Apa itu Masyarakat – Masyarakat Adalah

Posted on
Kumpulan Individu yang berinteraksi

Masyarakat merupakan kumpulan dari individu yang saling melakukan interaksi yang tujuannya memenuhi kebutuhan dasar hidupnya (basic needs), memiliki kepentingan, dan tujuan bersama. Dalam konteks sosiologi, masyarakat memiliki ikatan-ikatan sosial, baik ikatan sosial yang bersifat paguyuban (gemeinschaft) maupun ikatan patembayan (gesselschaft).

Dalam konteks kemanusiaan, masyarakat dibentuk -dan membentuk dengan sendirinya- dengan tujuan untuk saling menolong (ta’awun) dan saling menyempurnakan (takamul). Konsep silaturahmi (interaksi sosial) yang dimulai dari orang yang terdekat, baik secara sosial maupun secara geografis hingga orang-orang terjauh menunjukan betapa pentingnya hidup bermasyarakat.

Menurut Mayo,  masyarakat dapat diartikan dalam dua konsep:

a. Masyarakat sebagai sebuah “tempat bersama”, yakni sebuah wilayah geografi yang sama. Sebagai contoh, sebuah rukun tetangga, perumahan di daerah perkotaan atau sebuah kampung di wilayah pedesaan.
b. Masyarakat sebagai “kepentingan bersama”, yakni kesamaan kepentingan bersama berdasarkan identifikasi kebutuhan tertentu seperti halnya pada kasus para orang tua yang memilki anak dengan kebutuhan khusus (anak cacat fisik) atau bekas para pengguna pelayanan kesehatan mental (Edi Suharto)

Awan Mutakin memberikan definisi masyarakat dari beberapa ahli, sebagai berikut:

a. Menurut Hasan Shadilly adalah golongan besar atau kecil terdiri atas beberapa manusia, yang dengan atau karena sendirinya bertalian secara golongan dan pengaruh-mempengaruhi satu sama lain.

b. Menurut Koentjaraninggrat, masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.

c. Menurut Ralph Linton, masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang hidup dan bekerjasama dalam waktu yang cukup lama, sehingga mereka dapat mengorganisir diri dan sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan sosial dengan batas-batas yang jelas.

d. Menurut Bertrand, masyarakat adalah sekelompok orang yang sama identifikasinya, teratur sedemikian rupadi dalam menjalankan segala sesuatu yang diperlukan bagi hidup bersama secara harmonis.

e. Menurut Soekanto, masyarakat adalah suatu sistem sosial yang menghasilkan kebudayaan.

f. Menurut Horton dan Hunt , masyarakat adalah kelompok manusia yang secara nisbi mampu menghidupi kelompoknya sendiri, bersifat independen dan memndiami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan, serta kebanyakan kegiatannya berlangsung di dalam kelompok itu sendiri.