close

32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap)

32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Metode berasal dari kata methodos yang terdiri dari kata metha ialah melewati, menempuh atau melalui dan kata hodos yang memiliki arti cara atau jalan. Metode artinya cara atau jalan yang hendak dilalui atau ditempuh. Sedangkan menurut istilah metode ialah cara atau jalan yang mesti ditempuh untuk meraih suatu tujuan.

32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Metodologi secara bahasa diambil dari bahasa yunani yakni dari kata methodos dan logos. Kata logos artinya ilmu atau yang sifatnya ilmiah. Jadi pemahaman dari metodologi adalah ilmu atau cara yang dipaki guna mendapatkan sebuah kebenaran yang menggunakan pencarian dengan urutan maupun tatacara tertentu yang tepat dengan apa  yang hendak dikaji atau yang hendak diteliti secara ilmiah.

  Tahapan Penelitian dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap)

Terdapat dua hal penting dalam tata cara ialah cara untuk melaksanakan sesuatu serta rencana dalam pelaksanaannya. Yang berfungsi selaku alat untuk meraih tujuan. Kali ini kita akan fokuskan untuk pembahasan yang dikerjakan secara tuntas perihal pengertian dan definisi metode dan metodologi menurut para hebat. Adapun pengertiannya antara lain:

Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli

Berikut ini ialah definisi dari metode dan metodologi berdasarkan ahlinya.

1. KBBI

Dikutip dari KBBI, pengertian dari tata cara yaitu cara kerja yang memiliki sistem untuk mempermudah pelaksanaan dari sebuah kegiatan biar dapat meraih sebuah tujuan.

2. Drs.Agus M. Hardjana

Beliau menerangkan bahwa sistem merupakan suatu cara yang sebelumnya telah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu supaya mampu meraih tujuannya.

3. Titus

Disini Titu menerangkan bahwa metode adalah serangkaian cara serta tindakan yang tertib guna memastikan sebuah bidang keilmuan.

4. Almadk

Ia beropini bahwa pengertidan dari sistem yaitu salah satu cara yang menerapkan aneka macam prinsip yang logis dalam suatu penemuan serta penjelasan kebenaran.

5. Rothwell dan Kazanas

Mereka menjelaskan bahwa sistem yakni sudatu cara, proses atau pendekatan dalam menyampaikan sebuah isu.

6. Hebert Bisno

Disini Hebert Bisno menyatakan bahwa sistem ialah salah satu teknik yang digeneralisasikan dengan baik dan benar biar dapat diterima maupun dipakai pada disiplin ilmu ataupun pada bidang disiplin dan praktek.

7. Macquarie

Ia menjelaskan bahwa Metode yaitu cara untuk melakukan sesuatu terlebih lagi dalam sebuah hal yang ada kaitannya dengan planning tertentu.

8. Rosdy Ruslan

Baliau berpendapat bahwa tata cara ialah acara ilmiah yang ada hubungannya dengan cara kerja untuk  mengetahui sebuah subjek atau objek observasi dalam upaya memperoleh sebuah jawaban secara ilmiah serta keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

  7 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

9. Wiradi

Beliau menerangkan bahwa Metode yakni seperangkat langkah dari apa yang harus dilakukan yang tersusun secara sistematis.

10. Ostle

Ia menerangkan bahwa tata cara ialah suatu pengajaran untuk menerima sesuatu yang interelasi.

11. Departemen Sosial RI

Departemen Sosial RI beropini bahwa pengertian dari metode ialah suatu cara yang terstruktur dan dipakai dalam menjalankan suatu pekerjaan yang maksudnya untuk mencapai hasil yang diinginkan.

12. Max Siporin

Menurut pendapat Max Siporin yang menjelaskan bahwa tata cara yakni suatu orientasi aktivitas yang mengarah dalam persyaratan tujuan dan tugas yang positif.

13. Pasaribu Simanjuntak

Beliau menyatakan bahwa metode yairu salah satu cara yang sistematik  dan digunakan agar tercapainya suatu tujuan.

14. Hamid Darmadi

baliau mengungkapkan bahwa tata cara merupakan sebagai dari jalan atau cara yang mesti dilewati untuk mencapai suatu tujuan.

15. Heri Rahyubi

Menuryt pertimbangan dari Heri Rahyubi yang menerangkan bahwa metode yaitu sebuah model cara yang mampu dijalankan dalam acara mencar ilmu mengajar biar dapat sebuah proses pembelajaran yang bagus.

16. Nasir

Ia berpendapat bahwa Metode observasi ialah cara utama yang dipakau untuk peneliti biar dapay meraih tujuan dan dapat menentukan tanggapan atas problem yang diajukan.

17. Winarno

Ia juga berpandapat bahwa Metode observasi ialahs alah satu aktivitas ilmiah yang dilaksanakan dengan teknik yang teliti dan secara sistematik.

18. Muhiddin Sirat

Beliau mengemukakan bahwa definisi dari Metode penelitian ialah suatu cara dalam menentukan dilema serta penentuan judul observasi.

19. Sugiyono

Menurut pendapat dari Sugiyono yang menerangkan bahwa Metode penelitian yaitu cara ilmiah guna mendapatkan data dengan tujuan serta kegunaan tertentu.

20. Kerada Emzir

Disini Kerada Emzir beropini bahwa definisi dari sistem ialah suatu mekanisme atau cara yang ditempuh agar mampu mencapai sebuah tujuan tertentu, semoga dapat tercapainya tujuann berguru dan mengajar.

21. Surachmad (dalam Hamamik)

Ia mendefisinikan bahwa metode ialah suatu ilmun tentang jalan yang dilalui guna mengajarkan anak latih agar mampu tercapai tujuan mencar ilmu dan mengajar dengan cara yang sistematik.

  Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli dan Jenisnya

22. Sanjaya (2010:147)

Disini ia menjelaskan bahwa metode ialah salah satu cara yang dipakai guna mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata supaya tujuan yang sebelumnya suda disusun tercapai secara maksimal

23. Hasibuan dan Moedjiono (2013:3)

Mereka berpendapat bahwa pengertian dari sistem yaitu salah satu alat yang merupakan bab dari perangkat alat serta dalam pelaksanaan suatu seni manajemen berguru mengajar.

24. Warsita (2008:273)

Disini beliau berpendapay bahwa sistem pembelajaran merupakan cara yang diapaki oleh para guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran terhadap para peserta didiknya dalam meraih tujuan pembelajaran yanfg akan diajarkan.

25. Supriyono

Beliau berpendapat bahwa tata cara pembelajaran ialah contoh yang digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan pembelajaran di kelas.

26. Husnaeni (2009)

DIsini Husnaeni menjelaskan bahwa tata cara pembelajaran yakni sebuah model pembelajaran yang digambarkan dari awal hingga  selesai dan dihidangkan secara khas oleh guru di kelas.

27. Prawiradilaga (2007)

Beliau berpendapat bahwa tata cara pembelajaran adalah sebuah mekanisme, urutan, serta tindakan dan cara yang digunakan oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

28. Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno

Disini Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno menyatakan bahwa pemahaman dari metode yakni cara yang dipahai guna meraih suatu tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan.

29. Rosdy Ruslan

Ia menjelaskan bahwa Metode yaitu salah satu aktivitas ilmiah yang ada kaitanyya dengan cara kerja yang sistematis guna mengerti suatu subjek maupuan sebuah objek observasi, sebagai upaya guna memperoleh tanggapan yang bisa untuk dipertanggung jawabkan secara ilmiah serta keabsahannya.

15 Pengertian Metode Dan Metodologi Menurut Para Ahli

30. Gie

Disini Gie berpendapat bahwa Metodologi sendiri intinya merujuk pada tiga ciri utama, baik itu dalam kerangka konseptual atau operasional, ialah: a) metodologi yang semata-mata ilmu tentang tata cara, b) metodologi ada kaitannya dengan ilmu khusus, dan 3) metodologi yang ialah sebagai cara untuk mengunpukan data ilmu khusus tersebut.

31. Mouton (1996)

Ia berpendapay bahwa metodologi yaitu sebuah tata cara atau tata cara dalam melaksanakan sesuatu

32. Burns & Grove (2003)

Mereka berpendapat bahwa Metodologi yakni salah satu rancangan observasi yang terdiri atas: setting, sampel, sistem, pembatasan, serta kumpulan data yang akan di analisis dalam suatu kajian.

Demikian ulasan mengenai 32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap) yang diterangkan secara ringkas, semoga mampu berguna dan menolong dalam mencari suatu tumpuan. Sekian terimakasih 🙂