Goresan Pena Arab Qalqalah Sugra Dan Artinya

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saya ini sedang mencar ilmu membaca Al-Quran. Dalam berguru Al-Alquran tersebut saya pun sedikit banyak mengenal perumpamaan tajwid. Saya mau tanya goresan pena arab qalqalah sugra dan artinya. Mohon diterangkan ya pak.

Jawab :

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Penting sekali untuk kita mencar ilmu bagaimana cara membaca Al-Alquran. Dengan kita bisa membaca Al-Alquran maka kita telah menyanggupi salah satu keharusan selaku seorang muslim yang baik. Kita mampu baca Al-Alquran dengan baik. Setelah itu tinggal dipraktekan ilmunya.

Memang, bila ingin bisa membaca Al-Alquran dengan baik maka perlu yang namanya berguru ilmu tajwid. Itulah ilmu yang dengannya seseorang bisa membaca Al-Quran secara tartil. Di dalam ilmu tajwid terdapat istilah-istilah penting yang mesti kita pahami.

Satu diantara ungkapan tersebut yakni qalqalah sugra. Terkait dengan bagaimana tulisan arab qalqalah sugra mampu disimak berikut.

Quran tersebut saya pun sedikit banyak mengenal istilah tajwid Tulisan Arab Qalqalah Sugra Dan Artinya

Sedangkan untuk arti dari qalqalah sugra ialah abjad hijaiyah bersukun yang dibaca memantul secara ringan. Biasanya huruf tersebut posisinya ada di tengah ayat Al-Alquran. Banyak sekali ayat Al-Alquran yang ada aturan qalqalah sugra ini.

Diantara misalnya ialah pada Surat Al-Alaq ayat 1:

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ

dan juga pada Surat Al-Ikhlas ayat 3:

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

Demikianlah penjelasan kami biar berguna. Wallahu a’lam.

  Kerangka Pada Tempat Sampah Dari Koran: Penggunaan Bahan Yang Ramah Lingkungan