Pemahaman Syair Beserta Ciri-Ciri Dan Pola Syair [Lengkap]

Pengertian syair – Apa itu syair? Syair ialah bentuk puisi lama yang menggunakan bahasa kiasan dan indah dengan pilihan diksi dan majas metafora. Syair nyaris seperti dengan pantun atau puisi, tetapi secara lazim berlawanan. Lantas apa bergotong-royong pengertian dan arti syair itu sendiri?

Syair termasuk dalam jenis-jenis puisi lama. Beberapa ciri-ciri syair di antaranya adalah terdiri dari 4 baris, bersajak a-a-a-a, semuanya yakni isi syair serta menggunakan bahasa kiasan. Syair lazimnya dibacakan dengan musikalisasi atau dilagukan semoga terdengar lebih indah.

Proses penghayatan dalam pembacaan syair juga penting untuk menyampaikan isi syair secara keseluruhan. Secara lazim syair berlawanan dengan pengertian puisi, meski keduanya sama-sama menggunakan bahasa kiasan dan sering memakai majas metafora. Syair juga berlawanan dengan pantun atau gurindam.

pengertian syair dan contohnya

Pengertian Syair

Nah berikut ini akan diterangkan pengertian syair menurut KBBI dan definisinya secara umum beserta hal-hal yang membedakan syair dengan karya sastra lain mirip pantun, puisi dan gurindam.

Arti Syair Menurut KBBI

Pengertian syair menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah puisi usang yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang rampung dengan suara yang sama. Syair juga bisa diartikan selaku sajak atau puisi.

Definisi Syair Secara Umum

Pengertian syair secara biasa ialah salah satu jenis puisi dimana kata syair berasal dari bahasa Arab ‘syu’ur yang bermakna ‘perasaan’. Kata syu’ur bermetamorfosis kata ‘syi’ru‘ yang mempunyai arti ‘puisi’ dalam pengertian umum. Syair dalam kesusastraan Melayu merujuk pada pemahaman puisi secara umum. Namun dalam perkembangannya mengalami pergeseran makna sehingga sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi.

  13+ Komponen-Bagian Puisi (Unsur Intrinsik, Ekstrinsik, Fisik Dan Batin)

Perbedaan Syair dan Pantun

Apa perbedaan syair dan pantun? Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan pantun dan syair, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Syair bersajak a-a-a-a, sedangkan pantun bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a
  • Semua bagian syair yakni isi, sedangkan pantun terdiri dari sampiran dan isi
  • Isi syair condong wacana dongeng atau usulan, sedangkan isi pantun mampu berupa jenaka
  • Penggunaan bahasa pada syair harus sama, sedangkan pantun mampu menggunakan bahasa yang bercampur-campur

(baca juga pengertian pantun)

Perbedaan Syair dan Puisi

Apa perbedaan syair dan puisi? Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan puisi dan syair, di antaranya ialah selaku berikut :

  • Syair cenderung menggunakan bahasa melayu usang, sedangkan puisi umumnya memakai bahasa Indonesia
  • Syair masih berupa puisi lama, sedangkan puisi condong lebih terbaru sesuai zaman

Perbedaan Syair dan Gurindam

Apa perbedaan syair dan pantun? Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan pantun dan syair, di antaranya yaitu sebagai berikut :

  • Syair terdiri dari 4 baris, sedangkan gurindam terdiri dari 2 baris
  • Semua baris pada syair yaitu isi, sedangkan isi gurindam ada pada baris kedua
  • Syair bersajak a-a-a-a, sedangkan gurindam bersajak a-a, b-b, c-c dan seterusnya

Contoh Syair

Dengarlah wahai anakanda

Rajinlah berguru sepanjang masa

Ilmu tiada pernah habis dieja

sebagai bekal sepanjang usia

(Bait 2)

Dengan ilmu engkau tersadar

Dari suramnya waktu dan abad

Cemerlang akan senantiasa

Menyinari dirimu di era remaja

Nah demikianlah referensi pembahasan mengenai pemahaman syair, ciri-ciri syair serta perbedaan syair dengan pantun, puisi atau gurindam selengkapnya. Semoga bisa memperbesar pengetahuan dan referensi mengenai arti dan definisi syair secara umum.