close

74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia telah menerima pendidikan sampai ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak gila lagi ditelinga, sebab semua insan yang hidup niscaya membutuhkan pendidikan, semoga tujuan hidupnya tercapai dan dapat menghilangkan kebodohan. Menurut KBBI kata pendidikan secara berasal dari kata “didik” dengan menerima imbuhan “pe” dan akhiran “an”, yang mempunyai arti cara, proses atau perbuatan mendidik.

Kata pendidikan secara bahasa berasal dari kata “pedagogi” yaitu “paid” yang bermakna anak dan “agogos” yang mempunyai arti membimbing, jadi pedagogi yaitu ilmu dalam membimbing anak. Sedangkan secara istilah definisi pendidikan ialah suatu proses pengubahan perilaku dan prilaku seseorang atau kalangan dalam usaha mendewasakan manusia atau akseptor bimbing melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Daftar Isi

Daftar Isi

74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Mari kita bahas lengkap pengertian pendidikan berdasarkan para andal

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian-pemahaman atau definisi pendidikan berdasarkan pakar dibidangnya antara lain:

1. Prof. H. Mahmud Yunus

Yang dimaksud dengan pendidikan yaitu upaya yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan menolong anak dengan tujuan memajukan pengetahuan, jasmani dan moral sehingga secara perlahan dapat menuntun anak pada tujuan dan cita-citanya yang tertinggi. Agar mampu hidup senang dan apa yang dilakukannya mampu menguntungkan dirinya sendiri, penduduk , bangsa, negara dan agama.

  Pengertian PMI (Palang Merah Indonesia) dan Sejarahnya Lengkap

2. Prof. Dr. John Dewey

Menurutnya pendidikan ialah sebuah proses pengalaman. Karena Menurutnya pendidikan adalah proses pengalaman. Karena kehidupan yakni perkembangan, pendidikan mempunyai arti membantu pertumbuhan batin insan tanpa dibatasi oleh usia. Proses kemajuan yaitu proses mengikuti keadaan dengan setiap fase dan memperbesar kemampuan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

3. M.J. Langeveld

Pendidikan merupakan upaya membimbing insan yang belum remaja menuju kedewasaan. Pendidikan ialah upaya dalam membantu anak dalam melaksanakan tugas hidupnya, biar berdikari secara budpekerti dan bertanggung jawab. Pendidikan juga diartikan sebagai upaya meraih penentuan nasib sendiri dan tanggung jawab.

4. Prof. Herman H. Horn

Ia beropini bahwa pendidikan adalah proses penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk yang sudah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar akan Tuhan mirip yang terwujud dalam lingkungan, intelektual, emosional dan kehendak manusia.

5. Driyarkara

Pendidikan diartikan selaku upaya memanusiakan generasi muda atau mengangkat generasi muda ke tingkat manusiawi.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pendidikan merupakan proses pembelajaran bagi setiap individu untuk meraih wawasan dan pemahaman yang lebih tinggi terhadap objek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal ini menghasilkan setiap individu memiliki contoh pikir, tingkah laris dan adat yang sesuai dengan pendidikan yang diterimanya.

7. Ki Hajar Dewantara

Menurutnya, pendidikan ialah kebutuhan dalam tumbuh kembang anak. Intinya pendidikan membimbing semua kekuatan alam yang ada pada diri penerima latih sehingga selaku insan dan anggota masyarakat dapat meraih keamanan dan kebahagiaan tertinggi dalam hidup.

8. Stella van Petten Henderson

Pendidikan adalah variasi dari pertumbuhan dan perkembangan insan dengan warisan sosial.

9. Kohnstamm dan Gunning

Pendidikan merupakan bentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan ialah proses pembentukan dan adab penentuan nasib sendiri yang tepat dengan hati nurani.

10. Horne

Menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses yang dilaksanakan secara terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang sudah meningkat lahir batin.

11. Frederick J. Mc Donald

Mengungkapkan pendapatnya bahwa pendidikan yaitu suatu proses yang tujuannya mengubah huruf insan atau akseptor didik.

12. Ahmad D. Marimba

Menyarankan bahwa pendidikan merupakan sebuah proses pembinaan yang dilaksanakan secara sadar oleh pendidik menuju sebuah proses kemajuan jasmani dan rohani akseptor ajar yang bermaksud agar kepribadian penerima asuh sungguh unggul. Kepribadian ini mempunyai arti cukup dalam, adalah orang yang tidak hanya pandai, pandai secara akademis, namun juga baik dalam karakter.

