Mengetahui Fungsi Dasar Negara

Setiap negara pasti mempunyai dasar guys, tak terkecuali Indonesia. Memang gak boleh ya negara gak punya dasar?. 

Walah, ya ada dasar aja telah mulai semrawut balau gini terlebih yang gak punya gan!. Dasar negara ialah filosofi kehidupan warga negara tersebut jadi mesti ada. 

Dasar negara Indonesia yaitu Pancasila dan tidak mampu dirubah lagi. Saya gak akan diskusikan Pancasila disini namun akan menjelaskan wacana fungsi dasar negara itu sendiri. Pada biasanya dasar negara digunakan untuk fungsi-fungsi berikut:


a. Dasar bangkit dan tegaknya negara

Pemikiran yang mendalam terkait dasar neara itu umumnya lahir ketika bangsa hendak mendirikan negara guys. Makara bangsa itu cikal bakalnya suatu negara. 

Oleh sebab itu dasar negara berfungsi selaku dasar berdirinya suatu negara. Setelah negara berdiri dasar negara diharapkan mampu menjadi landasan bagi pengelolaan negara yang bersangkutan.


b. Dasar penyelenggaran negara

Artinya dasar negara adalah tutorial manajemen rumah tangga itu sendiri guys. Negara diresmikan untuk mewujudkan keinginan masyarakatnya. 

Nah semoga para pelaku pemerintahan betul-betul fokus mengurus negara maka semua tata lakunya harus berpijak pada dasar negara jangan menyeleweng.


c. Dasar partisipasi warga negara

Semua warga negara punya hak dan keharusan sama untuk memeprtahankan negara dan ikut serta dalam upaya mencapai tujuan negara. 

Dalam memakai hak dan menunaikan kewajibannya itu semua warga negara mesti berpijak pada dasar negara.


d. Dasar pergaulan antar warga negara

Tata laku atau pergaulan antar warga negara harus berpijak pada dasar negara guys. Kaprikornus kita selaku WNI harus mempunyai filosofi Pancasila dalam berkehidupan. Kalau kau korupsi mempunyai arti kamu sudah melanggar sila Pancasila. 

Kamu sering mencibir ornag bermakna kau tidak mengamalkan sila kedua. Itulah fungsi Pancasila sebagai dasar tata laris kehidupan penduduk Indonesia.


e. Dasar dan sumber hukum nasional

Semua aktifitas penyelenggaraan negara harus didasarkan pada hukum yang berlaku. Semua peraturan perundang-undangan yang dibuat untuk penyelenggaraan negara harus berdasarkan pada dasar negara.

 Memang gak boleh ya negara gak punya dasar Memahami Fungsi Dasar Negara
Pancasila dasar negara Indonesia
Sebagai sebuah pedoman filsafat maka dasar negara ini mampu:

1. menyatukan bangsa, memelihara dan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa utamanya bagi masyarakat heterogen yang sering terancam oleh disintegrasi.

2. membimbing dan mengarahkan bangsa menuju maksudnya. Dasar negara memberi citra keinginan bangsa sekaligus menjadi sumber motovasi dan tekad usaha mencapai harapan, menggerakan bangsa melaksanakan pembangunan

3. memberikan tekad untuk memelihara dan menyebarkan identitas bangsa. Dasar negara memberi gambaran identitas bangsa Indonesia.

4. menyinari kenyataan yanga da dan kritis terhadap upaya perwujudan impian yang terkandung dalam dasar negara.