Pengaruh Dari Eksploitasi Sumber Daya Alam

 Oleh Waskito Sandy Utomo (@T01-Waskito)

Abstrak

            Pembuatan artikel ini untuk mempelajari dan mengetahui seperti apa dampak dari adanya eksploitasi sumber daya alam. Adapun beberapa gosip yang aku peroleh dari beberapa sumber dari internet perihal pengaruh eksploitasi SDA. Dalam sumber tersebut diterangkan mirip apa saja dampak yang ditimbulkan dari adanya eksploitasi sumber daya alam tersebut.

Kata kunci: postingan,eksploitasi,sumber daya alam

Abstract

            The purpose of this article is to study and find out what the impact of the exploitation of natural resources is. As for some information that I got from several sources from the internet about the impact of exploitation of natural resources. The source explains what the impacts of the exploitation of these natural resources are.

Keywords: article, exploitation, natural resources

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

            Eksploitasi merupakan salah satu langkah-langkah atau acara yang bertujuan untuk menggali atau mempergunakan segala bentuk sumber daya alam yang ada, yang bermaksud untuk memenuhi kebutuhan penduduk luas. Eksploitasi sendiri bukan ialah tindakan yang jelek dalam pemanfaatan sumber daya alam, tetapi pemanfaatan sumber daya alam yang melampaui bataslah yang menyebabkan eksploitasi ini selaku langkah-langkah yang buruk, apalagi untuk keberlangsungan lingkungan disekitar area daerah eksploitasi sumber daya alam. Kegiatan eksploitasi sendiri sungguh erat hubungannya dengan dunia pertambangan, kegiatan eksploitasi tanpa didasari dengan rasa ikut memiliki lingkungan dan juga tindakan pelestarian lingkungan, hal itu justru akan menjinjing dampak jelek kepada lingkungan sekitar, tidak hanya lingkungan saja yang nantinya akan dirugikan dari kegiatan eksploitasi yang diktatorial, dari aspek ekonomi dan sosial nantinya juga akan dirugikan.

Permasalahan

1.     Seperti apa pengaruh yang ditimbulkan dari eksploitasi SDA?

Tujuan

            Mempelajari dan mengenali mirip apa dampak dari adanya eksploitasi sumber daya alam yang terus dilakukan sampai saat ini.

 

SOLUSI DAN PEMBAHASAN

            Menurut Hendra dan Halimah pada tahun 2009 pembangunan akan menawarkan perkembangan dari penduduk namun juga harus disadari sedikit banyak pembangunan juga menjinjing aneka macam problem dengan mengembangkan keperluan akan sumber daya alam. Kekurang bijakan dalam pengelolaan dapat memiliki dampak terhadapap lingkungan.

  Peranan Kimia Hijau Dalam Kehidapan

A.    Dampak dari Eksploitasi SDA

            Menurut Kamarudin dan kawan kawannya ada beberapa langkah-langkah insan yang mengancam lingkungan serta pengelolaan sumber daya alam yang kurang tepat, di antaranya:

1.   Pertama, penggunaan energi dan sumber daya secara berlebihan. Energi diharapkan dalam buatan, transportasi, dan rumah tangga. Namun, banyak energi yang mampu melaksanakan pekerjaan berguna terbuang tidak berguna oleh insan. Misalnya, alih-alih menggunakan transportasi umum, kendaraan beroda empat eksklusif yang dipakai menghabiskan banyak bahan bakar. Demikian pula perlengkapan rumah tangga dibiarkan berlangsung, bahkan saat tidak ada yang menggunakannya.

2.    Kedua, penipisan sumber daya. Sumber daya yakni hal-hal di lingkungan yang siap dipakai insan atau mampu dipakai di kala depan. Minyak dan batubara adalah sumber daya mirip halnya mineral, hewan dan pohon. Semua sumber daya di bumi terbatas dan banyak di antaranya seperti mineral dan bahan bakar fosil, tidak dapat diperbarui. Jadi, sumber daya tersebut dapat habis segera kalau penggunaannya yang tidak bijaksana, tidak dikelola pemakaiannya dan tidak mereka lestarikan.

3.    Ketiga, industrialisasi. Peningkatan produksi adalah keharusan untuk mendapatkan kemudahan kehidupan yang lebih baik. Untuk tujuan ini manusia sudah mempopulerkan industri. Energi diperoleh dari materi bakar fosil, banyak bahan kimia juga digunakan. Asap, air yang tercemar, limbah dan yang lain dari pabrik ialah sumber utama degradasi lingkungan.

4.    Keempat, urbanisasi. Daya tarik dan fasilitas yang lebih baik, serta kondisi kehidupan menciptakan orang lebih menentukan menetap di kota dibandingankan tinggal di desa. Karena mengikuti gaya tersebut, banyak duduk perkara berkembangsetiap harinya, seperti meningkatnya jumlah kendaraan di jalan, polusi bubuk dan asap kendaraan, lebih banyak rumah diperlukan, tanah pertanian yang berguna dipakai untuk koloni perumahan, limbah rumah tangga dan industri menjadikan polusi udara, air dan tanah.