13. Carter V. Good

Mendefinisikan pendidikan selaku proses membuatkan keterampilan seseorang berupa perilaku dan sikap yang dipraktekkan dalam penduduk . Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terbimbing khususnya di lingkungan sekolah sehingga dia mampu meraih keahlian sosial dan mampu berbagi kepribadiannya.

14. Ensiklopedi Pendidikan Indonesia

Menjelaskan pendidikan, adalah sebagai proses membimbing manusia atau siswa dari kegelapan, kebodohan, kebodohan, dan kecerdasan.

15. UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003

Pendidikan yaitu upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran semoga akseptor bimbing dapat secara aktif membuatkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, penguasaan diri, budbahasa mulia, kecerdasan, dan keterampilan yang dibutuhkan. oleh dirinya sendiri dan penduduk .

16. Abdullah Ibnu Al-Muqafah

Pendidikan yaitu keperluan untuk menerima sesuatu yang mau memperkuat dan meraih kultivasi atau kesempurnaan yang tinggi yang ialah hidangan kuliner spiritual dan rohani.

17. Plato

Pendidikan yaitu sesuatu yang dapat menolong pertumbuhan tubuh dan asumsi individu dengan sesuatu yang dapat membuat kesempurnaan menjadi mungkin.

18. Mary McLeod Bethune

Pendidikan dalam arti sempit ialah langkah-langkah atau proses untuk memperoleh ilmu.

19. Edgar Dale

Pendidikan adalah upaya yang dikerjakan secara sadar oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah melalui pelatihan, pengajaran, pembelajaran dan training yang berkesinambungan, baik yang dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peseta siswa agar dapat berperan di lingkungan untuk era depan.

20. Thedore Brameld

Pendidikan ialah proses yang lebih luas dari pada proses yang berlangsung di sekolah. Pendidikan merupakan acara sosial yang memungkinkan masyarakat tetap eksis dan terus meningkat .

21. Prof.Zaharai Indris, M.A.

Pendidikan adalah rangkaian aktivitas komunikasi yang bermaksud mempertemukan insan dewasa atau pendidik dengan penerima bimbing atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan sumbangan dalam perkembangan anak secara keseluruhan.

22. An-Nahlawi

Pendidikan dalam bahasa Arab ialah tarbiyah, yang dimaksud dengan tarbiyah atau pendidikan yaitu segala upaya dalam mengorganisir, mengurus, dan memajukan segala sesuatu atau peluangyang sudah ada sejak lahir untuk tumbuh dan menjelma lebih dewasa.

  Pengertian Logika Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

23. Ibnu Sina

Pendidikan atau pembelajaran berkaitan dengan segala faktor yang ada pada manusia, mulai dari fisik, mental atau adab. Pendidikan dilarang mengabaikan pertumbuhan fisik dan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kemajuan fisik seperti olah raga, minum, makan, kebersihan dan tidur. Makara pendidikan tidak cuma memperhatikan faktor budbahasa namun juga membentuk individu yang holistik tergolong jiwa, kecerdikan pekerti dan asumsi.

24. Godfrey Thomson

Pendidikan ialah dampak lingkungan pada individu untuk menciptakan perubahan sesuai kebiasaan atau kebiasaan tingkah laku, fikiran dan perasaan.

25. UNESCO

“Pendidikan kini bergerak yaitu persiapan untuk kehidupan penduduk yang belum ada” atau pendidikan kini untuk menyiapkan manusia untuk jenis penduduk yang belum ada. Konsep tata cara pendidikan dapat berganti sesuai dengan perkembangan masyarakat dan transfer nilai budaya. Konsep pendidikan saat ini tidak lepas dari pendidikan yang mesti sesuai dengan permintaan keperluan pendidikan masa lalu, masa kini, dan kala depan.

26. Darmaningtyas

Pendidikan selaku upaya dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang lebih baik.

27. Paulo Freire

Pendidikan adalah jalan menuju emansipasi permanen, yang meliputi dua tahap. Tahap pertama yakni masa ketika manusia menyadari pembebasannya sendiri, Damana mengganti banyak hal melalui latihan. Tahap kedua dibangun di atas tahap pertama, dan merupakan proses langkah-langkah budaya yang membebaskan.

