Kisah Heroisme Kaum Muslimin Menaklukkan Afrika

Di antara penaklukan yg dijalankan kaum muslimin untuk mengembangkan agama Allah Ta’ala di paras bumi yaitu ekspedisi jihad ke bumi Afrika.

Banyak literatur yg menceritakan heroisme kaum muslimin dlm penaklukan Afrika itu. Di antaranya ialah kitab Riyadh An-Nufus.

Disebutkan bahwa Abdullah bin Abi Sarh, gubernur Mesir, mengantarsurat pada khalifah Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu meminta izin untuk menaklukkan Afrika.

Oleh karena itu, Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu kemudian menyatakan keinginannya pada Al-Miswar bin Makhramah untuk mengirimkan pasukan ke Afrika.

Utsman berkata, “Bagaimana menurutmu wahai Ibnu Makhramah?”

Ia menjawab, “Perangilah mereka.”

Utsman kemudian berkata,

“Kumpulkanlah hari ini tokoh-tokoh shahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam biar kita mampu bermusyawarah dgn mereka.

Apa yg mereka putuskan itulah yg akan gue kerjakan, atau apa yg disepakati oleh sebagian besar dr mereka, itulah yg gue lakukan. Undanglah Ali, Thalhah, Zubair, & Abbas.”

Di samping itu, ia pula menyebutkan beberapa nama yang lain.

Lalu Utsman berkumpul dgn tokoh-tokoh shahabat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam di masjid & bermusyawarah dgn mereka dlm persoalan itu.

Mereka semua oke untuk melakukan ekspedisi jihad ke Afrika. Tidak ada yg berlainan usulan selain Abu Al-A’war Sa’id bin Zaid.

Utsman lalu memanggilnya & bertanya kepadanya,

“Wahai Abu Al-A’war, kenapa kamu-sekalian tak menyetujui pengantaran pasukan ke Afrika?”

Abu Al-A’war berkata,

“Aku pernah mendengar Umar Radhiyallahu Anhu berkata, ‘Aku tak akan memerintahkan seorang pun dr kaum muslimin untuk memeranginya selama kedua mataku masih berair.’

Aku rasa, semestinya kau-sekalian tak menyelisihi Umar.”

Maka Utsman berkata pada Abu Al-A’war,

  Ummu Kultsum, Mujahidah Putri Nabi (Bagian 3)

“Demi Allah kita tak takut pada mereka, & sangat mereka akan ridha untuk tetap tinggal di kawasan mereka & tak berperang.”

Utsman kemudian memberikan khutbah di hadapan kaum muslimin & mengajak mereka untuk berangkat jihad ke tanah Afrika.

Maka keluarlah banyak tokoh besar shahabat untuk jihad ini, termasuk anak-anak muda opsi dr ahlul bait, di antaranya Abdullah bin Zubair, Abu Dzar Al-Ghifari, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Ja’far, Hasan, Husain, & masih banyak lagi.

[Abu Syafiq/Wargamasyarakat]

Berlanjut ke Kisah Heroisme Kaum Muslimin Menaklukkan Afrika (Bagian 2)