√ Pengertian Dns, Dhcp, Ftp Dan Fungsinya

Pengertian DNS, DHCP, FTP dan fungsinya – Mari kita pelajari pundak-membahu mengenai pengertian DNS, pengertian DHCP, pengertian FTP dan fungsinya. Silahkan di baca di bawah ini:

Pengertian DNS atau Domain Name System

DNS yakni kepanjangan dari Domain Name System (DNS server), adalah nama sebuah metode database yang memiliki kegunaan untuk memenuhi keperluan komputer, layanan/sumber daya yang terhubung ke dalam jaringan internet/jaringan komputer langsung. Atau definisi lainnya ialah merupakan tata cara database yang terdistribusi, dipakai selaku pencarian nama komputer di dalam jaringan yang memakai TCP/IP. DNS memiliki kelebihan ukuran database yang tak terbatas serta mempunyai penampilan cukup baik.

Beberapa Fungsi DNS

  • Menerjemahkan nama host (hostnames), jadi nomor IP address atau sebaliknya, sehingga nama-nama tersebut gampang diingat oleh para pengguna internet.
  • Memberikan suatu informasi perihal sebuah host kepada seluruh jaringan internet. DNS mempunyai kelebihan contohnya seperti: DNS sungguh gampang alasannya adalah adalah user tak lagi direpotkan untuk mengingat IP (IP address) sebuah komputer/pc cukup host name. Konsisten, IP (IP address) suatu komputer boleh saja berubah akan namun host name tidak boleh berganti.

DNS ialah kepanjangan dari Domain Name System  √ Pengertian Dns, Dhcp, Ftp Dan Fungsinya

Apakah itu DNS?

Pengertian DHCP server atau Dinamyc Host Configuration Protocol

DHCP Server ialah singkatan dari Dinamyc Host Configuration Protocol, yaitu suatu layanan yang secara otomatis menunjukkan nomor IP kepada komputer yang memintanya. PC/komputer yang menunjukkan no IP inilah yang disebut dengan DHCP server, sedangkan komputer yang meminta atau merequest disebut dengan DHCP Client.

Fungsi DHCP ialah, sanggup kamu baca di bawah ini:

  • Mempunyai fungsi utama adalah mendistribusikan IP (IP address) secara otomatis ke setiap client/pengguna yang terhubung dengan jaringan komputer.
  • Memberikan fasilitas untuk network eksekutif, ketika dalam mengorganisir jaringan komputer, alasannya ialah alokasi IP mampu ditentukan secara otomatis.
  • DHCP server selain mampu memberikan nomer IP address secara dinamik, sanggup juga mampu menunjukkan IP address secara statis terhadap client/pengguna yang terhubung terhadap jaringan komputer.
  • Dapat memperlihatkan sebuah kemudahan dalam proses komunikasi data antar komputer/pc.

Pengertian FTP atau File Transfer Protocol

FTP ialah abreviasi dari “File Transfer Protocol” yaitu sebuah protokol yang mempunyai fungsi untuk tukar-menukar file di dalam sebuah network/jaringan komputer yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

FTP server yakni server yang menjalankan software/perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai yang menunjukkan layanan tukar-menukar file yang dimana server tersebut senantiasa siap menunjukkan layanan File Transfer Protocol bila mendapatkan request dari FTP client.

Fungsi FTP server adalah, mampu dibaca di bawah ini:

  • Bertujuan untuk sharing data.
  • Untuk menyediakan indirect ataupun implicit remote komputer.
  • Bertujuan menyediakan daerah penyimpanan bagi pengguna/user.
  • Untuk menyediakan transfer data,file yang reliable serta efisien.

FTP client yakni Komputer yang meminta/merequest koneksi ke FTP server bermaksud untuk tukar-menukar file. Kalau sudah terhubung dengan FTP server, maka client mampu melakukan men-upload, merename, men-d0wnl0ad, men-delete, dan sebagainya sesuai dengan permission yang sudah diberikan oleh FTP server.

Itulah artikel tentang pengertian DNS, DHCP, FTP dan fungsinya, semoga sanggup berguna…


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

  Pemahaman Sistem Biaya Activity-Based Costing (Abc) Berdasarkan Para Hebat