Terangkan pengaruh globalisasi di bidang ekonomi!

Terangkan pengaruh globalisasi di bidang ekonomi!

Jawab:


Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi antara lain terbukanya pasar internasional, meningkatnya kegiatan ekspor-impor, lahirnya perusahaan-perusahaan besar, terbukanya iklim investasi.


Pembahasan

Globalisasi dibidang ekonomi menunjukkan efek negatif & nyata.


Beberapa efek kasatmata di bidang ekonomi yakni sebagai berikut.


Terbukanya Peluang

Dengan adanya globalisasi, terbuka potensi jual beli yg lebih besar. Apabila memproduksi suatu produk, sebuah perusahaan mampu menjualnya tak cuma di dlm negeri akan namun pula mancanegara.


Hal ini membuka peluang besar dlm bidang perekonomian. Sebagai pola, kota Cirebon merupakan penghasil mebel rotan. Mebel tersebut disukai oleh masyarakat dr Afrika. 


Sehingga banyak pengusaha Afrika yg mendatangi Cirebon untuk bertransaksi mebel rotan. Hal ini menguntungkan para perajin rotan di kota Cirebon sehingga mereka mampu menjual produknya sampai ke luar negeri.


Munculnya perusahaan besar

Globalisasi memungkinkan munculnya perusahaan-perusahaan besar. Hal ini disebabkan karena pasar yg terbuka lebar & produksi yg besar.


misalnya yakni perusahaan Toyota harus menyuplai kendaraan beroda empat ke daerah ASEAN, mirip Thailand, Indonesia, Malaysia, & Filipina.


Selain itu Toyota pula memproduksi & menjual produknya di kawasan Amerika.


Dengan banyaknya pemasaran tersebut, maka Toyota mendirikan pabrik-pabrik baik di tempat ASEAN maupun di Amerika. Hal tersebut membuat perusahaan ini kian membengkak & menjadi perusahaan raksasa.


Terimakasih sudah berkunjung ke . Semoga menolong. 


  Pengertian Fosil Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)