close

41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli – Pada kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan membicarakan wacana pemahaman sistem. Sistem yang ialah keseluruhan bagian yang bergabung menjadi satu kesatuan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Ada banyak pemahaman tata cara yang berlawanan tetapi pada intinya ialah sama.

41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Mari kita diskusikan lengkap pengertian tata cara dengan seksama.

  24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berikut akan dikemukakan usulan-usulan para mahir tentang pengertian sistem.

1. Salisbury

Sistem adalah sekelompok bagian maupun bagian yang melakukan pekerjaan sama sebagai satu kesatuan.

2. James Havery

Sistem ialah mekanisme rasional dan logis, yang memiliki kegunaan untuk merancang atau melakukan serangkaian bagian yang saling terkait.

3. John Mc. Manama

Sistem yakni sebuah struktur konseptual yang tersusun dari banyak sekali fungsi yang saling terkait dan bekerja selaku satu kesatuan dalam meraih hasil yang dibutuhkan secara efektif & efisien.

4. Henry Prat Fairchild & Eric Kohler

Mereka menyatakan pendapatnya bahwa metode selaku sebuah rangkaian yang saling berhubungan antara beberapa bab dari yang terkecil, jika sebuah bab/sub bab terganggu, maka bab lainnya juga akan mencicipi gangguan tersebut.

5. Indrajid

Sistem bermakna beberapa kumpulan dari banyak sekali komponen yang memiliki unsur keterkaitan atau keterikatan antara satu dengan yang lainnya.

6. Umar Fahmi Achmadi

Sistem adalah sebuah susunan yang menggambarkan adanya suatu rangkaian unsur yang saling berafiliasi dengan tujuan yang sama secara sepadan dan harmonis serta terkoordinasi dan terus berjalan dalam jangka waktu yang dijadwalkan.

7. Ackof

Sistem ialah suatu kesatuan konseptual/fisik yang terdiri dari beberapa bab dalam kondisi saling ketergantungan satu sama lain.

8. Musanef

Mengatakan sistem selaku alat pengontrol pekerjaan dan keadaan supaya mampu melaksanakan tugas dengan tertib.

9. Jogianto

Sistem menurutpendapat dari jogianto yakni kumpulan dari beberapa komponen yang berinteraksi untuk tercapainya suatu tujuan tertentu.

10. Poerwadarminta

Sistem yaitu kumpulan bagian-bab yang berbentukalat-alat dan lain sebagainya, yang melakukan pekerjaan sama untuk melakukan tujuan tertentu.

11. Zulkufli A.M.

Sistem ialah sekumpulan objek kasatmata dan absurd (set of things) yang terdiri dari banyak sekali unsur yang saling berhubungan, bergantung dan saling mendukung, selaku satu kesatuan yang utuh dalam satu kesatuan untuk meraih tujuan secara efektif.

  6 Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

12. Mulyadi

Sistem pada hakekatnya yakni sekelompok elemen yang saling berkaitan bersahabat satu sama lain, yang keduanya berfungsi dalam meraih tujuan.

13. Murdick, R. G

Sistem yaitu seperangkat elemen yang membentuk kumpulan berbagai prosedur atau berbagai sketsa pemrosesan untuk menemukan tujuan bareng dengan mengoperasikan data dan barang untuk menciptakan gosip, energi, atau barang.

14. Pamudji

Sistem adalah suatu keseluruhan yang kompleks dan terencana, di mana variasi dari bab-bab tersebut membentuk satu kesatuan yang utuh.

15. Bertalanffy

Sistem adalah kumpulan dari komponen-bagian yang saling berinteraksi dan melakukan pekerjaan sama untuk meraih tujuan yang sama.

16. J.C. Hinggins

Ia menerangkan bahwa Sistem ialah seperangkat bab yang saling berafiliasi.

17. Anatol Raporot

Sistem ialah sekumpulan kesatuan serta sebuah perangkat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain.

18. Koentjaraningrat

Sistem merupakan suatu susunan yang berfungsi & bergerak.

19. Robert Allen dan Mark Victor Hansen

Sistem berdasarkan usulan merka yakni sebuah prosedur yang terstruktur dan mapan yang mampu membuahkan hasil.

20. Webster’s Unabridged

Sistem berdasarkan pendapatnya beberapa unsur yang mana saling berkoneksi dan membentuk satu kesatuan atau suatu organisasi.

21. Andri Kristanto

Sistem yaitu sebuah jaringan dari mekanisme-mekanisme yang saling berhubungan, berkumpul bareng untuk melakukan acara atau menyelesaikan sebuah tujuan tertentu.

