√ Menguraikan Komponen Vektor

Menguraikan Komponen Vektor

Setelah sebelumnya kita mempelajari cara menjumlahkan dua buah vektor, maka kini kita akan melakukan kebalikannya adalah menguraikan komponen vektor dlm koordinat kartesius. Adapun untuk kepentingan mudah, kita memakai koordinat sumbu-x & sumbu-y atau dua dimensi.

Contoh soalnya begini.

Ada suatu kendaraan beroda empat berlangsung menuju arah timur laut dgn kecepatan 60 km/jam membentuk sudut 53° terhadap arah timur. Nah, tentukanlah unsur kecepatan kendaraan beroda empat tersebut terhadap arah timur & utara!

Jawab

Untuk menguraikan bagian vektor hal yg paling gampang ialah membuat gambarnya terlebih dulu. Gambar ilustrasinya menjadi seperti di bawah ini

Dari gambar di atas, vx merupakan komponen kecepatan pada arah timur sedangkan vy merupakan unsur kecepatan pada arah utara.

Dalam menguraikan unsur vektor entah itu satu buah vektor, dua buah vektor atau lebih caranya tetap sama seperti di atas yakni vektor diproyeksikan kedalam sumbu-x & sumbu-y. Namun untuk diingat bahwa kalau terjadi pada sekurang-kurangnyadua buah vektor, maka nanti akan ada resultan vektor sumbu x & resultan vektor sumbu-y.

Untuk membaca halaman awal perihal besaran vektor mampu di lihat di sini.

Perhatikanlah gambar berikut ini

Pada gambar A, digambarkan bahwa ada empat buah vektor yg memiliki arah yg berlainan-beda ialah F1,F2,F3 & F4. Lalu ke-empat vektor tersebut bila di proyeksikan pada sumbu-x & y, maka akan terlihat mirip pada gambar B. Nah, dr gambar B ini kita mampu melihat komponen vektornya.

Pada sumbu-x, resultan vektor komponennya adalah

Nilai negatif (-) pada persamaan di atas mengambarkan bahwa vektor tersebut berlawanan arah atau menuju nilai negatif.

  √ Hasil Kali Dua Buah Vektor

Pada sumbu-y, resultan vektor komponennya yaitu

Lalu bagaimana dgn besar resultannya vektor (R)?, mampu kita gunakan persamaan teorema Phytagoras menjadi

Sedangkan untuk mengetahui ke arah mana vektor hasil penjumlahan, maka bisa memakai persamaan

Untuk contoh penjumlahan & penguraian vektor akan kita bahas pada halaman berikutnya.