  Peranan Biomassa Dalam Energi Hijau

5.   Kelima, penipisan lapisan ozon. Ozon adalah gas yang datang dalam bentuk amplop di sekeliling bumi di atmosfer bagian atas. Lapisan ini menangkal radiasi ultra-violet dari matahari untuk meraih bumi. Klorofluorokarbon dilepaskan dari lemari es, AC dan kaleng semprotan. Zat kimia ini bereaksi dengan ozon dan mengakibatkan penipisan dan penghancuran lapisan ozon. Akibatnya, radiasi ultraviolet mampu meraih bumi. Radiasi mampu mengakibatkan penyakit mata dan kanker.

6.    Keenam, efek rumah beling dan pemanasan global [34]. Radiasi yang datang dari matahari mampu masuk ke selang hijau, tetapi gelombang panas yang memiliki panjang gelombang lebih lama, tidak mampu keluar darinya. Ini menghasilkan peningkatan suhu rumah kaca. Karena industrialisasi, proporsi beberapa gas di udara seperti karbon dioksida, klorofluorokarbon dan metana telah meningkat. Kehadiran gas-gas ini di udara dalam proporsi yang lebih tinggi menciptakan efek rumah kaca. Karena efek tersebut, suhu bumi berkembangsehingga terjadi pemanasan global.

7.   Ketujuh, pertanian mekanis. Pertanian dengan mesin atau memanfaatkan mesin, pupuk dan pestisida. Tidak diragukan lagi, ini
meningkatkan produksi tanaman dan masakan, tetapi pada dikala yang sama sudah memperdalam dilema lingkungan.

8.   Kedelapan, deforestasi. Hutan ialah kekayaan besar kita dan penting dalam menenteng perubahan iklim, menghentikan angin puting-beliung dan menenteng hujan. Hutan menangkal abrasi tanah, dan menawarkan habitat bagi aneka macam macam kehidupan liar. Deforestasi memiliki banyak imbas jelek kepada lingkungan sebab habitat satwa liar dihancurkan, meyebabkan terjadinya pergeseran iklim dan cuaca, serta keadaan tanah tidak subur lagi.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

            Pembangunan akan memberikan kemajuan dari penduduk tetapi juga harus disadari sedikit banyak pembangunan juga membawa aneka macam masalah dengan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya alam. Kekurang bijakan dalam pengelolaan mampu memiliki dampak terhadapap lingkungan. Kekurang bijakan dalam pengelolaan mampu memiliki pengaruh terhadapap lingkungan.

  Industri Kimia Dan Pengelompokannya

            Dampak dari pengelolaan sumber daya alam yang kurang tepat:

1.     Penggunaan energi yang berlebihan yang membuat energi tersebut terbuang sia-sia

2.     Penipisan sumber daya jikalau penggunaannya tidak bijaksana

3.     Industrialisasi penggunaan materi kimia yang mampu menciptakan tercemarnya lingkungan

4.     Kegiatan urbanisasi yang membuat makin banyaknya polusi di kota

5.     Penipisan lapisan ozon yang mampu menjadikan penyakit mata dan kanker

6.     Efek rumah beling yang menciptakan suhu bumi meningkat sehingga terjadi pemanasan global

7.     Pertanian mekanis yang menggunakan pestisida yang memperdalam persoalan lingkungan

8.     Deforestasi yang membuat hutan menjadi hilang kesudahannya perubahan iklim dan cuaca, serta keadaan tanah tidak subur lagi.

            Saran aku bila ingin melaksanakan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) kita harus menimbang-nimbang efek dari kegitan tersebut, supaya kita paham dan dapat menangani pengaruh tersebut dengan teliti. Walaupn disisi lain pemanfaatan sumberdaya alam mempunyai sungguh banyak laba. Maka dari itu pemanfaatan sumber daya alam harus dengan cermat dan bijak.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kamarudin, Ahmad Sehri, Juhrah M. Arib, Muhammad Hasdin Has, Sabil Mokodensho. 2020. Dampak Pencemaran Lingkungan dan Eksploitasi Sumber Daya Alam: Beberapa Pandangan Al-Alquran. Palu: Institut Agama Islam Negeri Datokrama Palu. Dalam https://osf.io/preprints/n4xjm/ (Di saluran pada 30 Oktober 2021)

Prakoso Dhanang Wibowo. 2016. Dampak Eksploitasi Pasir Trass Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan (Studi Kasus di Desa Ngogung, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo). Malang: Universitas Brawijaya. Dalam https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3118 (Di kanal 30 Oktober 2021)

Riogilang Hendra, Halimah Maslon. 2009. Pemanfaatan Limbah Tambang Untuk Bahan Konstruksi Bangunan. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado. Dalam https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/EKOTON/article/view/287 (Di jalan masuk 30 Oktober 2021)