close

Apa Pemahaman Arti Definisi Dari Akuntansi

Akuntansi ialah sebuah proses mencatat, mengklasifikasikan, meringkas, mengorganisir dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang bekerjasama dengan keuangan sehingga dapat dipakai oleh orang yang menggunakannya dengan mudah diketahui untuk pengambilan sebuah keputusan serta tujuan yang lain. pengertianartidefinisidari.blogspot.com, – Akuntansi berasal dari kata gila accounting yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah mengkalkulasikan atau mempertanggungjawabkan. Berikut pertimbangan para Ahli terkait Apa yang dimaksud dengan Akuntansi?

Akuntansi merupakan suatu proses mencatat APA PENGERTIAN ARTI DEFINISI DARI AKUNTANSI

APA PENDAPAT MENURUT PARA AHLI TERKAIT PENGERTIAN ARTI DEFINISI DARI AKUNTANSI?

Sugiri dan Riyono (2008:1)

Menurut Sugiri dan Riyono (2008:1), akuntansi didefinisikan sebagai sebuah kegiatan jasa yang fungsinya ialah menyediakan berita kuantitatif, terutama yang berkaitan dengan keuangan. Informasi tersebut dibutuhkan mampu menjadi masukan dalam proses pegambilan keputusan ekonomik dan rasional. Berikut merupakan beberapa acuan keputusan ekonomik diantaranya ialah:

  1. Menerima atau menolak permintaan kredit (bagi bank atau lembaga keuangan lain yang sedang memikirkan undangan kredit dari nasabah atau colon nasabahnya).
  2. Melepas kembali atau menjaga saham (surat tanda pedoman pada persero terbatas) yang sekarang dimiliki.
  3. Mengeluarkan saham atau obligasi untuk mempesona dana dari penduduk .

Akuntansi terdiri dari tiga unsur utama yakni sebagai berikut:

  • Input (masukan): berbentuktransaksi, adalah peristiwa bisnis yang bersifat keuangan.
  • Proses (prosedur): mencakup aneka macam fungsi mulai dari pengidentifikasi transaksi hingga dengan penghidangan info keuangan. Proses utama akuntansi ialah pencatatan yang berisikan dua fungsi adalah penjumlahan dan pemindahbukuan.
  • Outuput (keluaran): berupa berita keuangan seperti laporan laba rugi, laporan pergantian ekuitas, pergeseran posisi keuangan, dan laporan arus kas.
  Puisi Tentang Pertemuan [dan angin memenjarakan]

Baca: PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI DAN KEUANGAN

Thomas Sumarsan (2013:1)

Menurut Thomas Sumarsan (2013:1) menerangkan bahwa Akuntansi adalah sebuah seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, mencatat transaksi serta peristiwa yang berhubungan dengan keuangan, sihingga mampu menciptakan isu adalah pembukuan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Metode pencatatan, penggolongan, evaluasi dan pengendalian transaksi serta aktivitas-acara keuangan, lalu melaporkan kesannya. Kegiatan akuntansi, diantaranya:

  1. Pengidentifikasian dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan.
  2. Pemrosesan data yang bersangkutan lalu pelaporan info yang dihasilkan.
  3. Pengkomunikasian info kepada pemakai laporan.

Baca: APA LEMBAGA KEUANGAN, PEMBIAYAAN, KREDIT, PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ANTARA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN LEMBAGA KEUANGAN KONVENSIONAL ITU?

Winwin yadianti, Ilham Wahyudin (2006:6-7)

Menurut Winwin yadianti, Ilham Wahyudin (2006:6-7), Akuntansi ialah sebuah metode berita yang mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan peristiwa ekonomi dari suatu organisasi terhadap pihak yang berkepentingan. Dari pengertian tersebut terkandung acara akuntasi ialah:

  1. Mengidentifikasi. Kejadian ekonomi berkaitan dengan kegiatan ekonomi yang berhubungan dari sebuah oraganisasi tertentu. Pembayaran utang, pembayaran pemebalian tunai, penjualan kredit ialah acuan dari peristiwa ekonomi tersebut.
  2. Mencatat. Secara historis kegiatan keuangan organisasi. Pencatatan dijalankan secara sistematis, berurutan sesuai kronologi insiden dan mesti dapat diukur dalam satuan moneter. Dalam proses pencatatan ini, insiden ekonomi lalu diklasifikasikan dan diringkas.
  3. Mengkomunikasikan. Kejadian ekonomi terhadap pihak yang berkepentingan dalam bentuk pembukuan keuangan yang menampung berita keuangan organisasi yang mampu dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

Baca: APA ITU ANUITAS DAN BAGAIMANA CARA KERJA ANUITAS

KESIMPULAN

Dari penjelasan diatas, mampu disimpulkan bahwa Akuntansi merupakan suatu proses mencatat, mengklasifikasikan, meringkas, mengelola dan menyajikan data, transaksi serta peristiwa yang berhubungan dengan keuangan sehingga mampu digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Kaprikornus itulah postingan yang dapat dibagikan pengertianartidefinisidari.blogspot.com;