close

7 Kebiasaan Tidak Sehat Di Bulan Pahala Yang Sering Dilakukan, Apa Saja?

Pada bulan pahala, tanpa disadari mungkin Sobat melakukan beberapa kebiasaan yang tidak sehat bagi badan.

Ternyata, kebiasaan yang mungkin lazimSobat kerjakan ini bisa menghilangkan faedah berpuasa.

Berdasarkan observasi kesehatan, melaksanakan puasa memiliki aneka macam faedah kesehatan badan. Di antaranya yaitu menolong menurunkan berat badan yang berlebihan, memperlambat penuaan, menurunkan risiko kepada penyakit hipertensi, diabetes, jantung, dan kanker.

Selain itu, berpuasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan otak dan mental. Disebutkan bahwa dengan berpuasa dapat menolong menghemat risiko penyakit degeneratif yang menyerang otak, seperti Parkinson dan Alzheimer.

Ketika menjalankan ibadah puasa, terdapat kebiasaan yang tidak sehat dan jika kita lakukan, justru dapat mengganggu kesehatan badan.

Berikut ini ialah 7 kebiasaan di Ramadan yang semestinya jangan dilaksanakan:

Kebiasaan Tidak Sehat yang Sering Dilakukan pada Bulan Puasa

Awas, Inilah 5 Dampak Negatif Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

3. Tidur Sepanjang Hari

Ketika bulan pahala, pola tidur lazimnya berganti. Sebagian orang menentukan banyak tidur di siang hari dan meminimalisir waktu tidur di malam hari. Bahkan, parahnya ada yang tidur seharian semoga tidak merasakan lapar.

Kebiasaan ini justru mampu membuat badan menjadi lemas. Meskipun puasa, tetap dilarang untuk  bermalas-malasan.

Sembari menunggu datangnya waktu berbuka puasa, Sobat bisa melakukan olahraga ringan, mirip berjalan kaki dan yoga. Dengan begitu, badan kita akan terasa segar.

4. Mengonsumsi Kafein Secara Berlebihan

Seperti yang sudah dikenali, kandungan kafein mempunyai efek diuretik, yakni membuat badan lebih sering buang air kecil.

Ketika melakukan ibadah puasa, efek ini dapat mengakibatkan dehidrasi. Selain itu, kafein juga bisa mengembangkan produksi asam lambung dan iritasi pada dinding lambung.

Sebagai acuan minuman yang mengandung kafein ialah kopi, teh, coklat, dan soft drink. Sebaiknya hindari mengonsumsi ini selama melaksanakan ibadah puasa.

Ketika berpuasa, lebih disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari, yang dibagi ketika sahur dan berbuka, semoga terhindar dari kekurangan cairan tubuh.

Boleh Baca: Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Organ Ginjal

5. Makan Berlebihan Saat Berbuka

Berbuka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu saat Ramadan. Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan eksklusif makan dengan porsi yang besar.

Sebaiknya kebiasaan ini disingkirkan sebab akan menciptakan kerja lambung secara tiba-tiba, sehingga mampu mengakibatkan berbentukperut kembung dan lemas sehabis makan.

Selain itu, makan secara berlebihan juga bisa menciptakan berat tubuh badan mengalami kenaikan.

6. Makan Gorengan dan Cemilan Manis saat Berbuka

Gorengan dan cemilan manis ialah sajian khas kudapan di bulan rahmat. Apabila disantap secara berlebihan dan terlalu sering, gorengan akan menciptakan badan cepat lapar kembali dan mengalami kenaikan berat badan.

Apabila ingin mengonsumsi makanan yang elok ketika berbuka puasa, lebih baik makan buah-buahan, sebab dalam buah mengandung serat.

Makanan yang mengandung serat akan dicerna lebih lambat di tubuh, sehingga bisa menciptakan rasa kenyang lebih usang.

Boleh Baca: Recommended! Inilah Kandungan Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

7. Sahur dan Berbuka dengan Junk Food

Junk food ialah kuliner yang identik dengan tinggi kalori, lemak, dan gula. Karena argumentasi lebih simpel, banyak orang menyukai masakan cepat saji, mirip mie instan dan gorengan untuk dikonsumsi dikala sahur dan buka puasa. Padahal makanan ini tidak cukup menawarkan nutrisi dan energi untuk berpuasa.

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi junk food juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Melakukan kebiasan yang tidak sehat selama bulan berkat bisa menetralisir manfaat dari ibadah ini. Bukan badan sehat yang didapat, tetapi malah penyakit yang mau datang.

Demikianlah info perihal beberapa kebiasaan tidak sehat yang bisa dikerjakan sebagian banyak orang. Mari ubah kebiasaan ini dengan acara yang berguna.

Salam.
Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi:

  • Bahammam, et al. (2013) The Effects of Ramadan Fasting on Sleep Patterns and Daytime Sleepiness: An Objective Assessment. Journal Research in Medical Sciences: the Official Journal of Isfahan University Medical Sciences. 18(2), pp. 127-131.
  • Chumari A. HealthXchange Singapore. Healthy bulan pahala Fasting.
  • Link, R. Healthline (2018). 8 Health Benefits of Fasting, Backed bay Science.
  • Mayo Clinic (2018). Diseases & Conditions. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).
  • Mattson, M.P. (2014). Challenging Oneself Intermittently to Improve Health. Dose-response: a Publication of International Hormesis Society. 12(4), pp. 600–618.
  • National Institute of Health (2019). U.S. National Library of Medicine Medline Plus. Caffeine.
  • Nematy, et al. (2012) Effects of bulan rahmat Fasting on Cardiovascular Risk Factors: a Prospective Observational Study. Nutrition Journal. 11, pp. 69.
  • Van De Walle, G. Healthline (2019). Should You Completely Avoid Junk Food?
  • WebMD (2018). Physical Side Effects of Oversleeping.
  • West, H. Healthline (2019). How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.
  Faedah Daun Jambu Biji Untuk Rambut