close

5 Mengambarkan Hadirnya Malam Lailatul Qadar

Lailatul qadar ialah malam yang paling dinanti oleh umat islam alasannya adalah pada malam tersebut banyak keutamaan, bahkan Al-quran menyebutkan bahwa malam lailatul qodar lebih baik dibandingkan dengan seribu bulan. Karena begitu istimewanya malam lailatul qodar maka tak aneh apabila seluruh umat muslim didunia berlomba-kontes untuk mengembangkan ibadah mereka biar mampu berjumpa dengan malam tersebut.

Malam lailatul qodar ini sendiri tidak diketahui kapan datangnya, namun walaupun demikian Anda tidak perlu khawatir karena berdasarkan beberapa pendapat mengatakan bahwa malam lailatul qodar terjadi pada 10 hari terakhir bulan puasa. Hal ini berdasarkan hadist dari Aisyah, ” Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan bulan mulia dan dia bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” ” (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169)

Walaupun tidak ada penjelasan kapan dan bagaimana hadirnya lailatul qodar secara pasti tetapi Rasulullah pernah menunjukan gejala hadirnya malam mulia ini. Penasaran apa saja tanda-tandanya ?

1. Udara dan Suasana Pagi yang Tenang
Tanda pertama datangnya malam lailatul qodar yakni udara dan suasana pada pagi hari terlihat tenag. Seperti dikisahkan oleh Ibnu Abbas radliyallahu’anhu. Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Lailatul qadar adalah malam tentram dan hening, tidak terlampau panas dan tidak pula terlalu acuh taacuh, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

2. Sinar matahari cerah namun tidak terasa panas
Setelah itu, tanda malam lailatul qodar berikutnya yakni sinar matahari yang bersinar cerah namun lemah sehingga tidak terasa begitu panas. Hal ini seperti yang Dikisahkan Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, sesungguhnya Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Keesokan hari malam lailatul qadar matahari terbit sampai tinggi tanpa sinar kolam nampan.”

  Bagaimana Kegiatan Seorang Muslimah Di Bulan Puasa??

3. Malam yang jelas, tidak cuek, tidak berawan, tidak hujan, tidak panas, tidak ada tornado
Rasulullah pernah bersabda sesungguhnya salah satu tanda malam lailatul qodar ialah pada malam tersebut sungguh terperinci.  “Lailatul qadar adalah malam yang terperinci, tidak panas, tidak acuh taacuh, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan), sebagaimana hadits dari Watsilah bin al-Asqo’.

4. Orang yang sedang melakukani ibadah dimalam tersebut akan mencicipi kelezatan beribadah
Saat malam lailatul qodar tiba maka orang yang sedang melakukan ibadah pada malam tersebut akan merasa kenikmatan beribadah yang tidak pernah Ia rasakan pada malam sebelumnya.

5. Bulan tampakseparuh bulatan
Abu Hurairoh ra pernah berkata bahwa mereka pernah berdiskusi ihwal lailatul qadar disamping Rasulullah SAW lalu dia bersabda; “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan timbul, yang berukuran separuh nampan.”

Nah itulah 5 menunjukan datangnya malam lailatul qadar yang sudah digambarkan oleh Rasulullah. Walaupun banyak pendapat yang bermacam-macam tetapi semuanya tetap kembali pada diri kita masing-masing. Semoga kita semua bisa berjumpa dengan malam mulia tersebut.

Sumber :