Pemahaman Manajemen Berdasarkan Para Ahli Beserta Arti Dan Definisinya

Pengertian administrasi – Apa itu manajemen? Kita tentu sering mendengar istilah manajemen, berhubungan dengan ungkapan perkantoran, perjuangan, dan pemerintahan. Arti administrasi memang mampu didefinisikan sebagai kegiatan untuk memutuskan tujuan dan cara-cara penyelenggaraan pelatihan dalam forum atau organisasi tertentu pada banyak sekali bidang, termasuk perkantoran, kepegawaian dan pemerintahan.

Dalam ilmu manajemen, pasti memiliki fungsi dan tujuan yang penting dalam suatu perjuangan atau aktivitas tertentu. Fungsi manajemen antara lain dipakai sebagai fungsi penyusunan rencana, fungsi penyusunan, fungsi kordinasi, fungsi laporan, fungsi penyusunan budget, fungsi penempatan, fungsi pengarahan, dan sebagainya.

Adapun bagian-komponen administrasi mencakup organisasi, manajemen, komunikasi, kepegawaian, keuangan, perbekalan, tata perjuangan, dan korelasi publik. Hal-hal tersebut menjadi komponen penting dalam ilmu administrasi yang terdapat dalam aneka macam bidang, baik pemerintahan, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain.

Ciri-ciri manajemen antara lain adanya kalangan manusia dua orang atau lebih, serta terdapat kerja sama, proses atau perjuangan, bimbingan dan kepengawasan, serta tujuan yang ingin dicapai. Ilmu manajemen sungguh penting guna membuat perencaan dan meningkatkan produktivitas di berbagai lingkungan kerja.

(baca juga pengertian kewirausahaan)

pengertian administrasi

Pengertian Administrasi

Di bawah ini akan dijelaskan pemahaman manajemen, baik berdasarkan KBBI, menurut pertimbangan dari para ahli, atau definisinya secara umum.

Arti Administrasi Menurut KBBI

Pengertian administrasi berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu usaha dan acara yang mencakup penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Administrasi juga dapat diartikan selaku perjuangan dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan tata perjuangan.

  Jenis Kegiatan Produksi Menurut Bidang Usahanya

Definisi Administrasi Secara Umum

Pengertian administrasi secara biasa adalah usaha atau acara yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk meraih tujuan. Yang tergolong dalam kegiatan manajemen antara lain yakni aktivitas mencatat, menyurat, pembukuan ringan, mengetik, menciptakan acara, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan di aneka macam bidang.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa pemahaman dan definisi manajemen berdasarkan usulan dari para andal dan pakar, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Menurut George R. Terry

Pengertian manajemen berdasarkan George R. Terry ialah suatu kegiatan penyusunan rencana, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Arthur Grager

Definisi administrasi menurut Arthur Grager adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat sebuah organisasi.

Menurut Ulbert

Arti manajemen ialah penyusunan dan pencatatan data atau gosip secara sistematis, baik internal maupun eksternal selaku upaya untuk menyediakan keterangan serta mempermudah untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Jika diringkas, manajemen disebut juga dengan perumpamaan tata usaha.

Menurut Sondang P. Siagian

Pengertian administrasi secara biasa yaitu segala bentuk dari proses koordinasi antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.

Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Pengertian administrasi yakni suatu bab dari ilmu administrasi yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut mesti dikerjakan.

Menurut Munawardi Reksohadiprowiro

Administrasi dalam arti sempit diartikan selaku pemerintahan, tergolong tiap pengaturan secara sistematis serta penentuan fakta dan ditulis dengan tujuan mendapatkan persepsi yang komprehensif dan keterkaitan antara fakta dengan fakta lain.

  18+ Aspek Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha Beserta Klarifikasi

Menurut Leonard D. White (1958)

Pengertian administrasi berdasarkan Leonard D. White merupakan proses yang umum di semua upaya kelompok, baik di perusahaan publik atau pun swasta.

Menurut Wiliaw H. Newman (1963)

Definisi manajemen menurut Newman yakni kepemimpinan dan pengawasan golongan usaha individu untuk meraih tujuan bareng .

Menurut W.H. Evans

Arti manajemen ialah fungsi yang berhubungan dengan administrasi dan arah semua tahap operasi perusahaan dalam bahan pembuatan gosip, komunikasi, dan memori organisasi.

Menurut FX Soedjadi (1989)

Definisi administrasi secara singkat diartikan sebagai suatu aktivitas mekanisme dalam perjuangan perkantoran, di antaranya ialah mencatat, mengetik, menjiplak, dan sebagainya.

Menurut Soewarno Handayaningrat

Administrasi diartikan selaku suatu acara perkantoran yang mencakup catatan, korespondensi, pembukuan ringan, ketik-mengetik, sehingga acara teknis dan administratif.

Menurut John M. Pfiffer dan Robert V

Pengertian administrasi di bidang kenegaraan yaitu proses yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah, keterampilan bimbingan dan teknik-teknik yang tidak terbatas jumlahnya, memperlihatkan arah dan tujuan untuk mencoba sejumlah orang.

Menurut Simon (1958)

Pengertian manajemen berdasarkan Simon (1958) diartikan sebagai suatu acara kalangan yang menyelenggarakan kerjasama untuk menuntaskan tugas gotong royong.

Menurut The Liang Gie

Definisi manajemen secara luas diartikan sebagai serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam sebuah kemitraan untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Wijana

Menurut Wijana, pengertian manajemen di bidang pemerintahan ialah kumpulan seluruh organ-organ negara baik yang rendah atau tinggi, yang bertugas mengadakan pelaksanaan pemerintahan serta kepolisian.

Menurut Ordway Tead (1953)

Administrasi didefinisikan sebagai usaha yang luas yang meliputi semua bidang untuk memimpin. mengusahakan, menertibkan acara koordinasi insan yang dtujukan pada tujuan dan maksud tertentu.

  Sebutkan Tiga Produk Pertanian Dan Perkebunan Yang Menjadi KesempatanKeunggulan Indonesia!

Nah demikian acuan pengertian manajemen menurut para hebat serta arti dan definisi manajemen secara biasa . Semoga mampu menjadi perhiasan acuan dan memperbesar pengetahuan wawasan.