close

Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi

Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi – Analisis berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia yaitu pengusutan kepada suatu kejadian (karangan, tindakan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sesungguhnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya)
Dalam linguistik, analisis atau analysis (evaluasi) yaitu studi wacana bahasa untuk mengusut secara mendalam struktur bahasa. Sedangkan kegiatan laboratorium, kata evaluasi atau analisis dapat juga mempunyai arti aktivitas yang dilakukan di laboratorium untuk menyelidiki zat dalam sampel. Namun, dalam perkembangannya, penggunaan analisis kata atau analisis akademisis sorotan, khususnya di kalangan andal bahasa. Penggunaan yang mesti analisis. Hal ini sebab analisis kata ialah kata tunjangan dari bahasa asing (Inggris) yakni analisis.
ekonomi. Dalam teori yang lebih mendalam (advanced), matematika dan persamaan matematika memegang peranan yang sungguh penting. Di samping itu statistik adalah alat analisis untuk menghimpun fakta dan menguji kebenaran teori ekonomi.
Kurva (Grafik) sering juga disebut sebagai diagram, skema, mauoun chart. Pada dasarnya grafik berfungsi menawarkan penjelasan terhadap para pembaca grafik atau orang yang membutuhkan data. Grafik itu sendiri mampu mempermudah pembaca untuk mengetahui dan membaca data tanpa memakai kata – kata yang bertele-tele karena grafik menghidangkan data dam bentuk angka dalam suatu lembar kerja dalam bentuk visualisasi grafik.

Jenis-Jenis Analisis Ekonomi

1. Ekonomi Deskriptif

Ilmu ini merupakan suatu analisis ekonomi menggambarkan kondisi yang bergotong-royong wujud dalam perekonomian (seperti kondisi petani di Jawa Tengah ialah tergolong selaku ilmu ekonomi deskriptif.

2. Teori Ekonomi

Suatu persepsi-pandangan yang menggambarkan sifat relasi yang wujud dalam kegiatan ekonomi dan ramalan wacana kejadian yang terjadi kalau suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami pergantian.

3. Ekonomi Terapan

Bidang ini disebut juga selaku teori kebijakan ekonomi yakni cabang ilmu ekonomi yang menelaah wacana kebijakan ynga perlu dijalankan untuk menanggulangi persoalan-masalahekonomi.salah satu peranan teori ekonomi ialah berfungsi selaku landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi.
Tujuan-tujuan yang diraih adalah:
  1. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat.
  2. Menciptakan kestabilan harga-harga.
  3. Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.

Referensi :

  1. Sadono Sukirno, Pengantar Teori Mikroekonomi, Edisi Ketiga, Raja grafindo Persada,
  2. Hardwick, Philip, Khan, Bahadur, and Langmead, Jhon. 1999. An Introduction to Modern Economics. Prentice Hall.
  3. Imam Asngari, 2004. Pengantar Ekonomi Makro, Forum Heds-FE Unsri, Inderalaya.
  Perusahaan Jasa