close

Apa Target Yang Ingin Diraih Dalam Koordinasi Bidang Iptek Asean?

Apa target yang ingin diraih dalam koordinasi bidang iptek ASEAN?

Jawab

Sasaran yang ingin diraih dalam koordinasi di bidang iptek antara lain Meningkatkan daya saing tempat dengan cara memperkuat kapasitas masyarakat ASEAN dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Pembahasan

Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN juga melakukan koordinasi dalam bidang iptek, ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagaimanakah kerjasama yang dilakukan? koordinasi ASEAN dalam ilmu wawasan dan teknologi sudah terbentuk semenjak tahun 1967 sebagai bab dari program ASEAN help ASEAN Initiative. Kerjasama tersebut tidak hanya terbatas pada Upaya pengembangan iptek namun juga diarahkan untuk lebih memasyarakatkan pemanfaatan iptek terapan bagi pembangunan sosial dan ekonomi.


Peran Indonesia dalam bidang sosial di Asean


Untuk mencapai sasaran tersebut, negara-negara ASEAN setuju untuk menyebarkan koordinasi iptek lewat partisipasi masyarakat dan kalangan dunia perjuangan dalam pengembangan dan pemanfaatan iptek adalah tergolong sektor swasta.


Bentuk kerjasama Asean di bidang iptek tanah antara lain ASEAN -US Science and technology fellows. Kerjasama tersebut ialah program magang bagi peneliti atau akademisi dari kelompok luar pemerintahan untuk melakukan pekerjaan melaksanakan kajian di lembaga pemerintah yang mengatasi kebijakan di bidang riset dan IPTEK di negara masing-masing. 


  Tiga Orang Yang Yang Melaksanakan Penculikan Terhadap Ir Soekarno Dan Hatta Ke Rengasdengklok Adalah