√ Mahasiswa Jago Teknik Menulis? Ini Keuntungannya!

Teknik menulis buku intinya bisa timbul apabila kita telah sudah biasa menulis, terutama dikala kita menjadi mahasiswa.

Teknik menulis bukan menjadi argumentasi untuk tak dikuasai siapapun, termasuk mahasiswa. Menjadi seorang penulis adalah salah satu karier yg bisa didapatkan seseorang, meskipun tatkala kuliah mereka tak menerima seluk beluk perihal teknik menulis. Tidak sedikit orang yg berhasil melakukan teknik menulis buku dlm jumlah yg banyak. Hal tersebut tak lain dikarenakan mereka mempunyai kebiasaan usang yg sudah ada semenjak mereka masih kuliah yakni menulis. Pada periode kuliah, nyaris setiap mahasiswa dibekali dgn kesanggupan menulis, baik untuk menulis laporan ataupun hal yg lain di luar masalah akademik. Materi tersebut pasti akan cukup berguna bagi karier mahasiswa, terutama bagi mereka yg semenjak awal telah menggemari dunia kepenulisan. Mengajarkan teknik menulis pada mahasiswa pada dasarnya adalah hal yg penting terlepas dr karier yg akan mereka dapatkan kelak. Apabila mereka menyukai kegiatan kepenulisan, mereka justru bisa berkarya dgn melaksanakan teknik menulis buku tatkala telah menuntaskan masa kuliah. Tidak sedikit pula pegawai biasa yg justru memiliki hobi menulis buku, bahkan menerbitkan tulisannya ke penerbit buku

tersebut.

Berangkat dr hal tersebut, maka setidaknya ada beberapa keuntungan yg bisa kita peroleh apabila semenjak kuliah telah terbiasa melakukan teknik menulis. Tidak hanya berfaedah bagi dunia perkuliahan, namun pula bermanfaat bagi karier kita ke depan, terlepas akan menjadi seorang penulis ataupun bukan.

  1. Urusan Skripsi Menjadi Lebih Praktis

Skripsi yakni peran simpulan mahasiswa yg bagi sebagian orang merupakan momok terbesar yg harus teratasi apabila ingin menerima gelar sarjana. Tidak sedikit mahasiswa yg gagal menjangkau gelar kesarjanaannya sebab menyerah untuk menuntaskan skripsinya. Kondisi tersebut akan menjadi lebih parah apabila mahasiswa yg sejak permulaan tak menggemari aktivitas menulis. Akan terasa berbeda apabila kita membaca skripsi mahasiswa yg suka melaksanakan teknik menulis dgn mereka yg tak suka menulis. Kita bisa memahaminya lewat gaya bahasa & cara kepenulisan yg digunakannya. Selain itu, mahasiswa yg terbiasa melaksanakan acara menulis pula akan merasa lebih ringan tatkala sedang mengerjakan skripsi. Di segi lain, banyak mahasiswa yg mengeluh alasannya sejak permulaan condong menghindar dr acara kepenulisan. Meskipun bukan suatu paksaan, kesanggupan menulis memang menjadi salah satu kesanggupan yg masih banyak diperlukan oleh berbagai institusi.

Bagi mereka yg telah terbiasa melakukan kegiatan menulis sejak kuliah, keuntungan yg didapatkannya tak cuma pada problem skripsi, tetapi pula permasalahan lain. Apabila skripsi yg dijalankan tersebut mampu dilakukan dengan-cara optimal, maka dengan-cara tak pribadi mereka memiliki talenta menulis yg patut untuk dikembangkan. Sesungguhnya menulis skripsi hampir sama dgn menulis buku. Tatkala kita menulis skripsi, kita dituntut untuk berpikir sistematis dgn bahasa yg baik. Syarat tersebut pula berlaku tatkala kita berupaya mencoba untuk menulis buku. Oleh alasannya itu, tak mengherankan apabila ada beberapa penerbit buku yg bersedia mempublikasikan skripsi mahasiswa dlm bentuk buku. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan menulis yg sudah dimiliki semenjak kuliah bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

  1. Memiliki Keahlian Lain di Luar Bidang Kuliahnya

Apabila kita telah mempunyai kebiasaan menulis semenjak kuliah, maka bisa dipastikan bahwa kita akan mempunyai keahlian lain di luar bidang keilmuan yg kita ambil selama kuliah. Meskipun kita kuliah di jurusan kedokteran biasa , kita bisa memiliki kemampuan menulis yg bisa jadi menunjang karier kita ke depan selaku seorang dokter. Sebagai seorang dokter yg mempunyai kemampuan menulis pasti akan menjadi nilai lebih bagi kita sendiri. Kita justru bisa menunjukkan berita kesehatan pada penduduk luas melalui tulisan, baik dlm bentuk buku ataupun yg lain. Apabila kita tetap konsisten untuk menyebarkan hobi kita sebagai seorang penulis, tentu kita akan dipandang selaku seorang dokter yg produktif. Kita justru bisa memberi gagasan orang lain melalui goresan pena. Tidak mengherankan apabila nantinya kita menjadi tokoh percontohan bagi orang lain.

