Komponen-Unsur Dan Fungsi Sistem Komputer

Unsur-komponen Dan Fungsi tata cara komputer 
a. Hardware
POWER SUPPLY
Berupa kotak tegangan listirik yang melekat pada bagian belakang setiap CPU Komputer dan mempunyai kabel power yang mau disambungkan ke komponen hardware yang ada di dalam CPU. Power supply ini juga menyuplai listrik energi untuk satu atau lebih beban energi.
Fungsi
  • Mengubah tegangan AC menjadi DC
  • Menyuplai tegangan listrik DC ke unsur yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard.
  • Mengendalikan arus listrik/tegangan agar tetap terjaga.
MOTHERBOARD
Berbentuk papan (board) elektronika utama yang mempunyai beberapa slot perorangan yang bisa dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card, display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada mother board, terdapat slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1. Motherboard memiliki berbagai macam soket yang berlawanan-beda, sesuai dengan kemajuan jenis prosesor.
Fungsi
  • Tempat menaruh atau memasang banyak sekali unsur, misalnya prosesor,memori,sound card, vga card, dsb.
  • Media transfer data dari komponen yang melakukan pekerjaan di dalam komputer.
  • Mengatur daya listrik pada setiap unsur pada motherboard
PROSSECOR (CPU)
Adalah bagian berbentukchip atau IC berbentuk persegi empat yang ialah otak dan pengendali proses kinerja komputer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor yakni MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, kian cepat proses eksekusi pada komputer.
Fungsi
  • Tempat mengendalikan semua kode program pada komputer.
  • Pengelola semua kegiatan kinerja di dalam komputer.
HARDDISK
Adalah bagian yang berupa persegi empat yang berisi platter atau piringan yang seperti dengan piringan hitam, head, papan elektro, motor penggerak, dan unsur yang lain, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang berpengaruh.
Fungsi
  • Salah satu alat booting computer.
  • Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer
  • Media penyimpanan semua data dalam kapasitas yang besar pada komputer
VIDEO ADAPTOR (GPU)
Merupakan bagian hardware komputer yang menghubungkan perlengkapan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer usang, pemrosesan grafis dijalankan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer ketika ini, telah didesain unsur hardware video adaptor dengan mempunyai prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan memori internal sehiingga beban kinerja prosesor utama menjadi lebih menyusut.
Fungsi
  • Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berbentuklayar/monitor
  • Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan mutu warna yang terbaik.
  • Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows) dan software aplikasi 2D dan 3D
  • Menunjang penggunaan computer untuk games yang dikala ini sudah banyak berbasis pada software games 3D
  • Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD dan DVD
SOUND CARD
Merupakan komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB card (printed circuit board) yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan mempunyai empat bagian utama untuk menerjemahkan analog dan digital.
Fungsi
  • Mengolah data berbentukaudio atau bunyi.
  • Sebagai penghubung output audio ke speaker
  • Sebagai penghubung input suara ke computer melalui mikrofon.
  Teori Pertumbuhan Yang Sering Menjadi Contoh Dalam Bidang Pendidikan
HEATSINK FAN (HSF) atau COOLING DEVICE
Merupakan peralatan pendingin yang berbentuk kotak atau lingkaran, yang yang dibuat dari bahan alumunium dan di atasnya terdapat kipas yang akan berputar saat computer menyala. HSF menjadi kebbutuhan pokok dalam computer alasannya hampir semua komponen hardware computer di dalam casing memakai HSF masing-masing, mulai dari prosesor, VGA card, dn Harddisk yang berlomba-lomba menawarkan kemudahan komponen HSF yang berkualitas tinggi dalam bersaing di pasaran.
Fungsi
  • Pendingin pada hardware yang di atasnya ditaruh HSF.
  • Prosesor tidak akan berfungsi kalau tidak ada heatsink fan di atasnya.
  • Penyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor ketika bekerja dan dilengkapi dengan kipas pendingin di atasnya supaya suhu pada prosesor tetap stabil.
  • Penjaga sirkulasi udara di dalam casing.
CASING
Adalah otak pembungkus atau tempat menaruh komponen hardware pemrosesan yang berfungsi melindungi komponen hardware dari gangguan luar. Pada lazimnya casing sering disebut dengan CPU.
Fungsi
  • Tempat menaruh unsur hardware, contohnya power supply, motherboard, floppy disk, CD-Rom, DVD-Rom.
  • Penentu kinerja sistemkarena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware.
  • Pendukung tampilan computer. Jika casing memiliki rancangan yang menawan, seseorang akan lebih senang dan bersemangat untuk bekerja dengan computer.