28. H. Horne

Pendidikan adalah proses penyesuaian yang lebih tinggi secara terus menerus (abadi) bagi manusia yang telah meningkat secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar akan Tuhan, sebagaimana termanifestasi dalam lingkungan intelektual, emosional, dan memanusiawi kan insan.

29. S.A. Bratanata dkk

Pendidikan ialah upaya yang sengaja diadakan baik secara pribadi maupun tidak langsung untuk menolong anak dalam tumbuh kembangnya meraih kedewasaan.

30. Drs. Wasty Soemanto. M.Pd

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang menciptakan pengalaman yang menawarkan kesejahteraan langsung, baik lahir maupun batin.

31. GBHN

Pendidikan yakni upaya sadar untuk membuatkan kepribadian dan kemampuan baik di dalam maupun di luar sekolah, dan berjalan seumur hidup.

32. Prof. Dr. Dedi Supriadi

Pendidikan merupakan salah satu fungsi yang harus mampu dilakukan oleh keluarga dan masyarakat dengan sebaik mungkin secara terintegrasi dengan berbagai lembaga yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan fungsi pendidikan.

33. Girex B

Pendidikan adalah banyak sekali upaya dan upaya yang dilaksanakan oleh orang cukup umur untuk mendidik logika penerima didik dan mengatur akhlaknya.

34. Dr. Sutari Imam Bernadib

Pendidikan sains mempelajari situasi dan proses pendidikan. Proses yang dimaksud yakni sistem yang dipakai untuk memperoleh pendidikan secara sistematis dan sedikit demi sedikit.

35. Drs. M. Ngailim Purwanto

Ilmu pendidikan yaitu ilmu yang memeriksa, mengkontemplasikan tanda-tanda-tanda-tanda mendidik.

36. Prof. Dr. Iman Barnadib di fakultas filsafat UGM

Pendidikan ialah upaya sadar dan sistematis untuk mencapai sebuah taraf hidup atau perkembangan yang lebih baik.

37. UU No. 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah upaya sadar yang bertujuan untuk membina siswa untuk tugas abad depan lewat pengajaran, pengajaran dan / atau pelatihan.

38. UU No. 2 tahun 2003

Pendidikan merupakan upaya sadar dan terpola.Tujuannya untuk membuat situasi mencar ilmu dan proses pembelajaran semoga peserta latih mampu secara aktif membuatkan potensinya untuk memberikan permainan terhadap kekuatan spiritual, disiplin diri, kepribadian, dan kearifan budpekerti bangsa dan negara.

39. Wikipedia

Pendidikan yaitu studi ihwal pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian.

Dari beberapa pemahaman pendidikan dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan anutan bagi anak untuk mencapai kedewasaan dalam proses tumbuh kembang yang bertujuan untuk memperbesar pengetahuan, membentuk ciri-ciri diri dan membimbing anak menjadi langsung yang lebih baik. Pendidikan juga mampu dipahami sebagai upaya sadar untuk merencanakan siswa untuk tugas masa depan melalui aktivitas pengajaran, pengajaran dan training.

40. Rocky Gerung

Pendidikan merupakan perang kepada kedunguan.

41. Socrates

Pendidikan ialah sarana yang digunakan untuk memperoleh kebenaran. Sedangkan metodenya dialektika.

42. James Mill

Pendidikan mesti menyebabkan seseorang bisa, sehingga ia menjadi seseorang yang senantiasa berupaya meraih kebahagiaan bagi dirinya sendiri, terutama dan bagi orang lain selain dirinya.

43. Aristoteles

Pendidikan merupakan fungsi negara, dan diselenggarakan, utamanya paling tidak, untuk kepentingan negara itu sendiri. Negara yaitu institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan tertinggi atau kebahagiaan manusia.

Pendidikan ialah antisipasi atau bekal untuk sebuah pekerjaan atau acara yang pantas. Pendidikan mesti berpedoman pada aturan supaya sesuai (koresponden) dengan hasil analisis psikologis, dan mengikuti pertumbuhan secara sedikit demi sedikit, baik fisik (fisik) maupun mental (batiniah atau ruh).

