close

7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya

7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya – Pada penjelasan berikut ini, kita akan bahas ihwal kelainan apa saja atau gangguan yang disebabkan oleh darah dan tata cara gangguan pada darah. Ada beberapa kelainan atau gangguan di sistem peredaran yang mampu disebabkan oleh faktor keturunan, dan kerusakan lain yang disebabkan oleh basil, dls.

7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya

Mari kita diskusikan lengkap pada uraian dibawah ini.

Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredaran Darah

Berikut beberapa kelainan dan gangguan yang ada di metode peredaran darah.

1. Anemia

Penyakit ini sering sekali dikeluhkan banyak orang, mungkin salah satu didalam keluarga kita ada yang mempunyai penyakit mirip ini yaitu anemia yang dikenal dengan kekurangan darah. Penyakit ini disebabkan karena kelemahan hemoglobin, zat besi (Fe) atau kelemahan eritrosit. Kekurangan eritrosit ini bisa terjadi kaarena penyakit pemakan sel darah seperti malaria dan cacing tambang.

2. Leukimia

Yang diketahui juga dengan penyakit kanker darah. Penyakit ini disebabkan oleh penambahan sel darah putih atau leukosit secara tidak terkendali.

3. Hemofilia

Yakni penyakit keturunan yang darah keluar dari pembuluh darah tidak bisa membeku. Luka sekecil apapun darah bisa mengalir sehingga mampu mendatangkan akhir hayat.

4. Sklerosis

Yakni penyakit pengerasan pembuluh nadi. Ganguan ini bisa disebabkan oleh endapan lemak (ater osklerosis) dan endapan kapur (arterosklerosis). Penyakit ini mampu menjadi sebab berkurangnya elastisitas pembuluh darah manusia, sehingga dapat mengoptimalkan tekanan darah. Apabila sklerosis ini terjadi pada artericle, maka mampu mengakibatkan pecahnya arteriole tersebut. Jika sklerosis terjadi di otak, maka mampu menjadikan maut bagi penderitanya.

5. Trombus dan Embolus

Yakni penyakit jantung karena adanya gumpalan. Pada nadi tajuk (arteria koronaria)

Kelainan Dan Gangguan Pada Darah & Sistem Peredaran Darah

6. Varises

Yakni pelebaran pembuluh balik. Pada lazimnya terjadi di betis. Jika pelebaran ini terjadi pada vena erat anus maka disebut dengan hemoroid (ambeien atau wasir).

7. Eritroblastosis fetalis

Yakni penyakit kuning pada bayi yang disebabkan masuknya aglutinin atau anti rh darah ibu ke dalam darah anaknya yangbergolongan rh+.

Nah itulah beberapa kelainan dan gangguan yang ada di darah. Semoga pembahasan ihwal 7 Kelainan serta Gangguan Pada Darah dan Sistem Peredarannya, mampu berfaedah dan memperbesar wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