Apa Yang Dimaksud Dengan Cinta Tanah Air Dan Berikan Contohnya?

Yang dimaksud dengan cinta tanah air yaitu suatu kasih sayang dan sebuah rasa cinta kepada tempat kelahiran atau tanah airnya. Secara lebih kongkrit makna Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Rasa cinta tanah air biasanya telah mendarah daging dalam sebuah individu atau sekolompok orang, cinta tanah air mampu dikatakan sebagai cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi kepada Bahasa, lingkungan fisik, lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik bangsa.

Contohnya yakni Bangga selaku bangsa Indonesia, Bangga menggunakan dan mencintai produk buatan Indonesia, Mau dan bisa menjaga nama baik Indonesia, Mematuhi aturan dan peraturan yang berlaku, Manggunakan hak pilih saat pemilihan biasa , Menjaga kelestarian lingkungan hidup, Tidak membuang sampah asal pilih, dan Menciptakan kerukunan ditengah masyarakat yang bermacam-macam.

Untuk mempelajari lebih lengkap pembahasan soal materi PPKn tersebut, baca terus penjelasannya dalam artikel pelajarancg.blogspot.com

 tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau t APA YANG DIMAKSUD DENGAN CINTA TANAH AIR DAN BERIKAN CONTOHNYA?

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN CINTA TANAH AIR?

pelajarancg.blogspot.com, – Yang dimaksud dengan cinta tanah air yakni sebuah kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap kawasan kelahiran atau tanah airnya. Secara lebih kongkrit makna Cinta tanah air ialah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Rasa cinta tanah air umumnya telah mendarah daging dalam sebuah individu atau sekolompok orang, cinta tanah air bisa dibilang selaku cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap Bahasa, lingkungan fisik, lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik bangsa.

  Perhatikan Pernyataan Berikut! Menonton Televisi Bersama Keluarga.

Menurut Suyadi (2013:9) cinta tanah air merupakan sikap dan sikap yang merefleksikan rasa besar hati, setia, peduli dan penghargaan yang tinggi kepada bahasa, budaya, ekonomi, politik dan sebagainya, sehingga tidak akan tergiur dengan usulan bangsa lain yang dapat merugikan bangsa sendiri. Lebih kongkritnya cinta tanah air ialah suatu perilaku maupun perasaan yang muncul dari hati seseorang warga negara untuk mengabdi, memelihara, melindungi tanah airnya dari segala bahaya dan gangguan.

Contoh Sikap Cinta Tanah Air

Berikut ini yaitu contoh-teladan sederhana terkait perilaku cinta tanah air dan bangsa Indonesia:

1) Bangga sebagai bangsa Indonesia

Bangga selaku bangsa Indonesia, contohnya dengan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mencintai kebudayaan Indonesia seperti mengenakan batik dan pakaian budbahasa ketika perayaan juga menumbuhkan rasa cinta tanah air.

2) Bangga menggunakan dan mencintai produk buatan Indonesia

Menggunakan produk produksi dalam negeri merupakan pernyataan cinta tanah air. Dengan menggunakan produk dalam negeri, turut pula menolong perekonomian negara dan membuka lapangan kerja.

3) Mau dan mampu mempertahankan nama baik Indonesia

Apakah kau pernah bepergian keluar negeri? Jika iya, jaga nama baik Indonesia dengan mematuhi peraturan yang ada. Bila tujuan ke luar negeri untuk berwisata, jangan mengotori tempat wisat dan membuang sampah sembarang pilih.

Pelajari: HAK DAN KEWAJIBAN TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN BESERTA SUMBER DAYA ALAM

4) Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku

Patuhilah hukum yang berlaku. Misal dengan mematuhi peraturan lalu-lintas ketika berkendara.

5) Manggunakan hak pilih saat penyeleksian lazim

Bila kamu sudah mempunyai hak pilih, gunakan hak pilihmu ketika penyeleksian biasa untuk menentukan kepala tempat, anggota DPR/DPRD dan pemilihan presiden/wakil presiden.

  Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Bela Negara

6) Belajar dengan benar-benar

Belajar sangat-sunggguh di sekolah dan di rumah yakni cara untuk mencinta negeri ini. Mulailah dengan mempelajari hal-hal yang berguna untuk perkembangan dan pembangunan negeri.

7) Merawat dan tidak merusak akomodasi lazim

Jagalah akomodasi lazim seperti halte bus, rambu-rambu kemudian-lintas, terminal dan fasilitas transportasi umum mirip kereta api. Fasilitas biasa , dibandung dengan uang pajak warga negara. Peruntukan fasiltas lazim yaitu untuk menunjang kemakmuran penduduk .

8) Menjaga kelestarian lingkungan hidup

Jagalah pohon dan hutan. Pelihara kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah asal pilih.

9) Tidak membuang sampah asal pilih

Sampah dapat menjadikan tersumbatnya selokan yang mampu mengakibatkan banjir. Sampah juga menjinjing penyakit yang merugikan manusia. Dengan membuang sampah pada tempatnya, turut menjaga lingkungan dan fasilitas umum.

10) Menciptakan kerukunan ditengah masyarakat yang beragam

Menghargai perbedaan dilakukan sesuai norma dan hukum yang berlaku di masyakat dan negara. Bila ada perbedaan, musyawarah untuk mencapai mufakat adalah jalan terbaik. Sedari dini, perlu ditumbuhkan perilaku menghormati lain dengan baik tanpa menatap usia, agama, ras, dan budaya.

APA PERBEDAAN CINTA TANAH AIR, NASIONALISME, DAN PATRIOTISME

Setelah mempelajari pemahaman dari sebuah perilaku maupun perasaan yang timbul dari hati seseorang warga negara untuk mengabdi, memelihara, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan yang disebut dengan Cinta Tanah Air, mari pelajari perbedaan antara Nasionalisme dan Patriotisme.

Nasionalisme ialah suatu paham yang menilai bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap eksklusif diserahkan kepada negara kebangsaan atau nation state. Patriotisme berasal dari kata patria, artinya tanah air. Kata patria berkembang menjadi patriot yang memiliki arti seseorang yang mengasihi tanah air. Seorang patriotik yakni orang yang cinta pada tanah air dan rela berkorban untuk menjaga negaranya.

  Kesatuan Kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia Mencakup…

Pelajari: PENGERTIAN INTEGRASI NASIONAL

Arti dari cinta tanah air adalah cinta kepada Negara daerah kita dilahirkan, dibesarkan dan menemukan kehidupan di dalamnya. Karena dari Negara kita tersebut semua yang kita butuhkan akan kita dapatkan. Cinta tanah air ialah sama saja rela berkorban demi kepentingan Negara. Memajukan kehidupan bangsa, mencerdaskan diri demi ikut berpartisipasi dalam rangka proses pembangunan tanah air atau negaranya dari Negara yang kecil, berkembang sampai menjadi Negara yang maju.

Saya harap artikel ini berguna untuk Anda! khususnya bagi para pelajar yang gres mulai mempelajari soal pelajaran Sikap yang merefleksikan cinta Tanah Air dan misalnya dalam Mapel PPKn SMP/MTs Kelas 7. Para Pelajar tidak perlu gundah soal ini, mari kita berguru meskipun secara vitual atau online bersama Kurikulum pelajarancg.blogspot.com

Pelajarancg adalah Blog yang ditulis dengan tujuan membantu para pelajar juga siswa-siswa dalam mempelajari bahan-materi yang dipelajari di sekolah. Materi yang dimaksud adalah beragam bahan pelajaran sekolah secara lengkap dari berbagai tingkatan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, Sekolah Menengan Atas/MA/SMK hingga akademi tinggi.