close

Apa Yang Dimaksud Dari Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Kemendikbud Dan Jelaskan

Yang dimaksud dengan Pelajar Pancasila yaitu perwujudan pelajar Indonesia selaku pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan bertingkah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan inovatif. Adapun 6 aksara profil Pelajar Pancasila yakni sebagaimana diterangkan dalam Media Center Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud yang dikutip https://wargamasyarakat.org/

Yang dimaksud dengan Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar APA YANG DIMAKSUD DARI PROFIL PELAJAR PANCASILA MENURUT KEMENDIKBUD DAN JELASKAN

PENJELASAN

PROFIL 1: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam relevansinya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pengertian tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima unsur kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) budbahasa beragama; (b) budpekerti langsung; (c) adab terhadap manusia; (d) budpekerti terhadap alam; dan (e) akhlak bernegara.

PROFIL 2: Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang faktual dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global mencakup mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

PROFIL 3: Bergotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bahu-membahu, yaitu kemampuan untuk melaksanakan aktivitas secara bahu-membahu dengan suka rela supaya acara yang dijalankan mampu berjalan tanpa gangguan, mudah dan ringan. Elemen-komponen dari bergotong royong yakni kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

  Kumpulan Puisi Tentang Muhasabah

PROFIL 4: Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mampu berdiri diatas kaki sendiri, ialah pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari berdikari terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

PROFIL 5: Bernalar kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses isu baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara aneka macam gosip, menganalisis gosip, menganalisa dan menyimpulkannya. Elemen-unsur dari bernalar kritis yaitu mendapatkan dan memproses gosip dan pemikiran , menganalisis dan mengevaluasi pikiran sehat, merefleksi pedoman dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.

PROFIL 6: Kreatif

Pelajar yang kreatif bisa memodifikasi dan menciptakan sesuatu yang orisinal, berarti, berguna, dan berefek. Elemen kunci dari kreatif berisikan menciptakan ide yang orisinal serta menciptakan karya dan langkah-langkah yang orisinal.

Sumber https://wargamasyarakat.org/: Profil Pelajar Pancasila, Kemendikbud