Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Cerita Imajinasi

Cerita khayalan mengandung nilai-nilai kehidupan yang berlaku dalam masyarakat. Nilai-nilai tersebut menggambarkan norma, tradisi, aturan, dan iman yang dianut atau dilaksanakan oleh penduduk .
Nilai-nilai tersebut mencakup:

  • Nilai moral merupakan nilai kehidupan dengan moral atau kebijaksanaan pekerti (baik dan jelek). Contoh nilai moral adalah berbakti terhadap orang tua, jujur, sabar dan tulus.
  • Nilai sosial merupakan nilai kehidupan yang terkait dengan norma atau aturan dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai sosial bekerjasama dengan orang lain. Contoh nilai sosial ialah saling memberi, empati, dan saling menghormati pertimbangan orang lain..
  • Nilai budaya merupakan nilai-nilai berhubungan dengan kebiasaan atau tradisi yang berlaku dalam penduduk . Contoh nilai budaya adalah adab istiadat perkawinan atau maut, ada cara berpakaian, budaya kesenian, dan upacara adat.
  • Nilai religi merupakan nilai berkaitan dengan kehidupan beragama. Contoh nilai religi yakni cara beribadah terhadap Tuhan dan tata cara dogma.
  • Nilai politik merupakan nilai-nilai yang berhubungan dengan gejolak tata pemerintahan di sebuah daerah. Gejolak tersebut menjadi latar cerita. Latar insiden politik dijadikan salah satu dokumen sejarah bangsa.
  Pidato Bahasa Jawa