Software
Merupakan acara yang berisi kode atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melaksanakan acara mirip menghitung, menggambar, dan menghasilkan bunyi. Sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.

B. Software
1. Sistem Operasi 
Operating system (OS) atau yang sering di sebut metode operasiadalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk melaksanakan dan mengoperasikan komputer .
Sistem Operasi secara lazim berisikan beberapa bagian:
  • Mekanisme Boot, yaitu menaruh kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari suatu Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yakni yang menawarkan kumpulan fungsi dasar dan patokan yang mampu diundang oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Sebagian Sistem Operasi cuma mengizinkan satu aplikasi saja yang berlangsung pada satu waktu (contohnya DOS), namun sebagian besar Sistem Operasi gres mengijinkan beberapa aplikasi berlangsung secara simultan pada waktu yang serentak. Sistem Operasi mirip ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (contohnya keluarga tata cara operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibentuk dengan perkiraan bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut selaku Desktop OS, sedangkan tipe kedua yaitu Real-Time OS, contohnya yaitu Windows, Linux, Free BSD, Solaris,palm, symbian, dan sebagainya.
Perkembangan Sistem Operasi
Perkembangan metode operasi Berawal dari altair,yakni perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang menggunakan tata cara operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada tahun 1981 hingga MS-DOS model 5.0 pada tahun 1991 dan hingga sekarang ini microsoft telah mengeluarkan beberapa tata cara operasi mulai dari Ms-windows,windows97,windows98,windows98Me,Windows2000.Windows ME,Windows XP dan yang paling modern ialah windows vista yang populer dengan tatatp mukanya 
2. Aplikasi 
Aplikasi Komputer atau Aplikasi Software yaitu Program komputer yang ditulis dalam sebuah bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menuntaskan problem tertentu.
Contoh aplikasi computer :
Aplikasi Grafik
Aplikasi komputer grafik permulaan perkembangannya dimulai pada tamat tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan sebuah acara komputer yang digunakan dengan mempesona sebuah gambar yang memperlihatkan dimensi gres pada bidang komputer saat itu.
Ada 2 cara kasatmata yang mampu memasukkan info grafik ke dalam komputer menjadi sebuah aplikasi, ialah :
  • Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.
  • Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan memakai mouse.
  Unsur Kemampuan Manajemen Kelas
·Animasi
Merupakan bentuk seni yang tampak secara impulsif mengakibatkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Untuk mencapai efek tersebut, animator mesti membangun rangkaian frame/gambar dari suatu subyek, yang setiap frame selanjutnya sedikit berlawanan dari frame sebelumnya.
Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berlainan untuk menciptakan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya adalah animasi tiga dimensi (3D). Satu ketimbang tekniknya yakni dengan mencipta objek yang kemudian diadaptasi dan digerakkan, di mana karenanya akan menciptakan animasi 3D yang lengkap. Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer yaitu dengan memakai alat pengecatan komputer yang standard untuk mengecat frame-frame tunggal sebelum dikerjakan proses penggabungan. Ini kemudian disimpan selaku suatu file gambar (movie).
Aplikasi Web
Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang menunjukkan pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
WWW yakni aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut “The Killer Application” atau “the world is at your fingertip” sebab kita bisa mendapatkan hasil dengan begitu mudah dan bukan sekadar teks yang mampu kita peroleh tetapi gambar (images), maupun multimedia.
· Aplikasi Pendidikan
* Computer Assisted Instruction (CAI)
Komputer secara pribadi dipakai dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku.
Beberapa aplikasi CAI yakni :
  • Drill and Practice
  • Tutorial
  • Simulasi
* Computer Managed Instruction (CMI)
Para pengajar memanfaatkan komputer untuk mempersiapkan kuliah, diubahsuaikan dengan keadaan para siswa, yang berisikan acara mencar ilmu dengan santunan komputer, membaca, dan ujian.
DBMS
Komputer juga dapat dipakai secara efektif dalam bisnis managemen. Melalui komputerisasi data base management system (DBMS) dan SIM, seorang manajer atau eksekutif perusahaan mampu dibantu dalam membuat keputusan tentang seluruh operasi usahanya dan dapat memperlihatkan tutorial dan kode terhadap bawahannya.
