close

Buatlah Teks Pidato Singkat Dengan Tema Lingkungan! Tuliskan Teks Pidato

Buatlah teks pidato singkat dengan tema lingkungan! Tuliskan teks pidato yang kamu buat dengan memakai kosakata baku pada buku tugasmu! 

Jawab

Di bawah ini merupakan acuan teks pidato singkat dengan tema lingkungan.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Yang terhormat, bapak/ibu guru

Dan rekan-rekan yang aku cintai.


Pada potensi ini saya akan mengatakan mengenai lingkungan hidup. Yakni bagaimana cara melakukan penghijauan di lingkungan rumah.


Rekan-rekan semuanya!

Manusia tidak mampu lepas dari lingkungannya. Bahkan insan bergantung terhadap lingkungannya, seperti udara, air, maupun tumbuhan. 


Interaksi antara manusia dengan lingkungannya bisa berakibat baik atau buruk. Apabila insan menjaga lingkungan tersebut, maka beliau dapat memetik manfaat dari lingkungannya. Namun kalau tidak memperhatikan kelestarian lingkungan, maka lingkungan pun bisa menjadi ancaman bagi insan.


Sebagai teladan, kalau insan menebang hutan secara asal pilih, pada kesudahannya hutan tersebut tidak mampu memuat air hujan. Tanah menjadi botak dan tidak mampu menyerap air. Sehingga akan terjadi peristiwa kekeringan


Selain itu, tanah yang telah botak mampu menimbulkan bencana banjir saat hujan datang. Sehingga, sikap manusia akan kembali pada dirinya. Apabila manusia mempertahankan lingkungan, maka mereka pun akan tersadar oleh lingkungannya.


Salah satu caranya yakni dengan membiasakan diri melaksanakan penghijauan. Kita dapat menanam pohon di sekeliling rumah kita. Baik pohon yang besar maupun berupa tanaman mirip bunga.


Banyak sekali manfaat dari menanam pohon di sekeliling rumah. Di antaranya yaitu menghemat polusi udara, udara menjadi higienis, lingkungan asri, dan lebih sehat bagi badan kita.


meskipun tidak memiliki pekarangan rumah, kita mampu menanam melalui media tanam lainnya. Misalnya dengan pot atau dengan teknik hidroponik. 

  √ Nomina Adalah


Dengan banyaknya flora di sekitar lingkungan kita, lingkungan akan lebih asri dan tenteram. Udara pun tidak begitu panas sebab tanaman menciptakan oksigen yang diharapkan baik manusia maupun binatang.


Rekan-rekan seluruhnya!

Untuk mempertahankan kelestarian lingkungan, kita dapat memulainya dengan hal-hal yang kecil. Menanam tanaman di sekitar rumah ialah hal kecil yang mempunyai dampak besar. 


Membiasakan diri mempertahankan lingkungan, akan membuat kita sadar bahwa lingkungan yang higienis dan nyaman diciptakan oleh diri kita sendiri.


Sekali lagi, marilah kita menjaga kelestarian lingkungan kita. Jagalah dengan banyak menanam pohon di sekeliling kita. Jangan lupa sirami dan pelihara pohon dan berkembang-tumbuhan yang telah kita tanam.


Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga berfaedah bagi kita semua.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Silakan pelajari selengkapnya pada pelajaran Bahasa Indoensia. Semoga membantu.