close

6+ Ciri-Ciri Pasar Monopoli Beserta Acuan Dan Penjelasannya

Ciri-ciri pasar monopoli – Secara umum pasar dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yakni pasar persaingan tepat dan pasar persaingan tidak tepat. Untuk pasar persaingan tidak sempurna juga dibagi menjadi berbagai macam pula, salah satunya adalah jenis pasar monopoli, yang dikenal hanya memiliki 1 produsen saja selaku penentu harga.

Definisi dan pemahaman pasar monopoli diartikan sebagai salah satu bentuk pasar dimana cuma terdapat satu penjual yang menguasai pasar serta bertindak selaku penentu harga barang yang dijual dan dimonopoli. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang pedagang atau sering disebut selaku monopolis.

Umumnya aspek penyebab terciptanya pasar monopoli ialah dari aspek pemerintahan, misalnya mirip perusahaan PLN yang memonopoli layanan listrik di Indonesia. Selain itu juga mampu tercipta pasar monopoli sebab aspek alamiah, aspek hak atas kekayaan intelektual, aspek efisiensi kerja atau aspek ketersediaan bahan baku dan teknologi bikinan.

Kelebihan dari pasar monopoli adalah produsen dapat mempertahankan posisinya dengan inovasi yang dilaksanakan serta tidak terjadi kompetisi yang tidak sehat alasannya adalah cuma ada 1 penjual saja. Di segi lain, kelemahan pasar monopoli mampu mengakibatkan ketidakadilan bagi pelanggan alasannya adalah kekutan mutlak produsen serta peluangadanya pasar gelap dan transaksi ilegal.

(baca juga ciri-ciri pasar persaingan tepat)

ciri-ciri pasar monopoli

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Berikut ini akan dibahas perihal karakteristik dan ciri-ciri pasar monopoli beserta penjelasan lengkapnya.

Hanya Terdapat 1 Produsen Saja

Ciri utama dari pasar monopoli yaitu cuma terdapat 1 produsen saja. Artinya pihak produsen itulah yang menguasai pasar monopoli sehingga berhak menentukan harga barang yang dijual. Konsumen pun tidak memiliki opsi untuk membelinya, alasannya adalah memang hanya ada 1 produsen saja untuk barang tersebut.

  Pemahaman Dan Rancangan Petani Dan Pertanian

Produsen Baru Susah Masuk

Akan ada kendala dan tantangan kalau ada produsen baru yang mencoba untuk masuk dalam pasar monopoli. Dalam pasar monopoli, akan ada 1 produsen yang menguasai pasar, sehingga sukar bagi produsen gres yang ingin menjajal masuk dalam pasar karena beberapa aspek mirip teknologi, kebijakan, modal, materi baku, dan sebagainya.

Produsen Menentukan Harga

Dalam pasar monopoli, harga produk akan diputuskan oleh produsen yang menguasai pasar monopoli, atau disebut selaku price maker. Produsen pun mempunyai kebebasan untuk mengoptimalkan atau menurunkan harga sesukanya. Namun produsen tidak bisa menghipnotis harga dan output produk lain yang dijual dalam perekonomian.

Barang yang Dijual Tidak Bisa Disubstitusi

Ciri-ciri pasar monopoli berikutnya adalah barang yang dijual tidak mempunyai alternatif atau substitusinya. Dengan kata lain, produk yang dimonopoli merupakan keperluan untuk penduduk luas seperti materi bakar atau listrik, sehingga penduduk tidak mampu membeli barang lain sebagai pengganti atau substitusinya.

Produsen Tidak Melakukan Promosi

Pada pasar monopoli, produsen tidak perlu melaksanakan penawaran spesial untuk menjangkau pelanggan. Hal ini alasannya adalah produsen telah menjadi penguasa pasar sehingga pelanggan yang ingin membeli produk tersebut niscaya telah tahu dan niscaya akan membeli pada produsen tersebut, meski tidak ada iklan atau promosi yang dibuat.

Barang Tidak Dijual di Tempat Lain

Ciri pasar monopoli yang terakhir ialah barang yang dijual di pasar monopoli tidak akan dijual di kawasan lain. Artinya jikalau kita ingin berbelanja barang tersebut, maka cuma mampu dibeli di pasar monopoli itu. Kita tidak akan menemui barang sejenis yang dijual di kawasan lain karena produknya telah dimonopoli.

  25+ Contoh Keperluan Pokok, Sekunder & Tersier Dalam Kehidupan

Contoh Pasar Monopoli

Berikut merupakan beberapa acuan pasar monopoli yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

  • PLN (Perusahaan Listrik Negara), yang memonopoli seluruh layanan listrik di Indonesia.
  • Pertamina, yang memonopoli penjualan bahan bakar kendaraan mirip premium, pertalite, pertamax, dan sebagainya.
  • PT Kereta Api, yang memonopoli keseluruhan layanan transportasi kereta api.
  • PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), yang memonopoli layanan air minum.

Nah itulah acuan tentang ciri-ciri pasar monopoli beserta pengertian, pola, keunggulan dan kekurangan serta penjelasannya lengkap. Semoga bisa menjadi embel-embel referensi dan pengetahuan.