close

18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Jika anda telah lulus dari dingklik Sekolah Menengan Atas (Sekolah Menengah Atas) tentu kalian akan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi adalah Perguruan Tinggi. Di Perguruan Tinggi berlainan dengan pada saat di dingklik sekolah, di Perguruan Tinggi kita dituntut untuk memilih jurusan studi yang lebih spesifik.

Beberapa jurusan yang biasanya ada di Perguruan Tinggi adalah Manajemen, Akuntansi, Hukum, Sistem Komputer dan Sistem Informasi. Nah jika kalian berada di jurusan Sistem Informasi, maka kalian akan menemui salah satu mata kuliah yakni Konsep Sistem Informasi. Apa itu Sistem Informasi? Disini kita akan membicarakan perihal pengertian Sistem Informasi.

18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Secara universal Sistem Informasi dapat diartikan selaku suatu tata cara dalam sebuah organisasi yang merupakan campuran dari beberapa orang, teknologi, fasilitas, media prosedur & kendali yang diarahkan untuk memperoleh jalur komunikasi penting, memproses jenis transaksi rutin, menunjukkan sinyal kepada manajemen untuk semua kejadian itu terjadi. bersifat eksternal dan internal serta menunjukkan informasi yang hendak dipakai selaku pengambilan keputusan. Ada beberapa mahir yang mendefinisikan Sistem Informasi.

  Pengertian Audit dan Jenis Audit (Bahas Lengkap)

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa jago yang telah mendefinisikan sistem berita dengan hasil risetnya, berikut ulasannya:

1. Erwan Arbie

Sistem informasi yaitu sebuah metode dalam suatu organisasi yang menyatukan berbagai keperluan pemrosesan transaksi harian, menolong & mendukung semua aktivitas operasional, bersifat manajerial sebuah organisasi & menolong memfasilitasi penyediaan laporan-laporan yang diperlukan.

2. Tafri D. Muhyuzir

Sistem isu ialah kumpulan data yang dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan informasi yang saling terkait dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi gosip yang berguna bagi yang mendapatkannya.

3. O’Brien

Sistem berita merupakan variasi teratur dari orang (people), perangkat keras (hardware). perangkat lunak, jaringan komputer dan komunikasi serta basis data (database) yang mengumpulkan, mengganti & berbagi isu dalam bentuk organisasi.

4. Menurut Mc leod

Sistem info yaitu sebuah sistem yang mempunyai kesanggupan untuk mengumpulkan dan mengklasifikasikan berbagai gosip dari semua sumber dan memakai banyak sekali media untuk memperlihatkan gosip.

5. Tata Sutabri, S.Kom. MM.

Sistem gosip yakni sebuah sistem dalam sebuah organisasi yang mempertemukan banyak sekali kebutuhan pemrosesan transaksi sehari-hari yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan strategis sebuah organisasi dalam rangka menawarkan pihak luar tertentu dengan banyak sekali laporan yang diperlukan.

6. Leitch Rosses

Sistem Informasi ialah sebuah sistem dalam suatu organisasi yang menyatukan semua keperluan manajer transaksi sehari-hari, mendukung proses operasional, memiliki karakteristik manajerial dan kegiatan strategis suatu organisasi & menyediakan aneka macam laporan yang diperlukan oleh pihak luar tertentu.

7. Lani Sidharta

Sistem info ialah sebuah metode produksi manusia yang isinya merupakan kumpulan terpadu dari banyak sekali bagian komputerisasi yang bermaksud untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menciptakan berita bagi pengguna.

  41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

8. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Dalam buku Jogiyanto, HM. Sistem Informasi adalah suatu sistem dalam sebuah organisasi yang menyatukan aneka macam keperluan pemrosesan transaksi sehari-hari, mendukung proses operasi manajerial dan kegiatan strategis sebuah organisasi & menyediakan pihak luar tertentu dengan berbagai laporan yang diperlukan.

9. Gordon B. Davis

Sistem isu adalah suatu metode yang mendapatkan input data dan instruksi, lalu mengolah data tersebut sesuai dengan isyarat yang diberikan dan menciptakan hasil selesai.

10. Hanif Al-Fatta (2009:9)

Sistem berita yakni kumpulan data dan prosedur yang teratur untuk penggunaannya yang lebih dari sekadar presentasi. Istilah tersebut mengandung arti suatu tujuan yang ingin dicapai dengan menentukan dan mengorganisasikan data serta menyusun prosedur-prosedur penggunaannya.

