close

7+ Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Penduduk Dan Klarifikasi [Lengkap]

Unsur-unsur kebudayaan – Budaya yakni bentuk kebijaksanaan dan logika manusia, yang mampu diwujudkan dalam bentuk pemikiran , aktivitas, atau bentuk fisik yang kasatmata dan nyata. Terdapat sejumlah bagian-komponen budaya secara lazim, contohnya seperti bahasa, sistem pengetahuan, sistem teknologi, religi, dan sebagainya.

Secara lazim pengertian budaya yakni hal-hal yang berkaitan dengan akal, dan nalar insan. Budaya merupakan suatu cara hidup yang meningkat , dan dimiliki bareng oleh suatu golongan orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Ciri-ciri budaya antara lain yakni mampu diwariskan dari generasi ke generasi, bersifat dinamis dan dapat berganti-ubah, tumbuh dan meningkat di masyarakat, menjadi representasi dari kalangan atau daerah tertentu, serta mesti dilestarikan biar tidak punah.

Budaya mempunyai unsur-komponen tertentu, yang menjadi perwujudan dari kebudayaan di sebuah masyarakat. Secara lazim terdapat teori tentang 7 unsur kebudayaan universal. Selain itu juga ada komponen budaya menurut pendapat para hebat lainnya.

(baca juga pengertian kebudayaan)

unsur-unsur kebudayaan

Unsur-Unsur Kebudayaan

Terdapat 7 unsur kebudayaan universal yaitu unsur bahasa, tata cara wawasan, sistem teknologi dan perlengkapan, kesenian, metode mata pencaharian dan ekonomi, religi, serta sistem hubungan dan organisasi kemasyarakatan.

Berikut ini akan dibahas apa saja unsur-bagian kebudayaan secara umum dan universal beserta penjelasannya.

1. Bahasa

Unsur budaya yang pertama adalah bahasa. Bahasa adalah media bagi seseorang untuk mampu berkomunikasi secara ekspresi atau mulut. Bahasa menjadi alat mediator yang paling utama bagi insan untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan.

  Budaya, Apa Saja Label Orang Batak

Terdapat dua jenis bahasa, yaitu bahasa lisan dan bahasa goresan pena. Bahasa verbal diucapkan langsung secara mulut, sementara bahasa tulisan diwujudkan lewat teks dan karya tulis lainnya.

2. Sistem Pengetahuan

Unsur budaya selanjutnya yaitu sistem wawasan. Sistem wawasan ialah wawasan perihal kondisi alam sekelilingnya dan sifat-sifat perlengkapan yang digunakannya. Pengetahuan ditemukan lewat pendidikan atau penyebaran berita dalam penduduk .

Yang mencakup sistem pengetahuan ini antara lain tumbuhan dan fauna, pengetahuan alam sekitar, ruang dan waktu, ilmu matematika dan bilangan, sifat-sifat dan tingkah laku sesama insan serta wawasan tentang badan manusia.

3. Sistem Teknologi dan Peralatan

Sistem teknologi dan peralatan juga termasuk bagian kebudayaan. Teknologi ialah sebuah cara seorang atau kalangan dalam mengorganisir dan mengumpulkan bahan-bahan mentah hingga menjadi materi pakai, dalam relevansinya dengan alat kerja, busana, perumahan, transportasi, dan keperluan hidup yang lain.

Unsur-bagian teknologi ini mencakup alat, mesin, senjata, wadah, materi bikinan, dan sebagainya. Perkembangan peralatan dan teknologi sendiri menang menjadi komponen kebudayaan secara turun temurun.

4. Kesenian

Unsur kebudayaan selanjutnya ialah kesenian. Kesenian ialah hasil karya insan yang mengandung sisi estetika dan keindahan. Kesenian menjadi wujud lisan jiwa manusia yang dituangkan dalam bentuk karya seni tertentu.