  • Aplikasi untuk kelas tertentu
  • Air Traffic Control System
  •  Airline Reservation Systems
Setiap bisnis, besar atau kecil, memproses sejumlah data yang besar dalam operasi hariannya. Data diperoleh dari payroll, faktur customer dan rekening keuangan, inventaris manajemen, dan rekening ongkos customer yang semuanya harus dikalkulasi, disimpan, diklasifikasikan, disortir, diretriev, diproses kembali, dilaporkan, dikomunikasi dan disebarkan pada sebuah waktu. Pemrosesan data mirip itu diketahui selaku Business Data Processing atau Data Processing (DP). Jika pemrosesan ini dilakukan dengan komputer, hal ini diketahui dengan Electronic Data Processing (EDP).
C. Programming
Bahasa Pemrograman ialah sebuah metode komunikasi yang berupa kode-arahan ( perintah ) untuk menuntaskan masalah. acara pasang pada suatu metode komputer untuk melakukan / menjalankan perintah-perintah yang ada dalam acara tersebut untuk menunjukkan suatu hasil atau output mirip yang harapkan.
dalam pengertian luas, pemrograman mencakup seluruh acara yang mencakup pembuatan acara, perencanaandan perwujudan. arti sempitnya pemrograman ialah pengkodean atau sering di istilahkan dengan Coding, dan juga pengujianberdasarkan desain tertentu. Pengelompokan Bahasa pemrograman sebagai berikut : Bahasa Mesin ( GENERASI PERTAMA ) adalah bahasa internal komputer yang meng-ekskusi secara pribadi tanpa translation. bahasa Mesin ialah bahasa pemrograman yangpaling awal, dikembangkan tahun 1940 hingga 1950-an bentuk bahasa pemrograman abad ini masih mempunyai banyak kelemahan diantaranya menyita waktu dan bersifat aman untuk menciptakan suatu kesalahan tidak standart dan sungguh bergantung pada komputer, karena akan mempunyai perbedaan pada setiap komputer
D. Data
Dalam ilmu komputer, data yakni info yang cocok digunakan dengan komputer. Datasering dibedakan dari program. Program sendiri yakni kumpulan aba-aba perihal detil pekerjaan yang harus dikerjakan komputer. Sedangkan data ialah segala sesuatu yang bukan merupakan isyarat program tetapi digunakan dalam komputasi acara.
Contohnya :
  • Data dokumen teks. File ini biasanya hasil dari aplikasi pengolah teks atau goresan pena dan ditandai dengan ekstensi .doc, .txt, . xls, .ppt, .rtf, dan lain sebagainya.
  • Data dokumen digital. File-file ini merujuk pada dokumen digital yang saat ini sungguh terkenal di dunia, seperti .pdf contohnya.
  • Data gambar atau digital image berjenis bitmap. Pada umumnya file-file ini berekstensi .bmp, .png, .jpg, .gif, .ico, dan lain-lain.
  • Data gambar digital berjenis vektor. File-file ini diciptakan oleh software rancangan grafis berbasis vector seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator. Beberapa ekstensi yang cukup terkenal antara lain .cdr, .ai, .eps, dan lain sebagainya.
  • Data multimedia. Tipe data ini berbentuk video ataupun audio, dan mampu dimengerti dengan ekstensinya mirip .mp3, .wav, .mpg, .wmv, .avi, dan sebagainya.
  • Data system. Sistem operasi mirip Windows sungguh bergantung dengan tipe file ini, yang ditunjukkan dengan ekstensi .com, .exe, .sys, .dll, .ini, dan sebagainya.
  • Data video yang diambil memakai ponsel. Saat ini, video-phone sungguh populer sehingga sangat gampang ditemukan file-file yang merujuk pada teknologi video ponsel ini mirip misalny .3gp, .mp4, dan lain sebagainya.
  Definisi Manajemen Keuangan
D. User
User ialah bab yang sangat penting dari suatu metode opreasi, alasannya user adalah bagian dari tata cara komputer yang dihubungkan oleh metode operasi agar dapat mengerjakan perintah-perintah atau arahan-arahan yang diberikan oleh user.User berperan penting karena user yakni pemegang kekuasaan penuh kepada metode operasi, kalau terjadi kesalahan aba-aba maka sebuah sistem operasi bisa mengalami crash atau kerusakan. Dalam linux user terbagi menjadi dua bagian, yakni super user (root) dan user umumyang tergolong dalam golongan/group users. User root adalah Super User dalam sebuah sistem linux, setiap mesin linux niscaya memiliki user root, user ini sungguh tidak diusulkan untuk pemakaian sehari-hari dikarenakan user ini mempunyai semua susukan ke semua system file dalam linux. Ini akan sangat berbahaya bila terjadi kesalahan dalam pemakaiannya.