44. Imam Khomeini

Pendidikan lahir untuk memahami manusia, namun tujuan ini mempunyai efek sebaliknya yaitu mengarahkan insan untuk mengenal wujud Tuhan dan mengenal Tuhan Yang Maha Esa, atau yang dikenal dengan ru’yah kauniyah tauhidiyah (persepsi tauhid). Pendidikan mesti mengirimkan insan tidak cuma dari sisi materi (luar), tetapi juga kebahagiaan sejati (dalam).

  Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik dan Manfaatnya

45. Muhammad Iqbal

Pendidikan ialah suatu kekuatan budaya yang menghipnotis kehidupan individu dan kelompok penduduk untuk membentuk mukmin sejati atau biasa dikenal dengan perumpamaan manusia kamil.

46. Menurut Murtadha Muthahhari

Pendidikan merupakan proses yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, setiap manusia mempelajari semua hal yang belum mereka pahami. Bahkan dengan pendidikan, seorang insan mampu menguasai dunia dan tidak lagi terikat oleh batas-batas yang membatasinya.

Pendidikan melahirkan orang yang terpelajar, yang mampu menjadi khalifah Allah di tampang bumi ini.

47. Muhammad ‘Abduh

Pendidikan ialah hal paling penting dalam kehidupan manusia dan dapat mengganti semuanya.

48. Al-Ghazali

Pendidikan yaitu proses memanusiakan manusia dari dikala kemunculannya sampai tamat hayatnya melalui aneka macam ilmu yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, dimana proses pengajaran ialah tanggung jawab orang tua dan masyarakat, dengan sikap mereka terhadap Tuhan, menyebabkan mereka orang yang sempurna.

49. JOHN DEWEY

Pendidikan yaitu proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti menolong perkembangan batin insan tanpa dibatasi oleh usia. Proses kemajuan adalah proses menyesuaikan diri dengan banyak sekali tahapan dan memajukan keahlian pengembangan diri sendiri melalui pendidikan.

50. Confucius

Pendidikan melahirkan dogma diri, keyakinan diri melahirkan impian, cita-cita melahirkan perdamaian.

51. Mahmud Yunus

Pendidikan merupakan upaya yang diseleksi secara sengaja untuk mensugesti dan menolong anak, tujuannya untuk memperbesar pengetahuan, badan dan akhlak sehingga secara perlahan mampu menenteng anak pada tujuan dan cita-citanya yang tertinggi.

Untuk hidup bahagia, apa yang beliau lakukan bisa menguntungkan dirinya sendiri, masyarakat, negara, negara dan agama.

52. Carter V. Good

Pendidikan yaitu proses menyebarkan kemampuan langsung dalam perilaku dan perilaku sosial.

Suatu proses sosial di mana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang teratur seperti rumah atau sekolah untuk meraih pengembangan diri dan keahlian sosial.

53. Driyarkara

Pendidikan diartikan sebagai upaya memanusiakan generasi muda atau mengangkat generasi muda ke tingkat manusiawi.

54. Jean Jacques Rousseau

Pendidikan memberi kita bekal yang tidak ada di era kanak-kanak, tetapi yang kita perlukan di abad dewasa.

55. WILL DURANT

Pendidikan yakni penemuan ketidaktahuan diri yang progresif.

56. MALCOM FORBES

Pendidikan yakni upaya untuk mengambil alih asumsi kosong dengan asumsi terbuka.

57. ALBERT EINSTEIN

Ketika seseorang melewatkan apa yang beliau pelajari di sekolah, pendidikan akan tertinggal.

58. JOHN STUART MILL

Pendidikan mencakup segala sesuatu yang dijalankan seseorang untuk dirinya sendiri atau apa yang dilakukan orang lain untuknya, dengan tujuan membawanya lebih erat ke tingkat kesempurnaan.

59. HERBERT SPENCER

Pendidikan sedang menyiapkan seseorang untuk menikmati hidup senang. Pendidikan mengakibatkan manusia selaras dengan lingkungannya.

60. MARTINUS JAN LANGEVELD

Pendidikan ialah upaya membimbing insan yang belum remaja menuju kedewasaan. Pendidikan merupakan upaya dalam menolong anak dalam mengerjakan peran hidupnya, supaya mandiri secara budbahasa dan bertanggung jawab.

61. CROW

Pendidikan diartikan sebagai bela diri manusia dengan keperluan yang selalu meningkat, dan ialah impian untuk mampu mengembangkan diri biar berhasil, dan untuk memperluas, mengintensifkan pengetahuan dan mengetahui unsur-unsur yang ada di sekitarnya.