  1. Memperoleh Pendapatan Tambahan

Keuntungan yg bisa kita dapatkan apabila sudah sudah biasa menulis sejak kuliah yakni memperoleh pendapatan perhiasan. Pendapatan pemanis tersebut tak cuma tatkala kita kuliah, namun pula tatkala kita telah tak lagi berada dlm periode tersebut. Tentu akan menjadi suatu pujian tersendiri apabila kita memiliki penghasilan sendiri dr aktivitas menulis tatkala kita masih kuliah. Dengan kesanggupan yg kita miliki tersebut, pastinya hal tersebut bisa mengendorkan beban orang tua kita. Tidak cuma menulis dlm bentuk buku, kita pula bisa menulis dlm bentuk postingan ataupun hal lain yg bisa menghasilkan pemasukan aksesori selama berada di dlm masa kuliah. Di luar itu, kita pasti akan menerima laba besar tatkala berada di zona karier alasannya adalah kita memiliki nilai lebih dibandingkan orang lain yaitu teknik menulis.

  1. Mendapatkan Perhatian Lebih dr Berbagai Pihak

Kemampuan menulis yg kita miliki pada dasarnya mempunyai peluangyg besar untuk menarik perhatian pihak lain terhadap diri kita sendiri. Dengan kata lain, kesanggupan kita menjadi nilai lebih yg ada di dlm diri kita sendiri. Selama proses kuliah, tentu kita akan mendapatkan perhatian lebih dr dosen atau pihak lain yg sudah mengenali kesanggupan kita. Hal tersebut tentu akan membuat lebih mudah kita tatkala ingin meminta surat nasehat pada dosen untuk melanjutkan studi di mancanegara selaku salah satu contohnya. Di sisi lain, tatkala kita berada di dlm dunia kerja, kesanggupan yg kita miliki dengan-cara tak eksklusif pula akan menjadi peluangtersendiri bagi lembaga atau kawasan dimana kita bekerja. Pihak perusahaan daerah kita bekerja pasti akan gembira mempunyai pegawai yg memiliki kesanggupan dlm bidang menulis. Potensi tersebut tentu bisa berguna bagi perusahaan dimana kita bekerja kelak.

  1. Menambah Portofolio

Salah satu laba berguna yg bisa ditemukan oleh mahasiswa yg sering terlibat dlm kegiatan kepenulisan ialah adanya portofolio. Pengalaman apa pun terkait kegiatan simpel seorang mahasiswa akan menjadi nilai tambah yg luar biasa untuk dirinya sendiri. Tatkala kita ingin menulis buku & menerbitkannya, maka pengalaman menulis yg kita miliki sejak masa kuliah akan menjadi bekal berguna. Terlebih lagi goresan pena-tulisan yg kita buat bisa didokumentasikan dengan-cara lebih rapi, baik dlm bentuk laporan observasi ataupun yg dimuat di media massa. Di sisi lain, portofolio tersebut pula akan berfaedah bagi dunia karier kita ke depan dimana perusahaan akan lebih menentukan orang-orang luar biasa yg mempunyai nilai lebih yaitu kemampuan menulis. Hal tersebut menjadi wajar mengenang kesanggupan menulis yakni kemampuan yg masih jarang dimiliki orang, namun memiliki potensi yg besar untuk dikembangkan & kuat besar dlm dunia bisnis.

Sekian artikel berjudul Mahasiswa Jago Teknik Menulis Buku? Ini Keuntungannya! Semoga berguna.

 

[Bastian Widyatama]

Referensi

Mawardi, Dodi, 2009, Cara Mudah Menulis Buku dgn Metode 12 Pas, Jakarta: Raih Asa Sukses.

 

 

Anda TAK HARUS PUNYA NASKAH siap cetak untuk mendaftarkan diri Kaprikornus Penulis di penerbit buku kami. Dengan mendaftarkan diri, Anda bisa konsultasi dgn Customer Care yg siap menolong Anda dlm menulis sampai menerbitkan buku. Maka, Anda tak perlu ragu untuk segera MENDAFTAR. Silakan isi form di laman ini. 🙂

 

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS perihal CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download

  √ Ingin Buku Anda Laris? Ketahuilah 15 Faktor Pangsa Pasar Pembaca Buku Ini!