4 Jenis Penelitian Tindakan Kelas Dan Penjelasannya (Lengkap)

4 Jenis Penelitian Tindakan Kelas Dan Penjelasannya Lengkap – Pengertian penelitian langkah-langkah kelas (PTK) telah dibahas pada pembahasan sebelumnya, dimana observasi langkah-langkah kelas dapat dikerjakan oleh siapapun yang berkepentingan guna mengembangkan kualitas pembelajaran.

4 Jenis Penelitian Tindakan Kelas Dan Penjelasannya (Lengkap)

Mari kita diskusikan secara lengkapnya dibawah ini

Jenis-Jenis Penelitian Tindakan Kelas

Ada empat jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mau dibahas ialah: PTK diagnostik; PTK partisipan; PTK empiris; dan PTK eksperimental. Untuk lebih jelasnya, berikut dijelaskan secara singkat mengenai keempat jenis PTK tersebut.

1. Penelitian Tindakan Kelas Diagnostik

Yang dimaksud PTK diagnostik ialah penelitian yang dirancang dengan dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan. Dalam hal ini peneliti mendiagnosis dan memasuki suasana yang terdapat didalam latar observasi.

Contohnya: jikalau peneliti berupaya menangani perselisihan, pertengkaran, masalah atau pertentangan yang dilaksanakan antar siswa yang terdapat didalam sekolah atau kelas. Peneliti menganalisis dan mengamati secara cermat melalui interaksi dengan siswa-siswa di sebuah sekolah atau kelas dengan mencari sumber persoalan yang ada dan sebagainya. Kemudian menganalisis semua data dan memperlihatkan usulan ihwal solusi atas pertentangan tersebut.

2. Penelitian Tindakan Kelas Partisipan

Suatu observasi tindakan kelas yang dibilang partisipan yaitu kalau orang yang hendak melakukan atau melakukan penilaian harus ikut terlibat pribadi dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berbentuklaporan.

  7 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Dengan demikian, semenjak penyusunan rencana observasi, peneliti telah terlibat dan selanjutnya peneliti mengawasi, mencatat dan menghimpun data lalu mengevaluasi data serta berakhir dengan melaporkan hasil dari penelitiannya. Dalam PTK jenis ini, peneliti dituntut keterlibatannya secara pribadi dan terus menerus semenjak permulaan hingga berakhir penelitian.

3. Penelitian Tindakan Kelas Empiris

Yang dimaksud PTK empiris ialah apabila peneliti berusaha melaksankan sesuatu langkah-langkah atau aksi dan membukakan apa yang dilaksanakan dan apa yang terjadi selama aksi berlangsung. Pada prinsipnya proses penelitiannya berkenaan dengan penimpanan catatan dan pengumpulan pengalaman peneliti dalam pekerjaan sehari-hari.

4. Penelitian Tindakan Kelas Eksperimental

Jenis PTK ini mempunyai nilai berpeluang paling besar dalam pertumbuhan pengetahuan ilmiah. Yang dikategorikan sebagai PTK eksperimental yakni jika PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan banyak sekali teknik atau seni manajemen secara efektif dan efesien didalam sebuah acara mencar ilmu mengajar.

4 Jenis Penelitian Tindakan Kelas Dan Penjelasannya

Didalam kaitannya dengan aktivitas berguru mengajar dimungkinkan terdapat lebih dari satu taktik atau teknik yang ditetapkan untuk mencapai suatu tujuan instruksional. Dengan diterapkannya PTK ini diharapkan peneliti dapat menentukan cara mana yang paling efektif untuk mencapai tujuan pengajaran.

Itulah pembahasan singkat wacana 4 Jenis Penelitian Tindakan Kelas Dan Penjelasannya (Lengkap), supaya berita tersebut dapat menambah wawasan teman sekalian. Sekian terimakasih.

Sumber: Dr. Iskandar, M.Pd “Penelitian Tindakan Kelas”.

Baca juga: