Peran Bank Indonesia Beserta Tujuan Dan Fungsi Bank Sentral Indonesia

Tugas dan wewenang Bank Indonesia – Bank Indonesia yaitu bank sentral Republik Indonesia. Bank sentral memegang tugas penting dalam kebijakan moneter dan stabilitas mata duit di Indonesia. Terdapat beberapa tugas tugas bank Indonesia yang melaksanakan fungsi bank sentral di Indonesia. Kali ini akan dibahas perihal peran peran bank sentral yang dikerjakan oleh Bank Indonesia (BI).

Ada banyak jenis-jenis bank, salah satunya bank sentral. Pengertian bank sentral adalah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di kawasan sebuah negara. Bank sentral berusaha untuk mempertahankan stabilitas nilai mata duit, stabilitas sektor perbankan, dan metode finansial secara keseluruhan. Fungsi bank sentral di Indonesia dilaksanakan oleh Bank Indonesia.

Dalam sejarah bank Indonesia, dulunya sempat bernama De Javasche Bank ketika era pemerintahan Hindia-Belanda. Saat ini bank sentral ini dikenal dengan nama Bank Indonesia. Alamat bank Indonesia dikala ini mempunyai kantor pusat di Jalan MH Thamrin, No. 2, Menteng, Jakarta Pusat.

Secara biasa tujuan bank Indonesia yang paling utama adalah menjaga kestabilan nilai mata uang. Hal ini memang menjadi tujuan bank sentral di tiap negara. Dalam kaitannya dengan wewenang bank sentral juga menjadi satu-satunya lembaga yang mempunyai hak untuk mengedarkan duit di Indonesia.

(baca juga daftar bank di Indonesia)

tugas bank indonesia

Tugas Bank Indonesia

Apa tugas bank Indonesia? Ada beberapa peran bank sentral Indonesia, namun ada satu tujuan pokok bank sentral yang menjadi dasar berdirinya bank sentral tersebut. Selain itu juga ada tugas dan wewenang Bank Indonesia lain yang memiliki kegunaan untuk mencapai peran pokok tersebut. Berikut merupakan tugas dan fungsi bank Indonesia secara lengkap.

  Pajak: Pemahaman, Fungsi, Ciri, Jenis Dan Tarif

Tugas Bank Sentral Indonesia

Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu meraih dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Hal tersebut menjadi tugas pokok bank sentral di tiap negara dalam kaitannya dengan ruang lingkup ekonomi makro di Indonesia. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, ialah kestabilan nilai mata duit terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi, sementara faktor kedua tercermin pada kemajuan nilai tukar rupiah kepada mata uang negara lain. Perumusan tujuan tunggal ini dimaksudkan untuk memperjelas target yang harus dicapai Bank Indonesia serta batas-batas tanggung jawabnya. Dengan demikian, tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan gampang.

Fungsi Bank Sentral Indonesia

Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yang ialah tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas tersebut perlu diintegrasi semoga tujuan meraih dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat diraih secara efektif dan efisien. Berikut tugas dan fungsi Bank Indonesia yang telah dituangkan selengkapnya.

1. Menetapkan dan melakukan kebijakan moneter

Sebagai otoritas moneter, Bank Indonesia menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter untuk meraih dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Arah kebijakan didasarkan pada target laju inflasi yang ingin dicapai dengan mengamati banyak sekali sasaran ekonomi makro yang lain, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Implementasi kebijakan moneter dilaksanakan dengan memutuskan suku bunga (BI Rate). Perkembangan indikator tersebut dikendalikan lewat perabotan moneter tidak eksklusif, yaitu memakai operasi pasar terbuka, penentuan tingkat diskonto, dan penetapan cadangan wajib minimum bagi perbankan.

  8 Jenis Asuransi di Indonesia (Pembahasan Terlengkap)

Pendekatan pegendalian moneter secara tidak pribadi ini sudah dilaksanakan sejak 1983 dengan mekanisme operasional yang diadaptasi dengan dinamika pertumbuhan pasar duit di dalam negeri.

2. Mengatur dan mempertahankan kelancaran tata cara pembayaran

Peran bank Indonesia dalam tata cara pembayaran juga berfungsi untuk menertibkan dan menjaga tata cara pembayaran. Menurut UU nomor 23 tahun 1999 ihwal Bank Indonesia, salah satu peran Bank Indonesia yakni menertibkan dan mempertahankan kelangsungan sistem pembayaran. Wewenang Bank Indonesia menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan duit rupiah serta mencabut, mempesona dan memusnahkan uang dari  peredaran.

Salah satu wewenang bank sentral Indonesia yang lainnya yaitu untuk melakukan, memberi persetujuan dan perizinan atas penyelenggaraan jasa tata cara pembayaran seperti sistem transfer dana baik yang bersifat real time, metode kliring maupun sistem pembayaran yang lain misalnya sistem pembayaran berbasis kartu.

Sementara itu dalam kaitannya dengan pengawasan metode pembayaran, tugas Bank Indonesia yakni memutuskan penduduk luas mampu memperoleh jasa tata cara pembayaran yang efisien, cepat, tepat dan kondusif. Fungsi bank sentral dalam pengawasan tata cara pembayaran ini antara lain memperlihatkan izin operasional terhadap pihak penyelenggara acara di bidang metode pembayaran dan melakukan pengawasan kepada penyelenggaraan tata cara pembayaran.

3. Mengatur dan mengawasi bank

Dalam rangka tugas bank sentral untuk mengendalikan dan memantau perbankan, Bank Indonesia memutuskan peraturan, memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan atau acara usaha tertentu dari bank, melaksanakan pengawasan atas bank dan mengenakan hukuman terhadap bank sesuai dengan ketentuan perundang-ajakan yang telah berlaku.

Dalam pelaksanaan tugas ini, Bank Indonesia berwenang memutuskan ketentuan-ketentuan perbankan dengan menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian. Fungsi bank sentral terkati pengawasan ini bermaksud untuk mencapai stabilitas metode keuangan.

  Jenis-Jenis Perusahaan Leasing dan Produknya

Ketiga tugas Bank Indonesia dalam tiga pilar tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan pokok Bank Indonesia adalah meraih dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Dalam melakukan wewenang Bank Indonesia terdapat derma dari penunjang manajemen intern.

Nah itulah acuan lengkap perihal tugas dan wewenang bank sentral beserta pengertian bank sentral dan fungsi bank sentral secara lengkap. Pengertian bank Indonesia yaitu bank yang berperan sebagai bank sentral di Indonesia. Terdapat sejumlah tugas peran Bank Indonesia selaku bank sentral di Indonesia salah satunya yakni untuk menjaga kestabilan nilai rupiah.