6 Masakan Khas Masyarakat Papua yang Bikin Penasaran

Posted on

Papua itu populer karena keelokan panorama alamnya, tapi ternyata selain tempat wisatanya, pulau ini juga punya makanan khas masyarakat sana, diantaranya;

1. Papeda

Papeda merupakan makanan khas masyarakat Indonesia timur. Bahan utama santapan ini adalah sagu. Sagunya diolah berbentuk seperti bubur berwarrna putih dan teksturnya lengket seperti lem.
Papeda tak berasa alias hambar. Biasanya papeda disantap dengan sup kuah olahan ikan. Bisa ikan tongkol atau mubara, dimasak menjadi ikan kuah kuning

2. Udang Selingkuh

Penamaan udang selingkuh karena bentuknya khas, badannya udang tapi punya capit mirip kepiting. Udang ini terkenal karena dipopulerkan masyarakat Wamena, Papua Barat. Udang ini biasanya direbus, digoreng dan juga dibakar.

3. Martabak Sagu

Martabak ini bahan utamanya bukan terigu tapi sagu, sagu digoreng lalu ditambahi sirup yang terbuat dari gula merah, rasa santapan ini cukup enak. Masyarakat kabupaten Fakfak yang memperkenalkannya.

4. Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar merupakan makanan yang disukai masyarakat Manokwari, ikan yang biasanya dipakai adalah ikan tongkol. Selain rasa ikannya yang enak, sambal yang rasanya pedas manis bikin ketagihan, beda dengan aneka sambal lain yang pernak kita cicipi.

5. Ikan Bungkus

Makanan ini bentuknya pepes dan resepnya pun sama. Yang membedakannya yaitu bahan-bahan yang digunakan. Bahan yang dipakai adalah ikan laut, sementara bumbunya lebih beragam dan bungkusnya menggunakan daun salam.

6. Sate Ulat Sagu

Ulat sagu diolah untuk dijadikan sate, ulat ini berasal dari pohon sagu yang tua dan lapuk. masyarakat asli Papua sudah terbiasa mengolah dan menyantap makanan ini, cara membuatnya sangat sederhana, ulat ditusuk lalu dibakar.
Itulah 6 masakan khas masyarakat Papua. Apakah tertarik buat mencicipinya?

Baca Juga: Masyarakat Majemuk