22. Pilecki

Sistem adalah kumpulan dari objek dan objek yang berhubungan dengan atributnya. Sistem juga mampu diartikan selaku suatu kesatuan yang berisikan sejumlah bagian, atribut-atribut dari bab-bab tersebut dan kekerabatan antara bagian-bab tersebut dengan atribut-atributnya.

23. C.W. Churchman

Sistem yaitu kumpulan dari banyak sekali bab yang dikoordinasikan secara sepadan dan serasi untuk melakukan pencapaian suatu tujuan.

24. Gordon B. Davis

Menurutnya, tata cara berisikan beberapa bab yang saling terkait yang beroperasi tolong-menolong dalam mencapai tujuan tertentu.

25. Edgar F. Huse & James L. Bowdict

Menurut usulan dari mereka, metode yaitu rangkaian atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sehingga saling berinteraksi dan menghipnotis.

26. Davis, G. B

Sistem yakni kumpulan dari bagian-elemen yang beroperasi bareng untuk menuntaskan dan meraih tujuan tertentu.

  18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

27. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

  • Himpunan bagian-bagian yang secara terencana saling berkaitan membentuk suatu totalitas pencernaan makanan, pernafasan, dan peredaran darah dalam badan.
  • Susunan persepsi, teori, prinsip, dll yang terorganisir. Contoh: pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dll);
  • Metode. Contoh: pendidikan (klasik, individual, dll)

28. A. Hall dan R. Fagen

Sistem ialah kumpulan dari objek-objek yang meliputi korelasi antara objek-objek tersebut dan hubungan antara properti-properti yang dimilikinya.

29. Ludwig Von Bartalanfy

Sistem merupakan satuan perangkat unsur yang mana hal ini saling terikat pada suatu antar korelasi yang diantaranya unsur-komponen ini dengan lingkungan.

30. Colin Cherry

Sistem ialah keseluruhan yang terdiri atas banyak bab dengan banyak sekali sifat.

31. Prajudi

Sistem yaitu jaringan prosedur-prosedur yang saling berafiliasi berdasarkan sketsa atau teladan yang bundar untuk menggerakkan suatu fungsi utama.

32. Sumantri

Sistem yakni sekelompok bagian-bab yang bekerja bahu-membahu untuk melaksanakan suatu maksud.

33. Inu Kencana Syafie

Sistem yaitu kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang terikat satu dengan yang yang lain.

34. Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan

Sistem ialah rangkaian unsur yang saling berinteraksi dan melakukan pekerjaan sama untuk mencapai tujuan tertentu.

35. O’brien

Sistem yakni sekelompok unsur yang mana saling terkait, bekerja sama agar mampu mencapai tujuan bareng dengan mendapatkan input dan menciptakan output dalam transformasi yang terencana.

26 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

36. Djekky R. Djoht

Sistem adalah agregasi atau pengelompokan objek yang disatukan oleh beberapa bentuk interaksi tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berlainan, yang digabungkan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.

37. Azhar Susanto

ia berpendapat bahwa Sistem ialah kumpulan dari sub metode/komponen apapun baik itu fisik maupun non fisik yang mana hal ini saling berafiliasi satu sama lain serta melakukan pekerjaan sama secara serasi semoga mampu meraih satu tujuan tertentu.

38. Arifin Rahman

Menurut pendapatnya yakni Sistem yaitu kumpulan pertimbangan (collection of opinion), asas (principles), dan lain sebagai nya yang mana membentuk satu kesatuan yang saling berafiliasi.

39. Sutarman

Sistem menurut pertimbangan beliau ialah kumpulan unsur yang saling berinteraksi dalam sebuah kesatuan guna melakukan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama.

40. Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Sistem berdasarkan pertimbangan mereka yaitu serangkaian komponen yang saling terkait antara beberapa bab dari yang terkecil, apabila suatu bab atau sub bagian ini terganggu, maka bagian lainnya akan ikut mencicipi ketergangguan tersebut.

41. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bahwa kata Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yang ialah suatu kesatuan yang terdiri atas bagian maupun komponen yang dihubungkan bersama guna membuat lebih mudah ajaran gosip, bahan maupun energi biar dapat mencapai sebuah tujuan.

Demikianlah klarifikasi kita kali ini mengenai 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli, semoga dapat memperlihatkan faedah bagi para pembaca seputarpengetahuan.com. Sekian terimakasih 🙂