Pengertian Teks Eksplanasi & Misalnya

Pelajarancg: Teks eksplanasi yaitu teks ataupun naskah yang menjelaskan perihal proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam maupun insiden sosial. Pada teks eksplanasi, suatu peristiwa terjadi alasannya adalah ada kejadian yang lain sebelumnya, dan insiden tersebut akan menimbulkan insiden lain lagi sesudahnya.

Pelajari: 3 CONTOH TEKS PROSEDUR

 Teks eksplanasi adalah teks ataupun naskah yang menjelaskan mengenai proses terjadinya at PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI & CONTOHNYA

Adapun cara memilih naskah eksplanasi mampu dipelajari dari struktur juga kaidah kebahasaan teks tersebut. Struktur teks eksplanasi ialah pernyataan biasa , deretan penjelas, dan epilog. Pernyataan umum pada teks maupun naskah eksplanasi merupakan bab pembuka. Deretan penjelas ialah isi dari teks tersebut. Sedangkan epilog berisi kesimpulan dari isi teks.

Perhatikan acuan penjelasan Struktur berikut:

  • Pernyataan lazim berisi berita singkat ihwal apa yang mau dibicarakan atau diinformasikan.
  • Deretan penjelas berisi urutan uraian atau klarifikasi wacana proses dari insiden yang terjadi dan diterangkan secara bertahap atau berurutan.
  • Penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi atau pertimbangan singkat penulis ihwal topik yang dijelaskan.

Gunung meletus adalah fenomena alam yang disebabkan oleh endapan magma yang ada di dalam perut bumi. Gas yang ada tersebut lalu akan memancar ke luar dengan kekuatan yang besar. Kemudian gas-gas yang disemburkan keluar dari gunung berapi juga menjinjing benda-benda yang lain seperti bebatuan dan batu. Peristiwa ini mengakibatkan gunung meletus sebagai salah satu musibah yang berbahaya bagi penduduk Indonesia khususnya bagi warga yang tinggal disekitarnya.

Dari teladan soal diatas kau dapat melihat kaidah kebahasaan teks eksplanasi dengan tema teks terbentuknya sebuah fenomena alam dalam naskah bacaan Teks eksplanasi.

Setelah melihat acuan teks eksplanasi tersebut, saatnya kau latihan menjalankan dari contoh-contoh soal dibawah pelajarancg.blogspot.com:

  Jenis-Jenis Dongeng Dan Contoh Kisah (Fabel, Legenda, Mite, Sage)

1. Tentukan struktur eksplanasi dari teks berikut!

Gunung meletus yakni fenomena alam yang disebabkan oleh endapan magma yang ada di dalam perut bumi. Gas yang ada tersebut lalu akan menyembur ke luar dengan kekuatan yang besar. Kemudian gas-gas yang disemburkan keluar dari gunung berapi juga menenteng benda-benda lainnya mirip bebatuan dan batu. Peristiwa ini menimbulkan gunung meletus sebagai salah satu petaka yang berbahaya bagi penduduk Indonesia terutama bagi warga yang tinggal disekitarnya.

2. Tulislah struktur teks kemudian pastikan naskah eksplanasi tersebut!