Berikan Pola Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Ketiga Pancasila!

Berikan pola nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila!

Jawab

Berikut ini nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila.

  1. Rasa persatuan dan kesatuan

  2. Rela berkorban demi bangsa dan negara

  3. Cinta tanah air

  4. Memajukan pergaulan sesuai dengan bhineka tunggal Ika

  5. Menjiwai nilai-nilai pada sila keempat dan kelima Pancasila


Pembahasan


Sila ketiga Pancasila disimbolkan dengan gambar pohon beringin. Pohon beringin digunakan pada pohon beringin ialah pohon yang besar di mana banyak orang bisa berteduh dibawahnya tanah seperti halnya semua rakyat Indonesia mampu berteduh di bawah naungan negara Indonesia. Selain itu, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke mana-mana, namun tetap berasal dari satu pohon yang sama, seperti halnya keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia..


Sila persatuan Indonesia mengajarkan kita untuk senantiasa menjadi eksklusif yang berlawanan dengan sifat egois. Kita diminta dan diwajibkan senantiasa menempatkan rasa kesatuan dan persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa diatas kepentingan diri maupun kepentingan golongan.


Adanya persatuan di tengah rakyat Indonesia menimbulkan kita lebih mampu untuk memperjuangkan kepentingan negara ini. Mendengar atau membaca sila ketiga Pancasila ini, mungkin kita langsung teringat akan usaha pada era penjajahan yang bermodalkan persatuan di antara rakyat Indonesia. oleh alasannya adalah itu, sila ketiga Pancasila mengajarkan kita kerelaan berkorban demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.


Persatuan Indonesia mengindikasikan bahwa persatuan yang menjadi kunci maju dan makmur nya Indonesia. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa sila ketiga Pancasila yaitu cinta terhadap tanah air, Indonesia. Kecintaan terhadap tanah air akan mengakibatkan kita selalu berusaha yang terbaik demi Indonesia. Kecintaan juga yang mengajarkan kita untuk menjaga pertahanan dan keselamatan negara biar kedaulatan negara tetap tersadar dari ancaman mancanegara maupun dari bahaya dalam negeri.

  Apa Yang Dimaksud Amuboid Dan Gerakan Amuboid?


Ketika masih terdapat banyak kerajaan yang mengerjakan pemerintahan di wilayah Indonesia, pergaulan antar kerajaan ini masih terkotak-kotak. Setelah Indonesia merdeka dan menjadi bangsa yang satu, maka pergaulan di antara suku-suku maupun etika istiadat di Indonesia mampu menjadi lebih maju dengan tetap memprioritaskan persatuan dan kesatuan yang bercirikan bhinneka tunggal Ika, adalah berlawanan-beda tetapi dikala itu juga.


Nilai-nilai yang terdapat pada sila ketiga Pancasila ialah pembagian terstruktur mengenai pokok dari sila ke-1 dan sila ke-2. di segi lain dan apa nilai-nilai persatuan Indonesia nantinya akan menjadi dasar bagi sila ke-4 dan ke-5.


Silakan pelajari selengkapnya pada pelajaran IPA. Semoga membantu.