11. John F. Nash (1995:8)

Sistem info yaitu suatu metode isu yang ialah kombinasi antara insan, akomodasi atau alat teknologi, media, mekanisme, dan pengendalian yang ditujukan untuk mengorganisir jaringan komunikasi penting, memproses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pengguna internal dan eksternal, serta menawarkan dasar untuk menciptakan keputusan yang tepat.

12. Kertahadi (2007)

Beliau berpendapat bahwa Sistem informasi yaitu sebuah alat yang menghidangkan berita sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Sistem berita mempunyai tujuan yakni guna menunjukkan informasi dalam penyusunan rencana, memulai, pengorganisasian, operasional suatu perusahaan yang melayani sinergi organisasi pada proses mengendalikan pengambilan keputusan.

13. Rommey (1997:16)

Disini rommey menerangkan bahwa Sistem isu yang diselenggarakan guna menghimpun, memasukkan, mengolah, serta  menyimpan data yang terstruktur untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan serta melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi bisa mencapai tujuan yang seblumnya sudah ditetapkan.

14. Alter

Sistem berita yakni suatu sistem yang kegiatannya ditujukan untuk pemrosesan data (mentransmisikan, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil, dan menampilkan berita)

  Jenis-jenis Informasi, Ciri Dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

15. Sutabri

Ia berpendapat bahwa Sistem info adalah tata cara yang terdapat pada sebuah organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang didikung dengan fungsi operasi organisasi yang emiliki sifat manajerial dengan kegiatan taktik oleh sebuah organisasi biar mampu menawarkan terhdap pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diharapkan.

16. Wikipedia

Dikutup dari wiki pedia yang menjelaskan bahwa Sistem Informasi (SI) adalah suatau kombinasi oleh teknologi informasi serta acara orang yang menggunakan teknologi itu guna mendukung operasi serta administrasi.

17. Laudon (2012:16)

Ia menjelaskan bahwa Sistem Informasi yakni yakni suatu unsur yang saling berkaitan yang bekerja bahu-membahu guna mengumpulkan, menyimpan, mengolah, serta menampilkan informasi guna mendukung pengambilan keputusan,  pengaturan, koordinasi, analisa, serta visualisasi terhadap suatu organisasi.

18. Whitten, Bentley, dan Ditman (2009:10)

Sistem Informasi ialah pengaturan orang, proses, data, serta informasi (TI) maupun teknologi gosip yang berinteraksi guna mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menawarkan sebagai output informasi yang dibutuhkan dalam mendukung sebuah intansi maupun organisasi.

Fungsi Sistem Informasi

Terdapat pula beberapa fungsi yang ada pada tata cara gosip diantaranya yakni.

  • Berfungsi guna mengembangkan terusan data secara efisien serta efektif tanpa adanya mediator.
  • Adanya jaminan mutu tata cara informasi yang kritis.
  • Produtivitas yang membantu dalam membuatkan serta membangun sistem berita
  • Investasi yang mengarah terhdap sebuah sistem info
  • Konsekuensi ekonomi yang mampu dicegah.
  • Sistem gosip mampu mengidentifikasi untuk kebutuhan pengguna
  • Terbentuknya suatu sistem pengembangan dalam perencanaan yang efektif.

9 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Tujuan Sistem Informasi

Dalam metode gosip sendiri mempunyai 3 fungsi adalah relevance, timeline dan accurate, berikut adalah penjelasannya dari ketia fungsi tersebut

  • Relevance, ialah suatu informasi yang tetap sasaran sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Timeliness, yaitu suatu gosip yang tepat waktu ini artinya info yang masih hangat yang bukan ialah info yang telah lama berlalu.
  • Accurate, ialah suatu isu yang akurat artinya yaitu isu yang telah dibenaarkan sebagai fakta serta mampu diterima akal sehat.

Manfaat Sistem Informasi

  • Untuk membuat lebih mudah dalam menerima gosip terbaru
  • Untuk memudahkan dalam melakukan komunikasi
  • Untuk memudahkan dalam memperoleh ilmu wawasan modern
  • Untuk memperudah dalam membangun kekerabatan.
  • Untuk memudahkan dalam aktivitas sehari-hari
  • Untuk memudahkan dalam kegiatan kerja
  • Berpeluang untuk menjadi lapangan kerja

Itulah ulasan singkat mengenai Pengertian Sistem Informasi dalam postingan 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) yang mampu kita simak bareng . Semoga bermanfaat dan terimakasih.