close

Batas Daerah Benua Amerika Di Sebelah Utara, Timur, Barat, Dan Selatan

Batas wilayah benua Amerika – Benua Amerika ialah salah satu benua yang ada di bumi potongan barat. Benua ini juga sering dibedakan menjadi dua sub-benua, adalah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Namun secara biasa benua Amerika ialah 1 benua secara keseluruhan. Total luas benua Amerika yakni 42.549.000, dengan jumlah masyarakatdiperkirakan meraih 965 juta jiwa.

Berdasarkan posisinya di peta, letak geografis benua Amerika dikelilingi oleh tiga samudera yaitu Samudera Arktik (sebelah utara), Samudera Atlantik (sebelah timur), dan Samudera Pasifik (sebelah barat dan selatan). Amerika bisa dibagi menjadi beberapa daerah, adalah Amerika Utara, Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan.

Sementara berdasarkan posisinya berdasarkan garis bujur dan garis lintang, letak astronomis benua Amerika terletak pada 83°LU–55°LS dan 10°BB–170°BB. Benua Amerika membentang dari bumi bab utara sampai bumi bagian selatan serta keseluruhan wilayahnya terletak di bumi bab barat.

Benua Amerika juga mempunyai tempat perbatasan dengan wilayah di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, barat, dan selatan. Secara singkat inilah batas wilayah benua Amerika :

  • Sebelah utara : Samudera Arktik
  • Sebelah timur : Samudera Atlantik
  • Sebelah barat : Samudera Pasifik
  • Sebelah selatan : Samudera Pasifik, Samudera Antartika
batas wilayah benua amerika

Batas Wilayah Benua Amerika

Berikut akan dibahas lebih detail perihal batasan kawasan benua Amerika, baik batas daratan maupun batas perairan di sebelah utara, timur, barat, dan selatan.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, benua Amerika berbatasan dengan daerah perairan Samudera Arktik, yang letaknya erat dengan Kutub Utara.

  Soal Geografi Kelas 10 Atmosfer Bumi

Sebelah Timur

Di sebelah timur, benua Amerika memiliki batas dengan daerah perairan Samudera Atlantik, yang memisahkan Benua Amerika dengan daratan Benua Eropa.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, benua Amerika berbatasan dengan kawasan perairan Samudera Pasifik, yang memisahkan Benua Amerika dengan tempat Oceania dan Benua Asia di bagian barat.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, benua Amerika memiliki batas dengan daerah perairan Samudera Pasifik atau Samudera Antartika (Samudera Selatan). Kedua samudera tersebut memang tidak mempunyai batas perairan yang terperinci di bab selatan, alasannya Samudera Antartika merupakan konferensi dari tiga samudera (Pasifik, Atlantik, Hindia).

Nah itulah rujukan tentang batas-batas kawasan benua Amerika di sebelah utara, timur, barat, dan selatan, baik batas kawasan daratan maupun batas daerah perairan atau lautan.