Pendidikan juga mencakup semua pergantian yang terjadi sebagai akhir dari partisipasi individu dalam pengalaman dan pembelajaran.

62. HERMAN H. HORN

Pendidikan yaitu proses penyesuaian yang lebih tinggi (eternal) bagi makhluk yang sudah meningkat secara fisik dan mental yang bebas dan sadar akan Tuhan sebagaimana termanifestasi dalam lingkungan alaminya, secara intelektual, emosional dan dalam kehendak insan itu sendiri.

63. ROUSSEAU

Pendidikan yakni untuk membekali diri kita dengan sesuatu yang tidak ada di periode kecil kita, namun kita membutuhkannya di periode akil balig cukup akal.

64. DEDI SUPRIADI

Pendidikan merupakan salah satu fungsi yang mesti dijalankan keluarga dan masyarakat secara terintegrasi dengan banyak sekali forum yang diselenggarakan secara sengaja untuk membuatkan fungsi pendidikan.

65. STELLA VAN PETTEN HENDERSON

Pendidikan yaitu kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan warisan sosial.

66. WASTY SOEMANTO

Pendidikan ialah proses pembelajaran yang menciptakan pengalaman yang menunjukkan kemakmuran pribadi, baik lahir maupun batin.

67. FREDERICK J. MC. DONALD

Pendidikan ialah suatu proses yang maksudnya mengganti aksara insan atau akseptor ajar (murid).

68. KOHNSTAMM DAN GUNNING

Pendidikan ialah proses pembentukan hati nurani manusia.

69. NYERERE

Pendidikan baik formal maupun informal diarahkan untuk menularkan satu generasi ke generasi berikutnya yang terakumulasi dalam kearifan dan pengetahuan penduduk serta merencanakan generasi muda untuk menjaga kurun depan dalam penduduk dan peran aktifnya dalam pembangunan.

70. EDGAR DALE

Pendidikan ialah upaya yang dilaksanakan secara sadar oleh keluarga, penduduk atau pemerintah melalui training, pengajaran, pembelajaran dan training yang berkesinambungan.

baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hidup, untuk merencanakan siswa (murid) agar bisa melaksanakan kiprahnya di lingkungan untuk era depan.

71. GIREX B

Pendidikan yakni berbagai upaya dan perjuangan yang dilaksanakan oleh orang akil balig cukup akal untuk mendidik logika siswa dan mengontrol akhlaknya.

72. THEODORE BRAMELD

Pendidikan memiliki fungsi yang luas, ialah melindungi dan mengganti kehidupan sebuah penduduk menjadi lebih baik dan membimbing komunitas baru untuk mengakui tanggung jawab bareng dalam penduduk .

Kaprikornus pendidikan yaitu proses yang lebih luas dari sekedar kala pendidikan di sekolah.

15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

73. AL-FARABI DAN MISKAWAH

Al-Farabi dan Miskawah memiliki kesamaan ihwal Pendidikan. Menurut mereka, pendidikan itulah yang memungkinkan manusia meraih kesempurnaan yang tepat dengan kodratnya.

74. IBNU KHALDUN

Ibn Khaldun menekankan pentingnya prinsip pendekatan progresif dalam pendidikan. Ia berpesan terhadap guru untuk memulai bahan dari yang paling gampang (paling sederhana) sampai yang paling susah, bukan sebaliknya.

Lebih jauh, pendidikan lahiriah (ilmu empirisme) tidak lepas dari pengembangan talenta mental (jiwa) yang diharapkan untuk ilmu wawasan. Keduanya harus diasimilasi. Seperti yang beliau tunjukkan:

“Pada mulanya penerima ajar (murid) betul-betul tidak mampu mengerti apa pun, kecuali untuk beberapa poin saja, dalam hal apapun, mereka hanya mengerti dengan cara asumsi dan ringkasan. Ketika mereka diterangkan dengan acuan yang diambil dari pengalaman sensorik (pengalaman sehari-hari).

Hal itu kemudian menciptakan kesiapan siswa secara bertahap meningkat : bahan atau subjek pembahasan menjadi lebih gampang dicerna dengan setiap pengulangan, dan akibatnya pedoman akseptor asuh lalu berkembang dari wawasan asumsi ke asimilasi yang lebih dalam”.

Demikian sedikit ulasan mengenai 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, biar mampu menolong dan bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.