close

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli – Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bidang pendidikan, utamanya dalam kegiatan pembelajaran, meningkat sebagai suatu penelitian terapan. PTK ini sungguh berfaedah bagi tenaga pendidik untuk memperbaiki dan mengembangkan kualitas pembelajaran didalam suatu proses pembelajaran.

PTK ialah sebuah observasi yang mengangkat problem-persoalan kasatmata yang dihadapi oleh guru atau dosen di lapangan. Masalah di dalam kelas atau ruang kuliah itu mampu dituntaskan atau dicari solusinya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Berikut ini akan diterangkan tentang pengertian Penelitian Tindakan Kelas secara lebih luas oleh beberapa mahir dibidangnya.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Istilah PTK dikenal juga dengan Classroom Action Research. PTK merupakan bab dari observasi tindakan (Action Research).

1. Suharsimi Arikunto (2006)

Menjelaskan Penelitian Tindakan Kelas selaku sebuah pencermatan kepada aktivitas pembelajaran berupa suatu tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara serentak. PTK yang merupakan suatu acara ilmiah berisikan Penelitian-Tindakan-Kelas.

  23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

  • Penelitian ialah acara mencermati sebuah obyek dengan menggunakan hukum metodologi untuk mendapatkan data atau gosip yang berguna dalam meningkatkan kualitas suatu hal yang menarik perhatian dan penting bagi si peneliti.
  • Tindakan merupakan sebuah gerak acara yang sengaja dikerjakan dengan tujuan tertentu yang dalam observasi berbentuk rangkaian siklus aktivitas.
  • Kelas merupakan sekelompok penerima latih yang serupa dan mendapatkan pelajaran yang serupa dari seorang pendidik.

2. DR. Sulipan, M.Pd

Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research adalah observasi yang dilaksanakan pada suatu kelas untuk mengetahui balasan dari tindakan yang dipraktekkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut.

3. Kunandar (2008)

Penelitian Tindakan merupakan suatu aktivitas yang dijalankan oleh pendidik atau bantu-membantu dengan orang lain (kerja sama) yang bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki mutu proses pembelajaran didalam kelas.

4. Suhardjono (2007)

Menjelaskan Penelitian Tindakan Kelas selaku  penelitian tindakan yang dilakukan di ruang kelas dengan tujuan memperbaiki atau memajukan mutu prose atau praktik pembelajaran.

5. Suyanto (1997)

Menjelaskan PTK sebagai sebuah bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melaksanakan langkah-langkah-langkah-langkah tertentu, untuk memperbaiki atau mengembangkan praktek-praktek pembelajaran didalam kelas secara lebih profesional. Oleh alhasil PTK sungguh berkaitan erat dengan problem praktek pembelajaran sehari-hari yang dialami oleh pendidik.

6. Wina (2009)

Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu upaya yang mampu dilakukan pendidik untuk meningkatkan mutu tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik khususnya dalam pengelolaan pembelajaran.

7. Rustam & Mundilarto (2004)

Mereka beropini bahwa observasi tindakan kelas ialah sebuah penelitian yang dikerjakan oleh pendidik di kelasnya sendiri dengan jalan mendesain, melakukan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai tenaga pendidik sehingga hasil berguru peserta didiknya mampu meningkat.

8. Rochman Nata Wijaya (1977)

PTK yaitu pengkajian kepada problem mudah yang bersifat situasional dan kontekstual yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang sempurna dalam rangka pemecahan persoalan yanh dihadapi atau memperbaiki sesuatu.

9. Hopkins (1993)

Mengartikan Penelitian Tindakan Kelas untuk membantu seseorang dalam mengatasi persoalan secara prakstis yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dan ilmu pendidikan dengan koordinasi dalam kerangka etika yang disepakati bareng . Menurutnya, PTK ialah kajian yang sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok pendidik dalam melakukan langkah-langkah-langkah-langkah dalam proses pembelajaran. Berdasarkan refleksi mereka perihal hasil dari tindakan-langkah-langkah tersebut.

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

10. Kemmis dan Mc. Taggart (1988)

Penelitian Tindakan Kelas ialah suatu bentuk refleksi diri kolektif yang dilakukan oleh penerima-pesertanya dalam situasi sosial untuk memajukan penalaran dan keadilan praktik-praktik  itu dan terhadap situasi kawasan dikerjakan praktik-praktik tersebut.

11. John Elliot

Penelitian Tindakan Kelas merupakan kajian perihal suasana sosial dengan maksud untuk mengembangkan kualitas tindakan didalamnya.

12. Harjodipuro

Yang dimaksud Penelitian Tindakan Kelas ialah suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui pergeseran. Dengan mendorong para guru untuk mempertimbangkan praktik mengajarnya sendiri, agar kritis terhadap praktik tersebut dan supaya mau untuk menggantinya.

Berdasarkan pertimbangan -pendapat diatas, jelaslah bahwa hakikat dilakukannya PTK yaitu dalam rangka pendidik bersedia untuk menginstropeksi diri, bercermin, merefleksi atau memeriksa dirinya sendiri sehingga kemampuannya selaku seorang pendidik diperlukan cukup profesional dan kuat kepada kualitas dan mutu pendidikan.

Demikianlah pembahasan perihal 12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Baca juga: