close

4 Resiko Jika Gunakan Botol Minuman Dari Plastik

Dilansir dari Liputan6.comĀ  Minum air dari botol plastik sama saja dengan mengorbankan kesehatan kita. Syukur jika botol plastik yang digunakan berasal dari kualitas yang elok. Bagaimana kalau yang dipakai plastik dari mutu yang buruk?

Botol air dari wadah kaca dinilai lebih kondusif daripada wadah plastik. Namun, harga yang ditawarkan lebih mahal. Sedangkan kebiasaan penduduk kita yaitu lebih menentukan wadah dengan harga murah, sekali pun mengorbankan kesehatan diri sendiri.

Minum air putih dari botol plastik masih bisa dikatakan aman, kalau kondisinya mirip di bawah ini, dikutip dari situs Boldsky pada Selasa (16/6/2015).

1. Penggunaan hanya sekali

Jangan gunakan botol plastik lebih dari sekali. Sebagian besar botol plastik yang tersedia di pasar hanya untuk sekali pakai. Sebab, botol plastik itu yang dibuat dari polyethylene terephthalate (PET atau disingkat PETE). Sehingga harga lebih hemat biaya dan lebih ringan.

2. Kualitas plastik

Jika Anda bertanya-tanya apakah aman minum air putih dari botol plastik, jawabannya tergantung pada jenis plastik yang digunakan.

3. Paparan bahan kimia

Hati-hati, paparan materi kimia yang berasal dari plastik kualitas rendah meniru hormon estrogen yang menimbulkan pubertas dini. Bahan kimia itu juga mampu memajukan kemungkinan terjadinya kanker prostat dan payudara.

Ada banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa mutu botol plastik yang digunakan adalah rendah.

4. Bakteri

Jika air di dalam botol plastik tidak dimurnikan dengan benar sesuai prosedurnya, kemungkinan besar banyak bakteri penyebab penyakit hadir di dalamnya.

Sumber : http://health.liputan6.com/read/2252096/4-risiko-bila-gunakan-botol-minuman-dari-plastik

  Kosa Kata ( Vocabulary ) Tentang Hari Nasional