close

Anjuran Teantang Evaluasi Kadar Asam Lemak Bebas Pada Minyak Goreng

BAB I

PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Lemak dan minyak memegang peranan penting dalam mempertahankan kesehatan badan insan. Dan sebagaimana dikenali, lemak memberikan enargi kepada tubuh sebanyak 9 kalori tiap gram lemak .asam lemak dari reaksi dua macam persenyawaan yang mengandung karbon,yang terbentuk selama proses metabolisme contohnya asam asetat dan alkohol(etanol).
Produksi minyak sawit Indonesia, selain untuk konsumsi dalam negeri juga di ekspor keberbagai negara mirip negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang. Minyak sawit yang mau diekspor harus memenuhi beberapa patokan yang sudah ditetapkan, utamanya kadar asam lemak bebas (ALB) atau free fatty acid (FFA) hares dipertahankan. Selain itu, kandungan air dan materi kontaminan yang lain tidak lebih dari 0,1 % dan 0,3 %. Kadar asam lemak bebas yang melebihi batas yang disarankan mampu menghipnotis mutu minyak dan makanan yang akan dimasak. Sedangkan kadar asam lemak bebas untuk SNI yakni 0,3 %.
Minyak goreng curah yakni minyak goreng tanpa merek yang dijual bebas dipasar-pasar dan tanpa ada SNI atau izin edar dari Balai POM atau DEPKES. Minyak ini cuma disalurkan oleh produsen dalam kemasan drum dipasarkan kepada penjualeceran. (Kateren, S, 2008)
Di Pasar Sei Sikambing Medan banyak penjualyang memasarkan minyak goreng curah, dan konsumennya pun demikian banyak sebab harganya yang lebih terjangkau dibandingkan minyak goreng bungkus.
Namun pada realita minyak goreng curah ini dikemas secara manual menggunakan plastik kiloan dan kawasan penyimpanan pun tidak diperhatikan. Minyak ini hanya ditampung di dalam drum minyak atau ember besar yang dapat mempengaruhi mutu minyak itu sendiri.
Oleh alasannya itu penulis tertarik untuk mengambil judul Analisa Kadar Asam Lemak Bebas Pada Minyak Goreng Curah  yang diperjual belikan di pasar Sei Kambing Medan.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang duduk perkara diatas yakni maka dapat diambil kenali problem selaku berikut:
  1. Bagaimana mutu lemak bebas pada minyak goreng curah yang di perjual belikan di pasar Sei Kambing dapat memenuhi mutu kesehatan.
  2. Berapa besar kadar asam lemak bebas pada minyak goreng curah yang di perjual belikan dipasar sei kambing.
  3. Bagaimana kandungan dari minyak goreng curah yang diperjualkan di pasar sei kambing sesuai dengan setandart nasional
  Teladan Judul Kti Kebidanan

1.3  Perumusan Masalah
Berdasarkan kenali problem diatas untuk didapatkan kenali.
  1. apakah mutu lemak bebas pada minyak goreng curah yang diperjual belikan dipasar sei kambing mampu menyanggupi kualitas kesehatan.
  2. apakah kadar asam lemak bebas pada minyak goreng curah yang di pasar sei kambing dapat menyanggupi mutu kesehatan.
  3. Apakah kandungan dari minyak goreng curah yang di jual di pasar sei kambing sesuai dengan standart nasional Indonesia.

1.4 Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui kadar asam lemak bebas pada minyak goreng curah yang diperjualbelikan di Pasar Sei Sikambing Medan.
  2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh mutu dari lemak bebeas pada minyak goreng yang diperjualbelikan pasar sei kambing medan
  3. Untuk mengenali kandungan dari minyak goreng curah yang dijual di pasar sei kambing sesuai dengan standart nasional indonesia

1.5. Manfaat Penelitian
  1. Penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan ilmu dan pengalaman bagi pembaca
  2. Sebagai sumber informasi terhadap para konsumen khususnya dari golongan  menengah kebawah.
  3. Menambah wawasan dan ilmu wawasan bagi penulis.
>>>>>>>>selnjutnya klik di bawah<<<<<<<<