√ Cetak Buku – 5 Manfaat

Dijaman yg serba modern kini, cetak buku tak cuma berfungsi selaku tata cara pembelajaran saja. Namun ada banyak faedah lain yg mampu ditemukan tatkala Anda menetapkan untuk mencetak buku dlm bentuk softcopy maupun hardcopy. Apa saja manfaat yg bisa Anda peroleh tatkala menetapkan untuk cetak buku? Mari kita simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Manfaat Cetak Buku Bagi Profesional

  1. Personal Branding.
  2. Berbagi Pengalaman.
  3. Investasi Masa Depan.
  4. Menambah Portofolio.
  5. Penghasilan Tambahan.

1. Personal Branding

Saat Anda memutus menulis buku kemudian cetak buku, Anda dapat meningkatkan personal branding di dlm diri Anda. Apalagi jika Anda sudah memiliki profesi tertentu. Misalnya Anda sebagai trainer, motivator, atau pakar di bidang tertentu akan meningkat citra kepakaran & popularitas dlm bidang yg ditekuni. Cetak buku memang bisa menjadi salah satu “akreditasi” dr citra atau popularitas seseorang. Untuk buku fiksi atau novel contohnya. Tatkala Anda dapat menerbitkan & cetak buku hasil karya Anda maka branding diri Anda sebagai penulis novel akan meningkat. Anda akan diketahui sebagai penulis buku novel sehingga meningkatkan dapat dipercaya Anda. Kredibilitas akan menghipnotis karya-karya Anda berikutnya. Portofolio yg baik akan disambut baik oleh penerbit sehingga Anda mampu meluncurkan buku berikutnya dgn lebih gampang.

personal branding wargamasyarakat

Untuk buku non fiksi pun demikian. Misal Anda seorang dosen, menulis buku akan meningkatkan branding diri Anda sebagai seorang ilmuan. Anda bisa membagikan ilmu sesuai bidang yg Anda geluti sehingga berguna bagi orang banyak. Ini pula kuat pada gambaran kampus atau lembaga tempat Anda mengabdikan ilmu. Selain itu, politikus hingga artis pula banyak mulai menulis buku. Tujuannya beragam, namun yg terperinci hal tersebut menjadi salah satu strategi menyebarluaskan dongeng ilham mereka untuk orang lain.

Kembali ke atas ▲

2. Cetak Buku untuk Berbagi Pengalaman

Ketika Anda memutuskan untuk mencetak buku berarti Anda sedang membagikan ilmu pada pembaca Anda. Sebab dlm beberapa penulis memutuskan untuk menulis buku & mencetaknya karena ingin mengembangkan pengalaman. Pengalaman yg telah dimiliki mampu menjadi ilham bagi orang lain. Kelebihan lain tatkala Anda mencetak buku, Anda mampu menyampaikan pengalaman dengan-cara optimal & mampu dibaca kapan saja. Jika Anda cuma menyampaikan dengan-cara verbal, maka kenangan orang lain pada apa yg Anda ucapkan akan mudah terlupa. Sementara bila Anda menuliskan sebuah buku, pengalaman yg Anda miliki bisa dibaca setiap saat oleh pembaca.

pengalaman wargamasyarakat

Contohnya, dongeng berhasil Chairil Tanjung. Dari kisahnya yg hanya bisnis fotokopi di kampusnya sampai menjadi salah satu orang berpengaruh di Indonesia melalui bisnis-bisnisnya mampu menggugah semangat setiap orang yg membacanya. Pengalaman suka maupun murung ia bagikan di dlm bukunya.

Berbagai pengalaman yg ia miliki, baik yg bekerjasama dgn observasi atau tidak, tentu akan menenteng pengaruh faktual bagi orang lain. Selain itu,  menuangkan pengalaman ke dlm suatu tulisan pasti akan mampu menjadi ajang untuk membuatkan pada orang lain. Bahkan orang lain bisa ikut merasakan apa yg pula kita rasakan. Kondisi tersebut dengan-cara tak eksklusif dapat memberikan banyak pelajaran pada orang lain melalui goresan pena Anda.

Kembali ke atas ▲

3. Investasi Masa Depan

Tulisan yg disimpan untuk diri sendiri cuma akan mampu dicicipi sendiri. Padahal jika tulisan tersebut diterbitkan & berguna bagi banyak orang, setidaknya Anda telah berinvestasi untuk diri Anda sendiri dihadapan Tuhan. Apalagi jika buku itu jenis buku yg tak termakan oleh waktu, mirip textbook kuliah atau buku-buku yg menjadi rujukan Apa yg berguna untuk orang lain, nanti akan kembali lagi pada Anda dlm bentuk yg lain.

investasi masa depan wargamasyarakat

Buku yg berfaedah akan memberi pahala yg tak terputus bagi penulisnya selama buku itu menyalurkan ilmu ke orang lain. Inilah yg dimaksud dgn investasi alam baka. Jika Anda menulis & cetak buku, selama buku itu masih dibaca, walaupun kita mati, maka pahalanya pun akan tetap mengalir pada kita, karena buku itu yakni ilmu.

