Cara Analisis Interpretasi Data Dan Menawan Kesimpilan Penelitian

Cara Analisis Interpretasi Data dan Menarik Kesimpilan Penelitian

Langsung saja kita diskusikan bahan ini dengan uraian materi dibawah ini;
ANALISIS INTERPRETASI DATA
Setelah data diolah sedemikian rupa langkah selanjutnya yaitu melaksanakan analisis dan interpretasi data. Dalam melaksanakan kegiatan analisis, data yang ada disederhanakan sedemikian rupa sehingga gampang untuk dibaca dan diinterpretasikan. Proses analisis acap kali memakai statistik. Hal ini dijalankan dengan tujuan untuk menyederhanakan data penelitian yang jumlahnya relatif banyak sehingga menjadi lebih sederhana dan mudah diketahui.
Kegiatan analisis dalam penelitian sosial dapat dibagi dalam dua kelompok, yakni acara analisis untuk data kategorial yang umumnya menggunakan tabulasi silang dan kegiatan analisis untuk data bersambungan yang biasanya memakai beragam teknik statistik seperti distribusi frekuensi. Adapun data sambungan yang telah diformat menjadi data kategorial juga dapat memakai teknik tabulasi silang.
Cara Analisis Interpretasi Data dan Menarik Kesimpilan Penelitian Cara Analisis Interpretasi Data dan Menarik Kesimpilan Penelitian
Melalui aktivitas analisis itulah peneliti mampu menginterpretasikan banyak sekali data sehingga memiliki makna dan mudah dimengerti. Interpretasi data mampu dilakukan dengan dua cara. Pertama, interpretasi yang dilaksanakan secara terbatas, yakni peneliti hanya melaksanakan interpretasi kepada data dan relasi-relasi yang terdapat dalam penelitian. Dengan kegiatan mirip ini secara otomatis interpretasi dikerjakan serempak dengan acara analisis data. Kedua, interpretasi yang dikerjakan dengan cara mencari pemahaman yang lebih luas ihwal hasil-hasil penelitian yang diperoleh dari analisis. Kegiatan ini dikerjakan dengan cara membandingkan hasil analisisnya dengan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian lain dengan menghubungkan kembali hasil interpretasinya dengan teori yang ada.
MENARIK KESIMPULAN
Kegiatan analisis dan acara interpretasi merupakan landasan bagi peneliti dalam menawan sebuah kesimpulan. Sebelum melaksanakan penarikan kesimpulan, terlebih dahulu peneliti melaksanakan proses generalisasi. intinya generalisasi ialah sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pembentukan ide atau akhir lazim dari suatu hal. Proses generalisasi yang dilakukan harus mengacu pada teori yang mendasari penelitian tersebut. Berdasarkan generalisasi itulah suatu kesimpulan diambil. Dengan demikian, generalisasi dan penarikan kesimpulan ialah dua aktivitas yang saling berkaitan.
Sekian perihal Cara Analisis Interpretasi Data dan Menarik Kesimpilan Penelitian, supaya ini mampu berfaedah.