yaitu 1920×1080 piksel.

Sedangkan kalau nanti Sobat ingin mencetak desain mind mapping, maka ukuran yang dianjurkan adalah ukuran kertas A4. Bisa ukuran 21×29,7 cm (Lanskap), atau ukuran 29,7×21 cm (potrait).

Boleh Baca: Cara Membuat Microblog yang Elegan di Canva

Manfaat Mind Mapping bagi Pembelajaran

Mengajar dengan mempergunakan mind mapping memiliki manfaat dan keunggulan tersendiri khususnya bagi guru dan siswa. Berikut beberapa manfaat yang mampu dipetik:

1. Meringkas Materi

Ya, jika kita mencatat materi yang berkaitan dengan pelajaran sejarah, maka sudah niscaya catatan tersebut bakal tersaji hingga berlembar-lembar dan menciptakan jari-jari menjadi pegal.

Beda halnya bila materi tadi dibikin mind mapping. Dengan mind mapping, guru bisa membuat periodisasi sejarah alias fase-fase penting dalam bahan sehingga catatan jadi lebih ringkas.

2. Meningkatkan Pemahaman dalam Belajar

Pada dasarnya, untuk materi-materi yang lebih menekankan terhadap proses gerak, metamorfosis, tindakan, hingga korelasi kuasalitas semuanya bakal lebih mudah diketahui bila disajikan dalam bentuk peta asumsi.

Maka dari itulah, secara tidak eksklusif, pembelajaran berbasis mind mapping akan meningkatkan pemahaman siswa dalam mencar ilmu.

3. Mengajak Siswa untuk Lebih Open-minded

Jika seorang pelajar membaca buku, maka teori dan aliran yang mereka sampaikan tidak akan jauh-jauh dari buku. Kadangkala gara-gara teori tersebut mereka jadi berpikir sempit. Sederhananya, siswa cuma tahu 1+1=2 saja, padahal di sisi lain 2+0, 2×1, atau 4-2 hasilnya juga sama dengan 2.

Beda halnya dengan menu mind mapping. Dengan disuguhkan peta anggapan yang kreatif, sesungguhnya guru bisa menerapkan pembelajaran yang menekankan pada perluasan jangkauan pikir siswa. Ya, istilah kerennya itu adalah mengajak siswa untuk open-minded.

4. Meningkatkan Kreativitas Guru dan Siswa

Dalam menciptakan mind mapping itu diperlukan kreativitas. Bukan cuma sekadar gambar maupun tanda panah.

Kreativitas yang maksud yaitu kesanggupan guru maupun siswa dalam menyatukan kekerabatan antara suatu proses dengan proses yang lain sehingga desain mind mapping saling berkesinambungan.

5. Hemat Waktu

Nah, ini yang paling penting dan krusial. Dengan berguru memakai mind mapping, presentasi yang guru atau siswa lakukan akan lebih ekonomis waktu sebab cakupan materi sebanyak 1 konferensi atau bahkan 1 bab bisa terangkum dalam satu sajian mind mapping.

***

Demikianlah tadi segenap hidangan tentang cara menciptakan mind mapping di Canva yang kreatif menggunakan template aesthetic.

Sejatinya, mind mapping sungguh berguna baik di dunia pembelajaran maupun di dunia bisnis, khususnya memudahkan kita semua dalam melakukan penyajian secara offline maupun online.

Semoga berfaedah
Salam.

Lanjut Baca: Cara Mendapatkan Akun Canva Pro Secara Gratis, Ada 3 Versi Lho!

  10 Anjuran Kado Untuk Anak Sd Yang Murah Dan Bermanfaat