Terdapat banyak jenis-jenis seni, mulai dari seni musik, seni tari, seni rupa, dan sebagainya. Tiap jenis kesenian memiliki ciri-ciri dan karakteristik masing-masing, serta menekankan nilai estetika.

5. Sistem Mata Pencaharian dan Ekonomi

Unsur budaya lainnya yaitu tata cara mata pencaharian dan ekonomi. Yang dimaksud mata pencaharian yaitu segala perjuangan atau upaya insan untuk medapatkan barang atau jasa yang diperlukan. Hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi seseorang atau kalangan tertentu.

  Mrpd Pancasila Berlindung Di Balik Tembok Agama, Masy. Budbahasa & Sistem Pemerintah ?

Aktivitas yang dikategorikan selaku bentuk mata pencaharian antara lain yaitu menghimpun kuliner, bercocok tanam, berkebun, perikanan, berburu, berdagang, dan sebagainya.

6. Religi

Religi dan iktikad ialah komponen kebudayaan berikutnya. Sistem religi diartikan selaku metode yang terpadu antara akidah dan praktek keagamaan yang berafiliasi dengan hal-hal yang suci dan tidak mampu dijangkau oleh akal dan fikiran.

Religi tidak cuma berhubungan dengan agama dan keyakinan saja, tapi juga nilai dan norma masyarakat, contoh pikir, persepsi hidup, serta komunikasi keagamaan seperti ritual-ritual, upacara ijab kabul dan maut dalam budaya penduduk .

7. Sistem Kekerabatan dan Organisasi Kemasyaratan

Unsur kebudayaan yang terakhir yaitu metode korelasi dan organisasi kemasyarakatan. Yang dimaksud unsur ini adalah sekelompok penduduk yang anggotanya mempunyai kesamaan satu sama lain dalam sebuah sistem korelasi tertentu.

Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial ini mencakup korelasi, asosiasi, metode kenegaraan, sistem kesatuan hidup, dan perkumpulan. Kaitannya dengan cara hidup golongan tertentu gotong royong dalam lingkungan penduduk .

Unsur-Unsur Budaya Menurut Para Ahli

Selain 7 komponen kebudayaan universal di atas, ada juga pendapat para mahir mengenai apa saja bagian-komponen budaya. Berikut ialah bagian-unsur dan bagian kebudayaan berdasarkan para hebat selengkapnya.

Unsur-Unsur Budaya Menurut Melville J. Herskovits

Menurut Melville J. Herskovits, terdapat 4 unsur-komponen kebudayaan yang antara lain yaitu selaku berikut :

  • Alat-alat teknologi
  • Sistem ekonomi
  • Keluarga
  • Kekuasaan politik

Unsur-Unsur Budaya Menurut Bronislaw Malinowski

Menurut Bronislaw Malinowski, terdapat 4 bagian-bagian kebudayaan yang antara lain yaitu selaku berikut :

  • Sistem norma sosial, yang memungkinkan kolaborasi antara para anggota penduduk untuk beradaptasi dengan alam sekelilingnya.
  • Organisasi ekonomi
  • Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan
  • Organisasi kekuatan atau sistem politik
  Apakah Pengertian Ruang Dalam Ilmu Pengetahuan Sosial​

Unsur-Unsur Budaya Menurut C. Kluckhohn

Menurut C. Kluckhohn, terdapat 7 unsur-bagian kebudayaan, yang kemudian dikenal sebagai teori bagian kebudayaan universal, antara lain ialah sebagai berikut :

  • Bahasa
  • Sistem pengetahuan
  • Sistem teknologi dan peralatan
  • Sistem kesenian
  • Sistem mata pencarian hidup
  • Sistem religi
  • Sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan

Nah itulah rujukan komponen-unsur kebudayaan secara lazim dan berdasarkan pendapat para hebat beserta klarifikasi lengkapnya. Unsur-komponen tersebut menjadi komponen pembentuk budaya secara umum dan secara universal.