close

Arti Irama Berdasarkan Pendapat Para Andal

Pengertian irama berdasarkan pendapat (Jamalus, 1988 : 7) ialah urutan rangkaian gerak yang menjadi bagian dalam suatu musik. Temukan klarifikasi selengkapnya di pengertianartidefinisidari.blogspot.com:

Baca: APA YANG DIMAKSUD DENGAN PUISI, RIMA DAN IRAMA

 adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dalam sebuah musik ARTI IRAMA MENURUT PENDAPAT PARA AHLI

PENJELASAN

Berikut berbagai arti dari irama menurut para andal :

Pengertian irama berdasarkan menurut (Soeharto, 1975 : 51) yakni Irama dalam musik terbentuk oleh suara dan membisu, dengan beragam lama waktu atau panjang pendeknya, membentuk pola irama, bergerak menurut pulsa dalam ayunan irama. Irama mampu dicicipi dan didengar.

Pengertian irama berdasarkan menurut (Jamalus, 1988 : 56) yakni Irama berhubungan dengan panjang pendeknya not dan berat ringannya tekanan atau aksen pada not. Namun demikian, oleh teraturnya gerak maka irama tetap dapat dirasakan meskipun melodi diam. Dan keteraturan gerak ini menimbulkan lagu lebih indah didengar dan dinikmati.

Pengertian irama menurut (Jamalus, 1988 : 7) yakni urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dalam sebuah musik. Irama terbentuk dari sekelompok suara dan diam panjang pendeknya dalam waktu yang bermaca-macam, membentuk acuan irama dan bergerak berdasarkan pulsa dalam setiap ayunan birama.

Pengertian irama menurut persepsi secara biasa adalah pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam sebuah gugusan musik. Secara sederhana, irama mampu dapat diartikan sebagai penentu ketukan dalam musik.

Pengertian irama berdasarkan Wikipedia yaitu variasi horizontal dan aksen dari sebuah suara yang terorganisir. Ritme atau irama terbentuk dari suara dan membisu. Suara dan diam tersebut digabungkan untuk membentuk acuan bunyi yang berulang untuk menciptakan ritme. Ritme mempunyai tempo yang teratur, namun mampu memiliki beragam jenis.

  Pelajaran Sastra: Pemahaman Dan Contoh Dari Puisi

Terkait klarifikasi pendapat diatas, dapat dikatakan bahwa irama/ritme yakni urutan rangkaian gerak dalam suatu musik yang membentuk acuan irama dan bergerak teratur sehingga menjadikan lagu yummy didengar dan dinikmati. Demikianlah klarifikasi pengertianartidefinisidari.blogspot.com.