Kembali ke atas ▲

4. Menambah Portofolio

Bagi seorang penulis atau profesi tertentu, menulis & cetak buku akan menjadi nilai tambah pada portofolio Anda. Dari buku yg Anda terbitkan, Anda dengan-cara tak langsung memperkenalkan karya Anda pada orang lain.

portfolio cetak buku

Anda akan dipandang lebih jago pada profesi yg Anda jalani. Sebab menulis buku bukan kasus gampang. Bagaimana Anda menerangkan bagian demi bagian, hingga risikonya menjadi buku. Usaha tersebut pasti akan dilihat oleh perusahaan atau instansi lain sehingga memperbesar nilai jual dlm karir Anda.

Kembali ke atas ▲

5. Penghasilan Tambahan

Anggapan bahwa menulis tak menguntungkan sepertinya kurang tepat. Pada beberapa buku best seller, profit mampu didapatkan oleh penulis. Ditambah royalti yg akan ditemukan bagi penulis akan memperbesar pundi-pundi rupiah bagi mereka. Sebagai teladan, tatkala Anda sering menuliskan postingan di sebuag media massa & diangkut, tentu Anda akan menerima honor yg tak sedikit.

penghasilan tambahan cetak buku

Begitupula saat buku yg Anda tulis berkualitas & diterima oleh publik, maka Anda akan mendapatkan keuntungan finansial & royalti atas penjualan buku tersebut. Meskipun untuk menciptakan & cetak buku dgn kualitas yg baik tidaklah mudah. Diperlukan waktu & ide yg cemerlang untuk menuliskan satu demi satu ide pada satu buku yg Anda tulis.

Kembali ke atas ▲

Nah dlm cetak buku ini ada beberapa pilihan untuk mewujudkannya. Anda mampu lewat dua alternatif penerbit. Pertama, lewat penerbit mayor. Penyebar Ilmu mayor dimiliki oleh perusahaan penerbitan besar, punya nama & modal cukup yg membuat para penulis berbondong-bondong mengirimkan naskahnya. Bukunya niscaya berISBN.  Pegawainya saja punya keutamaan sendiri-sendiri. Ada yg menata letak, desainer, editor, marketing, bikinan, distribusi, penawaran spesial, semua saling mendukung untuk menciptakan sebuah buku layak terbit, pantas tayang di toko buku, & patut jual.

Selain penulis cuma setor isi, tentang pemolesan & percetakan diserahkan semua ke penerbit mayor. Dicetak ribuan eksemplar, agar bisa mengisi puluhan toko buku dlm jaringannya, boleh muncul di jaringan toko buku lain karena ada divisi distribusi yg dipercaya kehandalannya, plus tayang di situs web toko buku online.

Penyebar Ilmu mayor memang melayani penulis dengan-cara gratis. Alias kita hanya setor naskah saja. Ditambah buku-buku hasil cetakan penerbit mayor mampu ditentukan akan tersebar ke aneka macam tempat. Tapi syaratnya, naskah Anda mesti lolos seleksi dulu.

Supaya naskah Anda diterima oleh penerbit mayor, persiapkan naskah dgn maksimal. Jika naskah yg akan kita olok-olokan sudah siap, pergilah ke toko buku & lakukan riset. Cari tahulah penerbit mana saja yg menerbitkan buku-buku dgn tema atau genre yg serupa dgn jenis naskah kita.

Karena ada begitu banyak penerbit yg membuka diri mereka untuk naskah-naskah baru yg sudah jadi & ingin diterbitkan. Mereka niscaya memiliki prosedur pengiriman naskah & pernah mempublikasikannya pada khalayak luas. Misal, mereka menerbitkan dlm situs web, Facebook, Instagram, atau akun sosial media mereka yg lain. Ikutilah cara atau prosedur pengantaran naskah tersebut. Jangan semaunya sendiri.

Sementara opsi kedua, Anda mampu self publishing alias menerbitkan buku sendiri. Pada opsi ini si penulis melaksanakan semua proses penulisan, editing, rancangan cover, tata letak buku, permohonan ISBN & barcode di Perpustakaan Nasional RI oleh dirinya sendiri. Tidak lupa, si penulis pula menerbitkan bukunya dgn penerbit yg dibuatnya sendiri. Termasuk melakukan penjualan sendiri.

Self publishing mempunyai keunggulan dibanding dgn saat Kita mengajukan naskah ke penerbit-penerbit pada umumnya. Kelebihan pada self publishing yg terutama yakni tak adanya penolakan naskah. Selain itu, self publishing mampu dgn suka-suka memilih judul, lay out, desain cover, & penjualan sendiri. Penulis betul-betul berkuasa penuh atas karyanya.

Salah satu penerbit indie di Yogyakarta yg mampu menolong Anda dlm cetak buku self publishing yakni Warga Masyarakat. Warga Masyarakat sudah berpengalaman lebih dr 10 tahun dlm bidang cetak buku self publishing.

Melalui Penyebar Ilmu Warga Masyarakat Anda akan dibantu mulai dr konsultasi naskah, pembuatan ISBN, sampai penjualan. Untuk logo & nama percetakan, Anda tak perlu ragu sebab Penyebar Ilmu Warga Masyarakat sudah memiliki lisensi yg terperinci & berbadan aturan sehingga Anda tak gundah memilih nama perusahaan & logo.


Kontributor: Novia Intan


  √ Cara Mendapatkan ISBN Agar Terhindar dari Agen Penipuan!