Kemukakan Beberapa Problem Yang Muncul Dalam Kmb

Konferensi Meja Bundar merupakan upaya diplomasi yang dilaksanakan Republik Indonesia untuk menerima pengakuan dari Belanda atas kedaulatan Negara Republik Indonesia. Kemukakan beberapa persoalan yang muncul dalam KMB!

Jawab:

Berikut beberapa masalah yang muncul dalam KMB.

  1. masalah istilah akreditasi kedaulatan dan penyerahan kedaulatan, 

  2. duduk perkara Uni Indonesia-Belanda, dan 

  3. persoalan hutang.


Pembahasan

Perjuangan kemerdekaan Indonesia ditandai dengan berbagai cara, baik yang bersifat diplomasi maupun militer.  Konferensi meja bulat atau KMB merupakan salah satu langkah politik yang ditempuh untuk merdeka.


Namun di dalam konferensi tersebut terdapat tiga dilema yang dihadapi oleh Indonesia. 


Berikut ini merupakan penjelasan mengenai beberapa masalah yang timbul dalam KMB.


Masalah Kedaulatan

Terdapat perbedaan pendapat antara Indonesia dengan Belanda. Penyerahan kedaulatan tersebut berlainan rancangan antara Indonesia dengan Belanda. Indonesia menginginkan bahwa adanya pengukuhan kedaulatan dari Belanda dan dunia kepada negara Indonesia.


Uni Indonesia-Belanda

Berikutnya yakni bentuk koordinasi antara uni Indonesia dengan Belanda. Indonesia menghendaki diri selaku negara yang berdaulat. Sedangkan Belanda menginginkan bahwa Indonesia ialah satu negara namun dibawah pimpinan tertinggi adalah ratu Belanda. 


Masalah Hutang

Selama perang kolonial, Belanda membutuhkan ongkos yang sangat besar. Sehingga Belanda memiliki banyak hutan balasan perang yang mereka lakukan. Belanda menghendaki bahwa seluruh hutang hutang tersebut ditanggung oleh Indonesia. 


Itulah beberapa dilema yang dihadapi dalam KMB.


Terimakasih telah berkunjung ke . Semoga menolong. 


  Presiden Sukarno Dibawa Ke Padang