close

Apa Bahasa Cinta Pasangan Anda?

Setiap pasangan pasti menginginkan dicintai dengan sepenuh hati, tetapi tak mampu kita pungkiri banyak pula pasangan yang merasa bahwa beliau tidak dicintai. Banyak terjadi perceraian sebab hal ini dan juga dengan alasan ekonomi, kekerasan, selingkuh, dan lain sebagainya.
Nah terus mengapa ada suami atau istri yang merasa tidak dicintai oleh pasangannya, padahal nih pasangannya sudah merasa  mencintainya dengan sepenuh hati. Ada apa gerangan? Kesalahpahaman ini yang sering kita jumpai, bukan? Jadi, kenapa itu bisa terjadi? Jawabannya yakni alasannya ia dicintai dengan bahasa cinta yang bukan miliknya.
TAHUKAH ANDA BAHASA CINTA PASANGAN ANDA?
Poin yang sangat penting adalah “TANKI CINTA”. Setiap insan memiliki “tanki cinta” yang perlu di isi. Tanki cinta ini yaitu suatu tanki virtual, yang berisi keinginan untuk mengasihi dan dicintai.
Apabila tanki cinta diisi dengan materi yang sempurna dan penuh oleh pasangan, maka orang itu akan merasa menjadi manusia paling bahagia di dunia selain itu pastinya beliau akan merasa beruntung memiliki pasangan yang sungguh mengasihi dirinya dengan sepenuh jiwa.
Sebaliknya nih, apabila tanki itu kosong tanpa isi, menimbulkan seseorang hidup dalam kekosongan  cinta, merasa hampa walaupun sudah berkeluarga dan mempunyai pasangan yang menyayangi dirinya.
Mengapa ini bisa terjadi? 
Sebab pertama, alasannya adalah pasangan memang tidak pernah mengekspresikan cinta kepadanya. Tidak pernah mengisi tanki itu dengan cinta.
Sebab kedua, alasannya pasangan mengekspresikan cinta denan bahan yang tidak sesuatu dengan tipe tanki. Walaupun pasangan sudah mengisi tanki, namun dengan materi yang tidak sesuai dengan keperluan. Rupanya, tanki cinta harus di isi dengan materi yang tepat sesuai dengan tipenya.
Ketahuilah, setiap tanki mempunyai ‘bahasa cinta’ yang berbeda-beda. Tidak sama antara satu dan lainnya. Setiap bahasa cinta,mempunyai karakteristik dan tuntutan sikap yang berlawanan pula. Oleh kesudahannya bila anda mampu mengenali bahasa cinta Anda dan pasangan cinta anda, kemudian mampu mengekspresikan cinta sesuai tipe pasangan anda maka, rumah tangga anda akan langgeng dan senang. Menjadi sungguh penting bagi kita semua untuk mengenali bahasa cinta pasangan. Karena inilah bahasa yang tepat untuk memenuhi tanki cinta pasangan kita.
Sebaiknya kendatipun anda memiliki cinta yang luar biasa kepada pasangan,, namun mengekspresikan dengan cara yang tidak cocok dengan tipe bahasanya, ia tetap merasa tidak anda cintai dengan sepenuh hati.
Suami atau istri merasa tidak menerima cinta dan kasih sayang dari pasangan atau bahwa merasa tidak dicintai oleh pasangan, cuma karena pasangan tidak sempurna dalam mengekspresikan cinta kepadanya. 
Ekspresi cinta yang diberikan, tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Tanki cinta diisi dengan materi yang tidak diharapkan atau tidak cocok keperluan.
Gary Chapman dalam bukunya “The Five Love Languages: The Secret to Love That Latss” (2009) menyatakan, ada 5 (lima) bahasa cinta yang perlu dikenali jikalau ingin hubungannya dengan pasangan menjadi langgeng. Lima bahasa cinta itu yakni :
1.    Kata-kata apresiasi
2.    Waktu berkesan
3.    Hadiah
4.    Pelayanan
5.    Sentuhan fisik
Apakah Anda tahu bahasa ciinta Anda sendiri? Apakah Anda tahu bahasa cinta pasangan? Anda harus tahu. Kalau tidak, Anda bisa mudah sakit hati sebab merasa sudah melakukan dan menunjukkan banyak hal kepada pasangan tetapi masih dianggap tidak mencintai pasangan.
by : Cahyadi Takariawan
Sumber : WA dari saudari Desti Rahmawati admin Wonderful Family Institute. Pada 30 Agustus 2018.
Wallahu a’lam..